Sehatnya berjalan tanpa alas kaki

Majalah Womens Obsession - Edisi 03/2016
16 April 2018

Majalah Womens Obsession - Edisi 03/2016

Bumi merupakan sumber yang baik dari elektron-elektron penghilang radikal bebas. / Foto : Istimewa

Womens Obsession
Mungkin kita pernah mendengar olahraga jalan kaki akan lebih menyehatkan, jika dilakukan tanpa mengenakan alas kaki? Jika mengutip dari Blodsky.com, memang ada benarnya. Sejumlah manfaat yang dapat kita rasakan saat berjalan tanpa alas kaki. Tentu tidak berjalan di pinggir jalan raya, cobalah di taman terdekat.

Bukan di atas ubin atau keramik, melainkan rumput, tanah, maupun bebatuan alam. Sehingga kita dapat merasakan kontak langsung dengan alam, lebih terhubung dengan bumi, dan memperlancar sirkulasi darah. Mulailah hari dengan berjalan tanpa alas kaki di atas rumput selama 30 menit.

Kombinasi udara segar, sinar matahari yang hangat, dan lingkungan hijau memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh maupun jiwa. Dengan langsung menginjak bumi, maka akan memberikan tekanan maksimum pada jari pertama, kedua, dan ketiga, yaitu titik tekanan refleksologi untuk sejumlah organ tubuh kita.

Dengan cara ini pula, stres, radikal bebas dari paparan radiasi, lemak trans, rokok, dan pestisida akan terkuras dari dalam tubuh. Bumi merupakan sumber yang baik dari elektron-elektron penghilang radikal bebas.

Menurut ulasan yang dipublikasikan Journal of Environmental and Public Health, ketika kita berjalan tanpa alas kaki di tanah, elektron permukaan bumi ditransfer ke dalam tubuh dan meningkatkan perubahan fisiologis yang menarik. Elektron ini memiliki efek antioksidan ikut melawan stres oksidatif yang berhubungan dengan peradangan maupun penyakit.

Majalah Womens Obsession dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI