Tampilkan di aplikasi

Takut kepada Allah

Majalah Arrisalah - Edisi 212
9 Juli 2019

Majalah Arrisalah - Edisi 212

bunga

Arrisalah
Mahabah (cinta), Khauf (takut) dan Raja’ (harap) merupakan sifat yang harus ada pada setiap muslim. Cinta mendorong orang untuk melaksanakan kewajiban, khauf mencegah seseorang dari melakukan kemaksiatan, sedangkan raja’ adalah perasaan penuh harap akan surga dan berbagai kenikmatan lainnya, sebagai buah dari ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya. Ketiga sifat ini akan menentukan kualitas ibadah dan keislaman seseorang.

Semakin tinggi kadar rasa takut kepada Allah, semakin terbebas seseorang dari maksiat. Sebaliknya, semakin lemah kadar rasa takut seseorang, semakin tinggi peluang untuk melakukan dosa. Maka Allah menyebutkan salah satu sifat orang bertakwa adalah mereka yang takut kepada Allah.

Allah mensifati para Malaikat dengan firman-Nya, “Mereka takut kepada Rabb mereka yang berada di atas mereka dan melaksanakan apa yang diperintahkan (kepada mereka)” (QS. An Nahl: 50). Allah juga menyifati para Nabi dengan firman-Nya, “Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdoa kepada Kami dengan harap dan takut. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyuk kepada Kami” (QS. Al Anbiya: 90)

Nabi juga pernah bersabda: “Sesungguhnya aku yang paling mengenal Allah dan akulah yang paling takut kepada-Nya” (HR. Bukhari-Muslim). Demikianlah, rasa takut menunjukkan kedekatan seseorang kepada Allah. Semakin seseorang mengenal Islam, semakin tinggi rasa takutnya kepada Allah. Umar bin Khattab a, sahabat mulia yang telah dijamin surga pun pernah berkata, “Andai terdengar suara dari langit yang berkata, ‘Wahai manusia, kalian semua sudah dijamin pasti masuk surga kecuali satu orang saja’. Sungguh aku khawatir satu orang itu adalah aku” (HR. Abu Nu’aim dalam Al Hilyah, 138)
Majalah Arrisalah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI