Tampilkan di aplikasi

Valentina Meiliyana, jatuh bangun di dunia bisnis sepatu

Majalah Womens Obsession - Edisi 02/2019
22 Februari 2019

Majalah Womens Obsession - Edisi 02/2019

"Waktu itu tahun 2011, usia saya 16 tahun dan saya sudah keliling Tanah Abang untuk mencari bahan yang saya inginkan. Saya tidak mau membuat sepatu dengan kualitas barang yang buruk."

Womens Obsession
Menjalani bisnis di usia yang masih belia tentu bukan perkara mudah. Banyak tantangan muncul, mulai managemen waktu, modal, dan masih banyak lagi lainnya. Salah satu pebisnis muda, yakni Valentina Meiliyana berusaha membangun bisnis sepatu dan managemen artis.

Di usia 23 tahun, dia telah mengalami jatuh bangunnya membangun bisnis. Valentina tidak hanya menjadi namanya, tapi juga nama brand sepatu buatannya. Bakat bisnisnya di dunia ini tidak main-main, sepatu rancangannya pernah digunakan di Jakarta Fashion Week 2011.

Apa yang menginspirasi lahirnya Brand Valentina? Awalnya saya berbisnis sejak umur 14 tahun. Saat itu saya menjual berbagai barang, salah satunya baju. Saya ambil foto dari luar dan menjadikannya sebagai contoh model kepada para pembeli. Jadi mereka ingin model seperti apa, baru saya buatkan. Untungnya lumayan, walaupun hanya puluhan ribu, namun untuk usia belasan tahun jumlah tersebut sangat berarti.

Seiring berjalan waktu, saya juga menjadi reseller sepatu. Nah, saat itu berpikir sayang sekali jika saya hanya menjadi reseller, sementara banyak permintaan sepatu datang. Saat ada 11 orang pesan sepatu, saya berusaha untuk mencari pembuat sepatu di daerah Depok.

Sempat ditolak awalnya, tapi dia berubah pikiran dan mau membuatkan sepatu. Ternyata kualitasnya sangat memuaskan. Sebelas orang yang tadi memesan merasa senang dan mau order lagi. Dari situlah saya berniat untuk fokus membuat sepatu sendiri. Waktu itu tahun 2011, usia saya 16 tahun dan sudah keliling Tanah Abang untuk mencari bahan yang diinginkan. Saya tidak mau membuat sepatu dengan kualitas barang yang buruk.
Majalah Womens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI