Tampilkan di aplikasi

Sambut EV, pertamina bangun pom listrik

Majalah Warta Ekonomi - Edisi 02/XXIX/2019
12 Februari 2019

Majalah Warta Ekonomi - Edisi 02/XXIX/2019

Proses pengisian data mobil listrik. / Foto : postimg.cc

Warta Ekonomi
PT Pertamina (Persero) membangun Green Energy Station (GES) atau dikenal sebagai Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) pertama di SPBU COCO Pertamina 31.12.902 yang terletak di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta. Lantaran masih berupa pilot project dan berada dalam tahap studi, tarif pengisian masih digratiskan. Nantinya, akan dibangun SPLU komersil khusus yang tidak tergabung dengan SPBU di area Pakubowono Jakarta akan ditender dalam waktu dekat—dan disusul dengan wilayah lainnya.

Nicke Widyawati, Direktur Utama Pertamina, menjelaskan GES di SPBU tersebut dilengkapi 4 unit charging station. Dua unit di antaranya merupakan tipe fast charging milik Mitsubishi Motor yang mampu mengisi penuh baterai dalam waktu kurang dari 15 menit dan lainnya tipe normal charging. Pertamina melakukan sinergi dengan BUMN lain, seperti Telkom dan PLN kemudian didukung pelaku bisnis sekelas BMW, Toyota, Mitsubishi, Gesits, Bosch.

PLN sendiri saat ini sudah membangun lebih dari 1.797 SPLU di wilayah Jakarta yang sudah terintegrasi dengan Google Map. Rencananya akan dibangun SPLU di daerah yang sulit terjangkau minyak tetapi sudah masuk listrik, seperti Asmat dan Papua. Untuk membedakan dengan SPLU PLN, SPLU Pertamina menggunakan 3 konsep.
Majalah Warta Ekonomi di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI