Komitmen regulator di fintech

Majalah Womens Obsession - Edisi 10/2017
12 April 2018

Majalah Womens Obsession - Edisi 10/2017

Kominfo menggagas proyek Palapa ring dari timur, tengah dan barat Indonesia yang ditargetkan rampung pada 2018. / Foto : Istimewa

Womens Obsession
Indonesia Banking Expo 2017 (IBEX) telah dihelat beberapa waktu lalu selama dua hari di Jakarta Convention Center (JCC). Tahun ini, Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) sebagai penyelenggara mengusung tema Transformasi Industri Perbankan, Jawaban Terhadap Revolusi Teknologi Digital.

Salah satu capaiannya menjawab perubahan perilaku konsumen dan kian merangkul kontribusi generasi milenial. Atensi positif tentang digitalisasi perbankan tidak hanya datang dari pengunjung, turut diapresiasi oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang hadir di hari kedua IBEX 2017.

Selama dua hari, pameran perbankan tersebut diikuti oleh 10 bank, tiga perusahaan telekomunikasi, dan 10 perusahaan fintech. Pameran dibuka oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso, Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo, dan Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja.

Setelah itu, diadakan pula rangkaian seminar menarik yang mengupas berbagai tren gaya hidup masyarakat berdampak pula dengan perilaku di perbankan. Digitalisasi juga telah merambah ke sektor perbankan selama satu dekade. Semua pihak turut berkembang dalam inovasi financial technology (fintech), termasuk pihak regulator.

Ditjen PPI Kominfo Republik Indonesia Ahmad Ramli menjabarkan data terkini bahwa internet user saat ini mencapai 132 juta orang atau 50% dari jumlah penduduk Indonesia. Didukung pula oleh data penelitian perilaku masyarakat saat ini menghabiskan waktu selama empat jam di depan desktop dan tiga jam dengan gawai pintar.

Majalah Womens Obsession dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI