Festival unik di dunia

Majalah Womens Obsession - Edisi 06/2017
12 April 2018

Majalah Womens Obsession - Edisi 06/2017

Menjadi ajang penghormatan pada El Salvador atau dikenal juga sebagai pelindung kota, Festival Bolas de Fuego diisi dengan ajang perang bola api. / Foto : Istimewa

Womens Obsession
Sebuah perayaan besar untuk memperingati sesuatu yang bernilai ternyata dimiliki setiap bangsa di seluruh belahan dunia. Menariknya, festival yang digelar di setiap negara tersebut memiliki keunikannya masing-masing. Berikut acara seru tak terlupakan di beberapa negara.

1. Festival Lembah Baliem, Indonesia Mulai digelar sejak tahun 1986, festival yang satu ini ternyata sudah dikenal di mancanegara. Diadakan di kota Wamena, Papua dan dikemas dalam konsep teatrikal menampilkan cara berperang suku-suku di sana. Pengunjung juga bisa langsung bertemu dengan masyarakat pedalaman Papua. Sebab, lebih dari 40 suku akan hadir dalam festival tahunan tersebut.

Biasanya mereka akan menampilkan mulai dari penyebab perang seperti penculikan, pembunuhan, atau perusakan ladang. Hal inilah yang akan menyebabkan suku lainnya membalas dendam. Dalam ajang ini, setiap suku akan datang memakai pakaian khas setiap suku dengan wajah yang dilukis.

2. Yi Peng Festival, Thailand Festival yang satu ini tidak memiliki ketetapan bulan pelaksanaan. Sebab, acaranya mengacu pada hari bulan purnama di bulan kedua menurut kalender Lunar Lanna Thailand atau bulan kedua belas. Walaupun tidak memiliki tanggal yang pasti, biasanya digelar pada pertengahan hingga akhir bulan November.

Festival Yi Peng sendiri dilaksanakan dengan memegang lampion bersama orang-orang terdekat, lalu dilepas secara bersamaan ke atas, sehingga membuat langit menjadi sangat indah. Tidak hanya menampilkan keindahan, festival ini juga menciptakan rasa kekeluargaan dan kehangatan.

Kepercayaan melepas lampion ke udara, mereka berharap nasib buruk dan kemalangan dapat pergi menjauh. Tidak hanya itu, festival ini juga digelar untuk menghormati para dewa.

Majalah Womens Obsession dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI