Tampilkan di aplikasi

Buku Bestindo Berkah Lestari hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Potret BUMDES Sido Makmur Sejahtera

1 Pembaca
Rp 96.000 15%
Rp 81.600

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 244.800 13%
Rp 70.720 /orang
Rp 212.160

5 Pembaca
Rp 408.000 20%
Rp 65.280 /orang
Rp 326.400

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

BUMDES merupakan sebuah lembaga usaha yang bergerak dalam bidang ekonomi kreatif yang mengembangkan potensi yang dimiliki oleh desa dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengembangkan potensi daerah yang dimiliki dan menjawab kebutuhan masyarakat yang pengelolaannya dilaksanakan oleh masyarakat dan pemerintah desa. BUMDES Sido Makmur Sejahtera diprakarsai oleh Pemerintah Desa Sidorejo yang didirikan dengan kesepakatan bersama melalui musyawarah desa. Visi dan Misi yang diangkat oleh BUMDES Sido Makmur Sejahtera adalah pengembangan usaha ekonomi dan pelayanan sosial untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Nining Haryuni / Mohamad Khoirul Muanam., S.H.I., S.H., M.H
Editor: Dr. H. M. Dimyati Huda, M.Ag / Lestariningsih

Penerbit: Bestindo Berkah Lestari
ISBN: 9786230949791
Terbit: Agustus 2023 , 149 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

BUMDES merupakan sebuah lembaga usaha yang bergerak dalam bidang ekonomi kreatif yang mengembangkan potensi yang dimiliki oleh desa dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengembangkan potensi daerah yang dimiliki dan menjawab kebutuhan masyarakat yang pengelolaannya dilaksanakan oleh masyarakat dan pemerintah desa. BUMDES Sido Makmur Sejahtera diprakarsai oleh Pemerintah Desa Sidorejo yang didirikan dengan kesepakatan bersama melalui musyawarah desa. Visi dan Misi yang diangkat oleh BUMDES Sido Makmur Sejahtera adalah pengembangan usaha ekonomi dan pelayanan sosial untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa.

Ulasan Editorial

Terbitnya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa beserta seluruh peraturan pelaksanaan dan penjabarannya memberikan energi baru dan ruang yang lebih luas bagi Pemerintah Desa untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi perekonomiannya dalam rangka meningkatkan keberdayaan Desa dan seluruh masyarakatnya. Sesuai dengan Peraturan Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Nomor 4 Tahun2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan, Dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), bahwa untuk meningkatkan perekonomian Desa, mengoptimalkan aset Desa, meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi, menciptakan peluang dan jaringan pasar, membuka lapangan kerja serta meningkatkan pendapatan masyarakat Desa dan Pendapatan Asli Desa (PA Desa) maka Desa dapat membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang berfungsi sebagai lembaga pengembangan perekonomian Desa.

Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan (BPMDK) sebagai unsur pendukung Pemerintah Daerah dibidang pemberdayaan masyarakat Desa dan Kelurahan mempunyai fungsi antara lain melaksanakan Kebijakan Pembinaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), Usaha Ekonomi Desa (UED) dan Pasar Desa.

Berkaitan dengan pelaksanaan fungsi diatas maka sebagai upaya percepatan fasilitasi pembentukan dan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di Desa Sidorejo telah disusun Petunjuk Teknis (Juknis) Pembentukan dan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Melalui buku ini diharapkan akan memudahkan masyarakat dan Pemerintah Desa dalam memahami seluk beluk dan hal-hal yang berkaitan dengan BUMDES sehingga dapat meningkatkan animo masyarakat untuk mendorong dan mengelola BUMDES sebagai lembaga yang mampu menjadi pilar dan lokomotif pengembangan perekonomian di Desa Sidorejo dalam rangka meningkatkan pendapatan masyarakat dan Pendapatan Asli Desa untuk mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan Desa dan masyarakatnya

Kepala Desa Sidorejo Kec. Ponggok Kab. Blitar / Sukamto

Puji dan syukur kta panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkah, rahmat dan ridho-Nya, maka pembuatan buku Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dapat disusun dan diselesaikan dengan baik. Buku ini dibuat sebagai wujud tanggungjawab pengurus BUMDEs Desa Sidorejo, dalam menjalankan tugasnya selama waktu kepengurusan. Melalui buku ini diharapkan dapat memberikan gambaran perjalanan pengelolaan BUMDES dalam membangun usaha-usahanya, serta sebagai bahan evaluasi dalam membuat kegiatan selanjutnya. Kami sampaikan terima kasih atas segala dukungan dan kerjasama kepada seluruh pihak yang berperan dalam kegiatan BUMDES tersebut, semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkati seluruh pengabdian kita kepada masyarakat, bangsa dan Negara

Direktur BUMDES Sido Makmur Sejahtera / Yun Adi Kusuma

Pendahuluan / Prolog

Badan Usaha Milik Desa
Daerah pedesaan pada umumnya memiliki potensi lokal atau yang dikenal istilah kearifan lokal yang sangat besar dan memiliki prospek besar untuk dikembangkan, khususnya sumber daya alam. Namun rendahnya kualitas sumber daya manusia (SDM) serta minimnya sarana dan prasarana pendukung menjadi tantangan dalam mengelola potensi desa untuk memperkuat ketahanan ekonomi. Oleh sebab itu pemerintah menginisiasi pembentukan Badan Usaha Milik Desa atau yang banyak dikenal masyarakat dengan istilah BUMDES. Hadirnya BUMDES ditengah masyarakat pedesaan diharapkan dapat menjadi sebuah sarana yang digunakan untuk menampung semua kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat dengan memanfaatkan potensi daerah yang ada (Aeni, 2020).

Penulis

Nining Haryuni - Dr. Nining Haryuni, S.Pt.,M.Pt lahir di Blitar pada tanggal 16 Januari 1985. Pendidikan formal penulis dimulai dari TK Al Hidayah Plosorejo tamat tahun 1991. Tahun 1997 Lulus dari MI Miftahul Ulum Plosorejo Kec. Kademangan Kabupaten Blitar, tahun 2000 Lulus dari MTsN 1 Blitar, tahun 2003 Lulus dari SMAN 1 Blitar. Pendidikan penulis dijenjang perguruan tinggi dimulai pada tahun 2003 di Jurusan Nutrisi dan makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya dan lulus pada tahun 2007. Tahun 2015 penulis menyelesaikan Program Magister di Program Studi Ilmu Ternak Program Pascasarjana Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang. Penulis diterima di Program Doktor Ilmu Ternak Pascasarjana Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang. Selama menjadi mahasiswa Program Magister penulis mendapatkan Beasiswa Tesis dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementrian Keuangan Republik Indonesia dan pada tahun 2017 penulis mendapatkan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPPDN) untuk menempuh Program Doktoral dan Lulus tahun 2021.
Mohamad Khoirul Muanam., S.H.I., S.H., M.H - Penulis lahir pada tanggal 09 September 1986 di Kabupaten Blitar. Penulis menempuh pendidikan Sekolah Dasar di Madrasah Islamiyah Ibtidaiyah Dusun Selorejo RT 002 RW 005 Desa Sidorejo Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar pada tahun 1992 sampai 1998, Madrasah Tsanawiyah Darusalam Desa Sidorejo tahun 1999-2021, Madrasah Aliyah Ma’arif Bakung Udanawu Blitar tahun 2002-2005, Penulis kemudian melanjutkan studinya di Fakultas Hukum jurusan Ilmu Hukum dan Fakultas Agama Islam jurusan Syariah Universitas Muhamadiyah Malang tahun 2005-2010, strata dua Fakultas Hukum konsentrasi Ilmu Hukum Administrasi Negara di Universitas Muhammadiyah Malang tahun 2014-2018. Selama menjadi mahasiswa, Penulis aktif dibeberapa organisasi kemahasiswaan yang bersifat kegiatan non-akademik sebagai anggota BEMFA dan UKM Dakwah Jamaah AR. Fahrudin. Selain itu, Penulis Juga Aktif dikepengurusan BEM UMM selama dua periode dimana periode pertama menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri dan periode kedua menjabat sebagai Menteri Luar Negeri. Pengalaman leadership Penulis, beliau pernah menjabat sebagai Anggota Peangawas Pemilihan Umum (PEMILU) tahun 2017-2019 serta menjadi Ketua Pengawas Pemilihan Kepala Daerah (Bupati Blitar) tahun 2020. Penulis saat ini menjadi tenaga pengajar dibeberapa Universitas ternama di Blitar dan Kediri dan juga menjadi praktisi sebagai Konsultan Hukum. Penulis dapat dihubungi melalui muanammh@gmail.com.

Editor

Lestariningsih - Penulis lahir di Blitar pada 13 Maret 1990. Tahun 2008 menempuh pendidikan di S1 Prodi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang dan Lulus pada tahun 2012. Kemudian melanjutkan Program magister Ilmu Ternak dengan program fast track (Program akselerasi) di Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang Lulus pada tahun 2013. Sejak 2010 hingga 2012 menjadi asisten Dosen di Prodi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya. Pada tahun tahun 2012 – 2015 bekerja di PT. Prima Anugerah Perkasa sebagai Quality Qontrol. Pada tahun 2016 bergabung di Prodi Peternakan Universitas Nahdlatul Ulama Blitar sebagai Dosen dan juga Kaprodi Peternakan. Pada Tahun 2019 – 2020 sebagai Dekan Fakultas Ilmu Eksakta Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Pada tahun 2021 mendapatkan amanah menjadi sekretaris LPPM hingga saat ini. Tugas tambahan penulis juga menjadi Asesor Pengawas Mutu Pakan di Lembaga Sertifikasi Profesi P1 UNU Blitar pada tahun 2020 hingga sekarang. Selain itu penulis juga mendapat amanah sebagai trainer dan pendamping produk halal (pph) dari BPJPH pada tahun 2022. Tahun 2022 penulis menjadi Direktur PT. Bestindo Berkah Lestari

Daftar Isi

Cover
Sambutan Kepala Desa
Sambutan Direktur Bumdes
Prakata
Daftar Isi
Daftar Tabel
Daftar Gambar
Bab 1 Pendahuluan
     A. Pengertian Bumdes
     B. Dasar Hukum Bumdes
Bab 2 Sido Makmur Sejahter
     A. Visi & Misi Bumdes
     B. Pendirian Bumdes
     C. Tujuan Pendirian Bumdes
     D. Fungsi Bumdes
Bab 3 Pengelolaan Bumdes
     A. Kepemilikan Modal
     B. Struktur Organisasi
     C. Sdm Bumdes Sido Makmur Sejahtera
Bab 4 Program Kerja
     A. Unit Usaha Bumdes
     B. Analisis Usaha
     C. Strategi Permodalan
     D. Strategi Pemasaran
     E. Pelaksanaan Program Kerja
Bab 5 Business Plan
     A. Unit Usaha Jasa Multimedia
     B. Unit Usaha Taman Wisata
     C. Unit Usaha Kripik Peyek
     D. Pembibitan & Budidaya Kambing
Bab 6 Evaluasi Kinerja
     A. Kondisi Internal
     B. Kondisi Eksternal
Bab 7 Indikator Kinerja
     A. Manfaat Penilaian Kinerja
     B. Indikator Penilaian
Bab 8 Strategi & Kebijakan Bumdes
     A. Pengembangan Sdm
     B. Peningkatan Kualitas Managemen
     C. Peningkatan Kualitas Administrasi
     D. Memperkuat Pengelolaan Unit Usaha
     E. Memperluas Jangkauan Pemasaran
     F. Memperkuat Manajemen Aset & Modal
     G. Peningkatan Nilai Manfaat Bumdes
     H. Meningkatkan Kerjasama
Bab 9 Penutup
Daftar Pustaka
Biografi Penulis
Cover Belakang

Kutipan

BUMDES Sido Makmur Sejahtera
BUMDES Sido Makmur Sejahtera merupakan perusahaan swadaya yang diprakarsai dan didirikan  oleh pemerintah desa Sidorejo melalui musyawarah desa. BUMDES Sido Makmur Sejahtera merupakan unit usaha yang berdiri sejak tahun 2012, milik Desa Sidorejo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar. BUMDES Sido Makmur Sejahtera memiliki beberapa unit usaha komersial seperti  air bersih, bank sampah dan juga tempat wisata. Desa Sidorejo merupakan sebuah desa yang terletak di Kabupaten Blitar Provinsi Jawa Timur tepatnya di Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Desa Sidorejo terletak pada  koordinat garis lintang 112.13374 dan garis bujur -7.98950. Desa Sidorejo merupakan daerah dengan jumlah penduduk mencapai 16.650 jiwa yang tersebar di enam desa. Desa Sidorejo terdiri dari 14 rukun warga (RW) dan 69 rukun tetangga (RT) dengan  kepadatan penduduk 1.151/km2 dengan rincian data penduduk berjenis kelamin laki-laki sebesar 8.450.000 jiwa dan penduduk perempuan sebesar 820 jiwa (BPS Kabupaten Blitar, 2022).

Luas wilayah pedesaan desa Sidorejo seluas 779 ha, dimana berdasarkan informasi dari BPS Kabupaten Blitar, sebesar 181 ha merupakan lahan sawah dan 598 ha lahan bukan sawah. Luas wilayah desa Sidorejo mencapai 14.460 ha. Desa Sidorejo merupakan desa yang cukup berkembang dengan sarana ekonomi yang dimiliki diantaranya 1 unit koperasi desa (KUD), 5  unit koperasi simpan pinjam dan  1 unit Bank Perkreditan Nasional (BPR). Selain lembaga keuangan, Desa Sidorejo juga memiliki 2 klaster pertokoan, 1 unit pasar dengan bangunan permanen dan 6 unit minimarket/supermarket (BPS Kabupaten Blitar, 2022).