Wajah transportasi tanah air

Majalah Womens Obsession - Edisi 09/2018
21 September 2018

Majalah Womens Obsession - Edisi 09/2018

Kemunculan Transjakarta pada 2004 yang menjadi bagian Bus Rapid Transit (BRT) bisa dikatakan sebagai tonggak variasi transportasi. / Foto : Istimewa

Womens Obsession
Moda transportasi di suatu negara sangatlah penting, karena berperan besar memfasilitasi mobilitas penduduknya. Perkembangan transportasi di Indonesia bisa dikatakan tidak berbanding lurus dengan kenaikan jumlah penduduk.

Contoh kecilnya, sejumlah kendaraan yang sudah 'tua' kerap digunakan untuk mengimbangi tingginya laju penumpang beraktivitas. Ataupun kondisi penumpang yang berimpit-impitan di dalamnya.

Memperingati hari Perhubungan yang jatuh setiap 17 September, kami berbagi kilasan singkat mengenai moda transportasi yang paling banyak digemari masyarakat, yakni kereta, bus, dan transportasi online.

Angkutan kota sendiri mulai diperkenalkan di Indonesia sejak tahun 1970-an untuk menggantikan model transportasi sebelumnya, oplet. Sejak saat itu, angkot mulai menjadi pilihan transportasi masyarakat.

Diisi oleh kurang lebih tiga belas orang, tarif yang diberlakukan tergantung dari jauh dekatnya jarak tujuan penumpang. Hingga kini, angkot atau yang juga dikenal dengan mikrolet masih aktif melayani penumpang di berbagai penjuru Tanah Air, baik di kota besar hingga di pelosok desa.

Perkembangan Layanan Bus. Selanjutnya transportasi berkembang ke ukuran yang lebih besar, seperti bus. Pada tahun 1895 bus bertenaga mesin pertama kali muncul bersamaan dengan perkembangan mobil. Kemudian, berbagai macam model bus dikembangkan pada tahun 1900-an, dan sampai akhirnya bentuk bus yang utuh mulai tersebar luas tahun 1950-an.

Pada awal abad 21 bus mulai populer. Sebagai salah satu moda transportasi massal, kualitas bus di Tanah Air juga terus diperbaiki. Ada banyak sekali jenis bus berkembang dari masa ke masa. Big Bus Mercedes Benz O 321 H bisa dibilang sebagai pelopor masuknya bus canggih di Indonesia, pada masanya Mercedes Benz O 321 H merupakan salah satu jenis bus terbaik di dunia.

Majalah Womens Obsession dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI