Dampak fatal High Heels

Majalah Womens Obsession - Edisi 05/2017
12 April 2018

Majalah Womens Obsession - Edisi 05/2017

Jika ingin tampil seksi lewat keindahan kaki yang memukau banyak orang, salah satunya adalah dengan memakai sepatu high heels. / Foto : Istimewa

Womens Obsession
Jika ingin tampil seksi lewat keindahan kaki yang memukau banyak orang, salah satunya adalah dengan memakai sepatu high heels. Namun, memang dibutuhkan pengorbanan kerelaan menahan rasa sakit berjam-jam saat menggunakannya. Pilihan tersebut tampaknya harus kita sikapi dengan bijaksana.

Jangan sampai kita terseret menjadi korban mode, dari luar terlihat indah, namun di dalam kita malah tersiksa dan bertaruh dengan gangguan kesehatan tubuh. Sepatu berhak tinggi di atas 5 cm sebaiknya dipakai hanya dalam acara resmi saja, tidak sepanjang hari. Maksimal penggunaannya setengah sampai satu jam saja.

Itu pun sudah terasa melelahkan, karena ibarat orang lari tidak berhenti selama waktu tersebut. Selain itu, akan memberikan tekanan berlebihan pada bagian kaki depan dan membuat beban tubuh bertumpu hanya kepada bagian tertentu. Sehingga bisa terjadi dorsofleksi atau penekanan ke bawah dan otot-otot di tungkai dari lutut ke bawah akan menjadi tegang terus-menerus.

Kaki pada tungkai bawah terasa sakit, terjadi varises, dan memancing munculnya bunion atau benjolan tulang pada sendi di pangkal jempol kaki. Kalau sudah tumbuh bunion dan membesar akan membuat susah berjalan dan cara mengobatinya, tak lain harus dengan operasi pemotongan tulang.

Sepatu hak tinggi memberikan tekanan berlebihan pada bagian kaki depan dan membuat beban tubuh bertumpu hanya kepada bagian tertentu. Jika terusmenerus dipakai akan berisiko membuat perubahan postur tubuh yang berujung pada terganggunya kondisi tulang belakang. Tubuh terpaksa harus disesuaikan untuk menjaga keseimbangan. Bagian bawah badan yang condong ke depan membuat tubuh posisi atas harus lebih condong ke belakang.

Majalah Womens Obsession dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI