Bahasa foto kemaritiman Indonesia

Majalah Womens Obsession - Edisi 03/2018
26 Maret 2018

Majalah Womens Obsession - Edisi 03/2018

Perahu papua / Foto : istimewa

Womens Obsession
Indonesia tidak hanya kaya dari segi hutan dan keindahan dataran tinggi, tengoklah betapa menakjubkannya pemandangan maritim Nusantara. Tidak main-main, ragam warna terumbu karang dan liuk ikan-ikan menjadi salah satu pesona alam yang tak terbantahkan. Pameran Foto Jelajah Terumbu Karang yang dipersembahkan oleh Bentara Budaya Jakarta menjadi salah satu bukti nyata Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Mengangkat tema ‘Laut Kita Ibu Kita’, pameran yang berlangsung beberapa waktu silam turut dihadiri oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar dan Menteri BUMN Rini Soemarno di acara pembukaan. Prosesi tersebut dimeriahkan pula dengan pertunjukan tarian Bala-Bala persembahan lima gadis asal Halmahera.

Menampilkan berbagai sisi keindahan laut Ibu Pertiwi, eksibisi ini mengumpulkan hasil jepretan beberapa fotografer seperti Ferganata Indra Riatmoko dan Heru Sri Kumoro. Gugusan pulau di Raja Ampat menjadi salah satu objek foto pameran kali ini. Ada pula foto clownfish atau akrab dikenal sebagai kawanan ikan badut yang tampak sedang berenang di sekitar terumbu karang.

Warna-warni terumbu karang juga muncul dalam berbagai bentuk menghiasi dinding ruang pameran. Ini menjadi bukti kekayaan hayati laut Indonesia. Selain keindahan bawah laut, ditampilkan juga kehidupan masyarakat di wilayah Timur Indonesia, seperti Papua Barat dan Raja Ampat.

Potret dua nelayan di tengah hamparan laut menjadi salah satu ekspresi humanis dalam bahasa foto. Di sisi lain ruang pameran, terpampang potret lugu anak-anak di perkampungan nelayan. Mereka tengah menonton film kartun yang diputar oleh awak kapal Gurano Bintang di dermaga Kampung Aisdami, Papua Barat.

Majalah Womens Obsession dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI