Tampilkan di aplikasi

Meramu solusi efisiensi biaya produksi

Majalah Agrina - Edisi 350
28 Agustus 2023

Majalah Agrina - Edisi 350

Biaya Produksi ayam meningkat karena kenaikan harga pakan dan DOC

Agrina
Heri Irawan, praktisi broiler menilai, kondisi peternakan ayam saat ini tidak rasional karena harga ayam hidup (livebird, LB) di kandang sangat tinggi.“Ini sejarah. Ayam 0,8-1 kg harga Rp32 ribu di kandang. Ayam besarnya Rp24 ribu – Rp25 ribu. Jadi hitungannya kalau sudah sampai pasar, kepala 5 fresh-nya,”ucapnya di Bogor, Jabar (27/6).

Dengan harga itu peternak masih untung meski belum tentu menutup kerugian tahun lalu. Sebetulnya, peternak tidak terlalu menikmati harga tersebut sebab biaya operasionalnya juga meningkat. ”DOC (day old chick) naik, pakan naik. Dua itu utama yang bikin biaya bengkak. Sudah harga tinggi, performa tidak maksimal. Makin bengkak HPP (harga pokok produksi),” ulas Heri yang menyebut kemarau ekstrem memicu heat stress dan menyebabkan performa tidak maksimal.

Dengan harga DOC Rp7.000 – Rp8.000/ekor dan pakan Rp8.000 – Rp9.000/kg, HPP ayam berkisar Rp20 ribu – Rp22 ribu/kg. ”Kalau harga DOC dipatok Rp5.500, maksimal Rp6.500, pakan nggak sampai Rp8.000, baru ketemu HPP Rp18 ribu – Rp20 ribu,” jelasnya.

Kenaikan harga ayam di sisi produsen dan konsumen, ungkap Arief Prasetyo Adi, Kepala Badan Pangan Nasional (NFA) adalah bentuk keseimbangan baru akibat perubahan struktur biaya produksi. Peningkatan harga itu merupakan dinamika yang tidak bisa dihindari karena naiknya biaya pokok produksi yang membebani produsen dan ini terjadi di seluruh dunia.

”Kenaikan harga dipengaruhi misalnya dengan naiknya harga DOC yang sebelumnya Rp5.000 saat ini sampai Rp8.000/ekor. Harga jagung dulu Rp3.150/kg saat ini Rp5.000/kg. Bahkan, sebelumnya sampai di atas Rp6.000/kg,” ujar Arief (21/7). Karena itu, lanjutnya, menjaga kewajaran harga di lini produsen, pedagang, dan konsumen merupakan tugas bersama.

Timbul Sihombing, Ketua Gabungan Perusahaan Makanan Ternak (GPMT) membuka, di kuartal pertama (Q1) 2023 perusahaan pakan mengalami tantangan suplai bahan baku yang secara otomatis menaikkan harga.
Majalah Agrina di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI