Ratih Darmawan Gianda, memilih tetap loyal

Majalah Womens Obsession - Edisi 04/2018
25 April 2018

Majalah Womens Obsession - Edisi 04/2018

Lahir sebagai anak bungsu dari enam bersaudara yang semuanya perempuan, tak membuat Ratih Darmawan Gianda menjadi anak manja dan tidak mandiri. / Foto : Edwin Budiarso

Womens Obsession
Lahir sebagai anak bungsu dari enam bersaudara yang semuanya perempuan, tak membuat Ratih Darmawan Gianda menjadi anak manja dan tidak mandiri. Dia tumbuh dalam suasana keluarga moderat dan tidak menyalahgunakan kebebasan yang diberikan orang tuanya.

Meskipun, hidup berkecukupan sejak kecil, dia dididik untuk belajar peduli pada sekeliling dan harus terbiasa untuk tidak bergantung kepada orang lain. Ibunya adalah salah satu sosok yang dia kagumi dan cintai, karena mampu mendidik anak-anaknya menjadi orang yang berhasil. Dia adalah sosok yang penuh tanggung jawab dan begitu mencintai keluarganya. Sang ibu pasti tahu apa yang terbaik bagi anak-anaknya.

“Termasuk ketika saya disarankan untuk mengenyam pendidikan business administration di Monash University Australia. Awalnya saya merasa berat jauh dari keluarga, namun ini menjadi pelajaran berharga yang mendidik saya menjadi pribadi tangguh dan selalu bertanggung jawab atas apa yang saya lakukan. Jika ada yang kuliah di luar negeri dengan fasilitas beasiswa dan dari keluarga kurang mampu, mereka mau struggle sambil bekerja guna mencukupi kebutuhan sehari-hari. Saya sangat menghargainya dan belajar dari mereka bahwa hidup adalah perjuangan,” kenang Ratih seraya tersenyum.

Itulah sebabnya, dia sangat mempercayai segala sesuatu harus melewati suatu proses yang tidaklah semudah kata-kata. Tak ada yang tidak bisa dipelajari di dunia ini selama memiliki passion dan keyakinan akan sebuah nilai kesuksesan. Terbukti, hanya dalam kurun waktu tiga tahun saja Ratih mampu menyelesaikan kuliahnya yang dia jalani, sambil bekerja part time di salah satu department store terkemuka di sana.

Majalah Womens Obsession dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI