Tampilkan di aplikasi

Masakan rumahan Kalimantan Selatan di dapur benua

Majalah YukMakan - Edisi 48
23 Januari 2019

Majalah YukMakan - Edisi 48

Tempat makan berkapasitas sekitar 25 seats ini menawarkan sajian rumahan ala Kalimantan, tepatnya Kalimantan Selatan atau Banjarmasin. / Foto : Charlie Sugiri

YukMakan
Di Dapur Benua ini, seluruh resep masakan yang disuguhkan berasal dari pemiliknya langsung. Diungkapkan oleh sang pemilik jika masakan Banjarmasin memang identik dengan olahan ikan air tawarnya. Dan untuk mendapatkan citarasa otentik dan rasa jempolan, ia pun mengambil ikannya langsung dari Kalimantan.

Menu unggulan yang wajib dicoba adalah Ikan Bakar dan Pepes Bakar. Kedua menu itu menggunakan ikan patin asal Kalimantan yang terkenal akan kelembutannya. “Ikan patinnya dikirim langsung dari Kalimantan, minimal seminggu sekali. Rasa ikan patinnya berbeda dengan ikan patin yang ada di Jawa, tidak berbau sama sekali,” terang Nurul.

Ikan Patin bakar berupa potongan ikan patin yang disuguhkan bersama dengan lalapan dan sambal bercitarasa pedas asam berkat penggunaan jeruk limo. Daging ikannya lembut, terasa gurih, manis karena menggunakan gula aren, dan benarbenar tidak berbau tanah atau lumpur.

Sedangkan untuk pepesnya, berupa potongan ikan patin yang dimasak dengan berbagai bumbu seperti kunyit, sereh, lengkuas, bawang, kemiri, dan belimbing wuluh kemudian dibungkus menggunakan daun pisang.

Jangan lewatkan juga Laksa Ikan Banjar yang bercitarasa gurih karena menggunakan santan. Selain berisi ikan, laksa ini juga diramaikan buras atau ketupat dan mi beras. Pilihan lainnya yang tersedia di Dapur Benua ini antara lain Sapat Goreng, Seluang Goreng, Soto Banjar Ayam Kampung, Gangan Asam, hingga Ayam Bakar. Berbagai hidangan menggugah selera itu ditawarkan antara Rp 20.000,- hingga Rp 45.000,- per porsinya.
Majalah YukMakan di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI