Majalah Womens Obsession - Edisi 02/2017

Warna-warni lampion menyemarakkan suasana. Saat lampion diterbangkan, untaian doa pun dipanjatkan. / Foto : Istimewa

Womens Obsession
Kota-kota di sejumlah negara tampak ramai saat perayaan pergantian tahun baru Cina atau Imlek. Tiap sudut jalan berhias, nuansa budaya pun kental terasa. Sejumlah perayaan digelar, termasuk beragam festival.

Ada banyak festival lampion yang berbeda digelar di Asia, tapi mungkin yang paling terkenal dan menakjubkan adalah Lantern Festival Taiwan yang diadakan di Kabupaten Pingxi. Gelaran tahunan yang terkenal di seluruh dunia ini selalu dinanti-nanti. Dua minggu setelah perayaan Imlek, kota Taipei di Taiwan biasanya tampak semarak karena dipenuhi ribuan lentera penuh warna diiringi berbagai acara-acara meriah.

Pingxi Sky Lantern Festival diadakan setiap tahun selama Festival Lentera di Pingxi dari New Taipei City. Festival ini digelar untuk menandai hari kelima belas tahun baru Imlek, tepat pada bulan purnama pertama tahun baru yang melambangkan datangnya musim semi.

Orang biasanya merayakan festival ini dengan menikmati makan malam bersama keluarga, menyantap Yuanxiao (pangsit beras ketan), membawa lentera kertas, dan memecahkan teka-teki pada lentera. Festival ini dirayakan dengan acara meriah di Taiwan.

Termasuk Pingxi Sky Lantern Festival yang terkenal secara internasional di New Taipei City, Bombing Tuhan Han Dan di Taitung, dan Yanshui Beehive Rockets Festival di Tainan, untuk menyambut Tahun Baru dalam semangat kedamaian, kekuatan, kemakmuran, maupun sukacita.

1. Heavenly Lantern Festival lentera yang cukup populer adalah Heavenly Lantern atau lentera langit. Menurut cerita, lampion sebelumnya digunakan sebagai alat komunikasi antara dua tempat yang jauh. Pada zaman dahulu, orang-orang desa dan petani di gunung yang tidak dapat diakses berisiko terbunuh atau dirampok. Untuk mengabarkan kepada keluarganya bahwa keadaan baik-baik saja, diterbangkanlah lampion sebagai tanda bahwa mereka selamat.

Majalah Womens Obsession dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI