Sedekah membuka pintu surga

Majalah Wakaf Daarut Tauhid - Edisi 29
8 Juli 2019

Majalah Wakaf Daarut Tauhid - Edisi 29

KH. Abdullah Gymnastiar

Wakaf Daarut Tauhid
Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa membelanjakan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: ‘Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan.’ Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan salat, ia akan dipanggil dari pintu salat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Saudaraku, setiap perintah Allah pastilah untuk kebaikan dunia dan akhirat kita. Tidak ada satu pun perintah Allah kecuali pasti ada hikmah di dalamnya. Allah Maha Sempurna dalam segala sesuatu, termasuk dalam setiap rencana-Nya. Sehingga jika kita melihat dari berbagai sudut, yang akan kita temukan pastilah hanya kebaikan dan kebaikan. Termasuk dalam perintah-Nya kepada kita untuk bersedekah.

Orang yang bersedekah dijanjikan pintu yang spesial baginya untuk masuk ke dalam surga. Sesungguhnya surga adalah rumah pertama kita, kita adalah keturunan penghuni surga dan rumah kembali adalah surga. Di dunia ini kita hanya mampir sementara. Dan, setiap kewajiban yang Allah perintahkan kepada kita itu sebenarnya mewajibkan kita untuk kembali ke tempat asal muasal kita yaitu surga.

Allah SWT berfirman, “Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain, (yaitu) di Sidratil Muntaha. di dekatnya ada surga tempat tinggal.” (QS. an-Najm [53]: 13-15) Oleh karena itu, perjalanan kita adalah perjalanan menuju surga. Maka, amal-amal kita pun adalah amal-amal yang mengantarkan kepada surga. Allah SWT menginginkan kita untuk selamat dalam perjalanan kita di dunia. Sehingga Allah berikan limpahan petunjuk yang sangat jelas mengenai bagaimana tata cara menempuh jalan keselamatan.

Majalah Wakaf Daarut Tauhid dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI