Tampilkan di aplikasi

AirFish 8, si kapal laut terbang

Majalah airmagz - Edisi 39
8 Mei 2018

Majalah airmagz - Edisi 39

Anda pernah melihat atau menumpang pesawat amfibi, misalnya jenis Twin Otter DHC6, PBY-5A Catalina, ataupun Grumman HU-16 Albatross?

airmagz
Dilihat dari penampilannya, bisa dibilang AirFish 8 merupakan kapal laut bersayap yang mampu terbang rendah di atas permukaan air dengan kecepatan 196 km/jam dan kecepatan jelajah 148 km per jam. Karena bukan pesawat konvensional, AirFish 8 hanya bisa melayang di ketinggian maksimal tujuh meter di atas permukaan air.

“Kapal laut terbang” yang diproduksi oleh Wigetworks Pte Ltd dari Singapura ini memiliki panjang keseluruhan 17,2 meter, tinggi 3,5 meter, panjang kabin 4 meter, dan lebar bentang sayap 15 meter. Kapasitas muatan totalnya adalah 10 orang, terdiri atas dua kru dan maksimal delapan penumpang. Sedangkan bobot totalnya mencapai 1 ton, termasuk kapasitas 160 kg di bagian bagasi.

Saat menjadi kapal dan beroperasi di atas air, AirFish 8 mampu melaju dengan kecepatan 100 knots, bahkan hingga tiga kali lebih cepat dibanding kemampuan kapal ferri. Untuk terbang dari permukaan air, AirFish 8 membutuhkan “landasan” sepanjang 500 meter. Sedangkan untuk mendarat, panjang permukaan air yang dibutuhkan adalah 300- 500 meter.

Meskipun menggunakan mesin tunggal V8 dengan kekuatan 500 HP, alat transportasi unik ini juga didukung oleh dua mesin propeller dengan masing-masing terdiri dari empat bilah. Jenis bahan bakarnya adalah gasoline dengan Oktane 95 atau spesifikasi di atasnya. Dalam kondisi normal, konsumsi bahan bakar untuk pesawat ini mencapai 70 liter per jam.
Majalah airmagz di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI