Tepat atasi penuaan

Majalah Womens Obsession - Edisi 06/2017
12 April 2018

Majalah Womens Obsession - Edisi 06/2017

Stem cell dapat digunakan untuk memperbaiki kulit. Hal ini bisa membantu tubuh untuk penyembuhan ataupun membuat fungsi sel kulit menjadi lebih efektif, seperti saat masih muda. / Foto : Istimewa

Womens Obsession
Penuaan adalah proses alami yang terjadi pada setiap manusia, terjadi secara sistematis, berlangsung berurutan, dan berkesinambungan. Seseorang bisa menghambat proses penuaan, khususnya penuaan dini dengan cara mengatasi faktor penyebabnya.

Proses penuaan yang dimaksud bukan hanya yang tampak pada tubuh, seperti mengendurnya kulit, memutihnya rambut, tetapi juga penurunan daya ingat, daya tahan tubuh, melemahnya energi, dan lain sebagainya. Dalam melakukan pencegahan masalah tersebut dapat ditangani dengan berbagai macam pengobatan, yakni multivitamin, pengobatan hormonal, maupun secara sistem stem cell.

1. Suplemen. Banyak faktor yang bisa menyebabkan kondisi tubuh kekurangan mineral dan vitamin. Karena itu, suplemen atau multivitamin, dan antioksidan baik oral maupun injeksi, perlu dikonsumsi untuk keperluan sehari-hari.

Menurut dr. Jessie Prihartanti, MBiomed (AAM) dari Ultimo Clinic, vitamin dan antioksidan juga berfungsi untuk menghambat kerusakan sel tubuh, akibat radikal bebas. Kerusakan sel tersebut bisa menimbulkan tanda dan gejala penuaan, seperti kehilangan elastisitas kulit, muncul keriput, ataupun garis-garis halus dan flek.

2. Pengobatan dengan hormonal. Saat masih muda, tubuh manusia memproduksi berbagai hormon dan bekerja dengan baik untuk mengendalikan berbagai fungsi organ tubuh.

Namun, saat semakin menua tubuh manusia hanya mampu memproduksi sedikit hormon tertentu, sehingga mengalami penurunan kadar hormon yang menimbulkan beberapa keluhan. “Pengobatan secara hormonal diberikan berdasarkan jenis hormon yang kurang dan menimbulkan keluhan maupun masalah yang mengganggu aktivitas sehari-hari,” kata dr. Jessie.

Majalah Womens Obsession dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI