Tampilkan di aplikasi

Kenali ciri kanker darah

Majalah Womens Obsession - Edisi 55
24 September 2019

Majalah Womens Obsession - Edisi 55

Kanker darah atau Leukemia biasanya diketahui lebih banyak diidap oleh anak-anak, tetapi sebenarnya penyakit ini tak mengenal usia, dialami juga oleh banyak orang dewasa.

Womens Obsession
Darah terdiri dari tiga tipe sel dengan fungsi berbeda, yaitu sel darah putih untuk melawan infeksi, sel darah merah untuk membawa oksigen, dan trombosit untuk membantu penggumpalan darah. Sel-sel darah ini akan diproduksi setiap hari di sumsum tulang belakang. Umumnya, jumlah sel yang lebih banyak diproduksi adalah sel darah merah. Namun, pengidap leukemia justru lebih banyak memproduksi sel darah putih sehingga terjadi penumpukan dalam sumsum tulang belakang.

Penumpukan sel darah putih bukan hanya membuat sel-sel darah yang sehat berkurang, melainkan juga bisa berdampak pada terganggunya fungsi tubuh dalam melawan infeksi. Bahkan, kelebihan sel darah putih ini juga bisa memengaruhi proses penggumpalan darah dan suplai oksigen dalam tubuh. Penyebab munculnya kanker darah bisa beragam, ada yang merupakan faktor genetik dan terkena virus. Untuk faktor genetik, biasanya ada anggota keluarga dekat memiliki riwayat penyakit ini.

Namun tidak hanya itu saja penyebabnya, ada pula faktor lainnya mulai dari gaya hidup yang tak sehat, kerap terpapar bahan kimia berbahaya, paparan radiasi, dan yang paling sering penyebabnya adalah terinfeksi virus tertentu. Sebelum kanker darah ini berkembang, kita perlu mewaspadai setiap perubahan tubuh yang dialami untuk membantu mendeteksi penyakit ini. Semakin cepat mendeteksi gejala kanker maka semakin cepat seseorang mendapatkan pengobatan, sehingga peluang kesembuhan juga kian tinggi.

Gejala awal yang terjadi biasanya adalah darah sulit membeku. Umumnya jika seseorang terluka darah yang keluar akan segera menggumpal dan aliran darah pun akan segera berhenti. Namun, bagi penderita leukemia, aliran darah akan sangat sulit dihentikan. Jika dilihat, darah yang dikeluarkan pun tidak berwarna merah pekat, melainkan berwarna merah muda.
Majalah Womens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI