Tampilkan di aplikasi

Festival lima gunung

Majalah Womens Obsession - Edisi 07/2018
27 Juli 2018

Majalah Womens Obsession - Edisi 07/2018

Selain untuk mengikuti rangkaian acara Festival Lima Gunung, para wisatawan baik domestik hingga mancanegara juga bisa menikmati panorama alam menawan. Mulai dari hutan pinus, pendakian gunung, hingga situs dunia, Candi Borobudur. / Foto : Istimewa

Womens Obsession
Dikelilingi gunung-gunung yang menjulang tinggi, tidak heran jika tanah Magelang terbilang sangat subur. Beragam jenis perkebunan terlihat di berbagai penjuru. Aneka lokasi wisata alam pun siap memanjakan mata. Terletak di antara lima gunung yakni Merapi, Merbabu, Sindoro, Andong, dan Menoreh, Festival Lima Gunung mulai digelar sejak tahun 2002 dan menjadi ajang tahunan yang masih berlangsung hingga saat ini.

Mensyukuri nikmat alam yang telah diberikan adalah ruh terselenggaranya Festival Lima Gunung. Di awal kemunculannya, pihak penyelenggara terinspirasi untuk mengadakan acara ini dari prasasti yang ditemukan di Candi Gunung Wukir. Situs sejarah tersebut ialah Prasasti Canggal yang bertuliskan tahun 654 Saka atau sekitar 732 Masehi. Tahun tersebut adalah masa kepemimpinan Raja Sanjaya, keturunan Ratu Shima (674-689 Masehi).

Terdapat juga catatan tentang masyarakat yang hidup makmur, tenteram, patuh terhadap aturan, dan kepemimpinan yang bermartabat pada masa tersebut. Mengandung filosofi bahwa nilai-nilai hidup kebersamaan dan masyarakat yang sejahtera pada masa lalu yang kini telah lama terpendam, meskipun tidak mati.

Masyarakat di sana menemukan makna dalam simbolisasi tanaman pertanian mereka “pala kependhem” yang hidup, tumbuh, dan berbuah di dalam tanah hingga siap dipetik, menjadi suri teladan kehidupan di zaman sekarang. Mengadopsi prinsip tersebut, acara ini diharapkan mampu menyatukan masyarakat dari berbagai lapisan, sepeti seniman, artis, pendidik, akademisi, dan tetua setempat. Tidak hanya itu, para penyelenggara juga berharap melibatkan warga setempat dalam persiapan festival berasaskan kerja gotong royong.
Majalah Womens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI