Menabung saham = Gaya hidup

Majalah Womens Obsession - Edisi Januari 2016
11 April 2018

Majalah Womens Obsession - Edisi Januari 2016

Saham. / Foto : istimewa

Womens Obsession
Menabung selalu identik dengan produk perbankan, sehingga ketika Bursa Efek Indonesia mengeluarkan program YUK NABUNG SAHAM pada tanggal 12 November 2015, banyak pertanyaan muncul dari masyarakat.

Apakah yang dimaksud dengan menabung saham dan kenapa kita harus melakukannya? Lalu, apa bedanya dengan menabung di bank? Belum seperti masyarakat di negara lain yang sudah menjadikan saham sebagai salah satu aset wajib pada portofolio keuangan mereka, menabung saham masih terasa asing bagi masyarakat Indonesia.

Penetrasi pasar modal di Indonesia terbilang relatif sangat rendah pula, dibandingkan negara lain di Asia. Ini dapat terlihat dari jumlah investor lokal yang jauh di bawah investor asing. Dari hasil data terakhir 2015, menunjukan bahwa investor lokal di pasar modal Indonesia hanya sebesar 36.34%, sisanya lebih didominasi oleh asing.

Tujuan dari program YUK NABUNG SAHAM ini diharapkan dapat mengubah contoh persepsi-persepsi masyarakat yang keliru mengenai saham di bawah ini.

1. Hanya untuk orang yang pintar keuangan Berinvestasi saham sama dengan tawaran untuk menanamkan modal di bisnis teman atau kerabat.

2. Hanya untuk orang berduit Menabung saham dapat berupa langsung membeli saham perusahaan terbuka melalui sekuritas atau secara tidak langsung berupa reksadana di perusahaan aset manajemen/Manager Investasi (MI).

3. Main Saham bisa rugi besar Banyak orang mengatakan “Main Saham” seperti permainan ada yang kalah dan menang. Ditambah lagi dengan pertanyaan penuh kekhawatiran seperti, bukankah harga saham bisa turun? Bagaimana jika uang saya hilang? Tidak ada instrumen investasi yang tidak berisiko.

Untuk memulai menabung saham, hubungi perusahaan sekuritas, buka rekening di bursa efek, kemudian tentukan nominal dana yang ingin disisihkan secara bulanan, terakhir pilihlah saham yang ingin dibeli. Lakukanlah secara rutin setiap bulan.

Selamat Menabung Saham!

Majalah Womens Obsession dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI