Tampilkan di aplikasi

Buku Unisri Press hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Teori Organisasi Publik

1 Pembaca
Rp 30.000 32%
Rp 20.500

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 61.500 13%
Rp 17.767 /orang
Rp 53.300

5 Pembaca
Rp 102.500 20%
Rp 16.400 /orang
Rp 82.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Teori organisasi publik adalah seperangkat kerangka kerja yang digunakan untuk memahami dan menjelaskan struktur, fungsi, dan perilaku organisasi publik. Teori-teori ini dapat digunakan untuk menganalisis berbagai aspek organisasi publik, seperti pengambilan keputusan, kebijakan publik, manajemen sumber daya manusia.

"Teori Organisasi Publik" adalah panduan yang sangat berguna bagi mahasiswa, praktisi, dan peneliti yang tertarik untuk memahami kompleksitas dan evolusi organisasi publik serta bagaimana teori-teori ini dapat membantu meningkatkan efektivitas dan kinerja sektor publik.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Aris Tri Haryanto
Editor: Yudhistiro Pandu Widhoyoko

Penerbit: Unisri Press
ISBN: 9786235859934
Terbit: Mei 2024 , 71 Halaman

BUKU SERUPA













Ikhtisar

Teori organisasi publik adalah seperangkat kerangka kerja yang digunakan untuk memahami dan menjelaskan struktur, fungsi, dan perilaku organisasi publik. Teori-teori ini dapat digunakan untuk menganalisis berbagai aspek organisasi publik, seperti pengambilan keputusan, kebijakan publik, manajemen sumber daya manusia.

"Teori Organisasi Publik" adalah panduan yang sangat berguna bagi mahasiswa, praktisi, dan peneliti yang tertarik untuk memahami kompleksitas dan evolusi organisasi publik serta bagaimana teori-teori ini dapat membantu meningkatkan efektivitas dan kinerja sektor publik.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah Tuhan Yang Maha Agung, dengan rahmat hidayah-Nya buku ajar digital Teori Organisasi Publik yang kami susun bisa diterbitkan sesuai rencana yang kami susun. Keinginan untuk menyusun buku ajar digital ini bukan semata mata untuk menjalankan tugas dan kewajiban akademik, melainkan sebagai salah satu upaya membuka wacana diskusi tentang konsep dan teori organisasi publik.

Keberanian penulis menerbitkan buku ajar digital dengan fokus teori organisasi publik tidak berarti merefleksikan kompetensi penulis di bidang kajian tersebut, namun dengan terbitnya buku ajar digital ini yang ditujukan bagi pembaca secara luas diharapkan agar pembaca bisa memberikan umpan balik positip atas dasar acuan referensi dari sumber lain maupun referensi dari pada buku ini.

Teori pada dasarnya merupakan kesatuan rangkaian proposisi yang mampu memberikan keterangan atas suatu fenomena tertentu. Sebagai suatu kesatuan rangkaian yang membentuk sebuah teori, proposisi satu dengan proposisi lainnya otomatis tidak mungkin berdiri sendiri tanpa berkaitan satu dengan lainnya. Proposisi bisa diartikan sebagai pernyataan tentang kaitan suatu konsep dengan konsep lain dari sebuah fenomena yang telah dipelajari atau telah diobservasi sebelumnya. Teori tidak bisa dipisahkan dari dari pembicaraan mengenai konsep, dalil dan model serta perspektif yang digunakan guna membahas teori tersebut.

Kajian teori organisasi public seperti halnya pembahasan teori-teori di berbagai teori di bidang administrasi public pada umumnya tidak lepas dari pembahasan beberapa konsep organisasi privat yang diaplikasikan ke dalam organisasi public dalam berbagai perspektif. Buku digital ini menyajikan pembahasan beberapa teori organisasi dari beberapa perpektif organisasi dan manajemen privat yang diaplikasikan ke dalam perspektif organisasi dan manajemen public yang tentunya tidak mengesampingkan beberapa titik kelemahan dari masing-masing perspektif.

Dimulai dari perspektif organisasi secara umum yang menjelaskan tentang makna organisasi yang diterapkan di organisasi public akan dibahas di bab 1. Prinsip-prinsip organisasi akan dijelaskan di bab 2, selanjutnya pembahasan mengenai desain organisasi akan dielaborasi di bab 3 serta blue print organisasi serta penerapannya di organisasi public akan dibahas di bab 4. Menutup materi buku digital ini akan dibahas perpektif historis aliran organisasi. Dengan cara seperti ini diharapkan buku ajar digital ini bisa menjadikan pijakan bagi mahasiswa khususnya disiplin ilmu administrasi public, untuk lebih mencermati dan berfikir kritis terhadap substansi materi teori organisasi public yang disajikan. Kritik dan saran pembaca sangat diperlukan guna menjadi masukan yang berharga dan penting untuk perbaikan dan penyempurnaan buku ajar digital ini pada edisi berikutnya.

Dengan segala kekurangan dan keterbatasan yang ada dalam buku digital ini diharapkan dapat menjadi salah satu rujukan bagi mahasiswa dan pembaca secara umum. Proses panjang penerbitan buku ajar digital ini tidak terlepas dari kerja sama dan bantuan dari pimpinan universitas dan fakultas, rekan-rekan dosen dan mahasiswa. Untuk itu pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak atas segala bantuan moril dan materiil Kami yakin kontribusi sekecil apapun yang telah diberikan mampu menginspirasi dan memotivasi kami dan rekanrekan untuk terus berkarya dan mengabdi dengan semangat Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pada akhirnya kepada semua pembaca buku ajar digital ini penulis senantiasa menunggu segala bentuk kritik saran dan masukan lain demi perbaikan ke depan

Penulis

Aris Tri Haryanto - Dr. Aris Tri Haryanto, M.Si merupakan dosen tetap Program studi Ilmu Administrasi Negara FISIP Unisri Surakarta. Gelar doctor diperoleh pada tahun 2019 di Universitas Diponegoro Semarang. Sedangkan Pendidikan S2 ditempuh di UGM lulus tahun 2005. Gelar sarjana S1 diperoleh dari Universitas Sebelas Maret Surakarta pada tahun 1993. Sampai sekarang masih tercatat sebagai dosen tetap FISIP Unisri Surakarta.

Editor

Yudhistiro Pandu Widhoyoko - Yudhistiro Pandu Widhoyoko, S.S., M.Pd. Pria menyenangkan ini suka dengan dunia mengajar. Sekarang Ia bergabung dengan salah satu perguruan tinggi di Kota Surakarta, pada Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Slamet Riyadi. Pria asal Solo, Jawa Tengah ini ditugaskan mengajar materi-materi yang disukainya, seperti Pendidikan, Bahasa, dan Copywriting. Hal ini sesuai dengan kajian ilmu yang digelutinya sejak kuliah, Bahasa dan Pendidikan.

Daftar Isi

Cover
Kata  Pengantar
Daftar Isi
Bab I:  Makna dan Prinsip-prinsip Organisasi
     A. Pengertian Organisasi
Bab II:  Prinsip-Prinsip Organisasi
Bab III:  Desain Organisasi
Bab IV:  Blueprint Atau Paradigma Organisasi
Daftar Pustaka
Cover Belakang