Membentuk ASN kelas dunia

Majalah Womens Obsession - Edisi 08/2017
12 April 2018

Majalah Womens Obsession - Edisi 08/2017

Tools atau metode di atas sudah diadopsi oleh beberapa lembaga negara dan korporasi kelas dunia, serta disesuaikan dengan nilai dan tradisi lokal.

Womens Obsession
Postur Aparatur Sipil Negara (ASN) saat ini perlu dikembangkan, sehingga portofolio kompetensinya sesuai dengan standar global. Reformasi birokrasi dengan menekankan program revolusi mental hendaknya disertai paket pengembangan karier yang mampu membentuk ASN kelas dunia.

Tak pelak lagi ASN juga membutuhkan program pengembangan diri, baik lewat kursus atau diklat reguler, maupun melanjutkan studi atau kuliah di luar negeri mempelajari disiplin ilmu baru yang belum ada di perguruan tinggi dalam negeri.

Seperti bidang manajemen aset pemerintah daerah atau bidang e-Goverment terkini yang menjadi faktor utama terwujudnya keunggulan kinerja birokrasi. ASN perlu melihat jendela dunia untuk mengembangkan karier dan bidang profesinya. Agar tidak seperti katak dalam tempurung yang setiap hari merasa sumpek dan terus berkeluh kesah.

Tentunya ini membutuhkan kemampuan berbahasa asing bagi ASN. Untuk itulah dibutuhkan kursus atau pendidikan bahasa asing, terutama bahasa bangsa yang kini menjadi pusat peradaban dan jantungnya pengembangan Iptek maupun proses inovasi global.

Kerjasama global pengembangan ASN sudah banyak ditandatangani. Baik dalam forum negaranegara G20 dan perjanjian bilateral lainnya. Mencetak ASN berkelas dunia searah dengan inisiatif, serta kerjasama Indonesia dengan Uni Eropa.

Perbaikan tata kelola pemerintahan telah menjadi penekanan kerja sama pembangunan Uni Eropa-Indonesia pada 2016. Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia memberikan bantuan hibah setengah miliar Euro untuk Indonesia yang digunakan untuk pendidikan dan tata kelola pemerintahan.

Majalah Womens Obsession dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI