Tampilkan di aplikasi

Buku Buku Sekolah Elektronik (BSE) hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Desain Multimedia
Baca   Unduh

Desain Multimedia

SMK/MAK Kelas XI - Semester 1 - Kurikulum 2013

Desain Multimedia adalah salah satu mata pelajaran paket Multimedia (MM) pada program keahlian Teknik Komputer dan Informatika (TKI). Berdasarkan struktur kurikulum mata pelajaran desain multimediadisampaikan di kelas XI semester satu dan semester dua, masing-masing 2 jam pelajaran. Multimedia merupakan penggabungan teks, gambar, suara, video dan animasi untuk menyampaikan maksud tertentu. Dengan multimedia, penyampaian sebuah produk menjadi lebih menarik, apalagi jika dilengkapi dengan unsure interaktivitas didalamnya.

Sebuah produk multimedia yang baik, pasti diawali dengan desain yang baik pula. Pembelajaran desain multimedia ini menggunakan metode pendekatan scientifik. Dalam pendekatan ini praktikum atau eksperimen berbasis sains merupakan bidang pendekatan ilmiah dengan tujuan dan aturan khusus, dimana tujuan utamanya adalah untuk memberikan bekal ketrampilan yang kuat dengan disertai landasan teori yang realistis mengenai fenomena yang akan kita amati.

Ketika suatu permasalahan yang hendak diamati memunculkan pertanyaanpertanyaan yang tidak dapat terjawab, maka metode eksperimen ilmiah hendaknya dapat memberikan jawaban melalui proses yang logis. Proses-proses dalam pendekatan scientifik meliputi beberapa tahapan (gambar 3) yaitu: mengamati, hipotesis atau menanya, mengasosiasikan atau eksperimen, mengumpulkan atau analisa data dan mengkomunikasikan. Proses belajar pendekatan eksperimen pada hakekatnya merupakan proses berfikir ilmiah untuk membuktikan hipotesis dengan logika berfikir.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Nanik Sri Rahayu

Penerbit: Buku Sekolah Elektronik (BSE)
Terbit: Desember 2013 , 162 Halaman










Ikhtisar

Desain Multimedia adalah salah satu mata pelajaran paket Multimedia (MM) pada program keahlian Teknik Komputer dan Informatika (TKI). Berdasarkan struktur kurikulum mata pelajaran desain multimediadisampaikan di kelas XI semester satu dan semester dua, masing-masing 2 jam pelajaran. Multimedia merupakan penggabungan teks, gambar, suara, video dan animasi untuk menyampaikan maksud tertentu. Dengan multimedia, penyampaian sebuah produk menjadi lebih menarik, apalagi jika dilengkapi dengan unsure interaktivitas didalamnya.

Sebuah produk multimedia yang baik, pasti diawali dengan desain yang baik pula. Pembelajaran desain multimedia ini menggunakan metode pendekatan scientifik. Dalam pendekatan ini praktikum atau eksperimen berbasis sains merupakan bidang pendekatan ilmiah dengan tujuan dan aturan khusus, dimana tujuan utamanya adalah untuk memberikan bekal ketrampilan yang kuat dengan disertai landasan teori yang realistis mengenai fenomena yang akan kita amati.

Ketika suatu permasalahan yang hendak diamati memunculkan pertanyaanpertanyaan yang tidak dapat terjawab, maka metode eksperimen ilmiah hendaknya dapat memberikan jawaban melalui proses yang logis. Proses-proses dalam pendekatan scientifik meliputi beberapa tahapan (gambar 3) yaitu: mengamati, hipotesis atau menanya, mengasosiasikan atau eksperimen, mengumpulkan atau analisa data dan mengkomunikasikan. Proses belajar pendekatan eksperimen pada hakekatnya merupakan proses berfikir ilmiah untuk membuktikan hipotesis dengan logika berfikir.

Pendahuluan / Prolog

Kata pengantar
Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa atas tersusunnya buku teks ini, dengan harapan dapat digunakan sebagai buku teks untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bidang Studi Multimedia.

Penerapan kurikulum 2013 mengacu pada paradigma belajar kurikulum abad 21 menyebabkan terjadinya perubahan, yakni dari pengajaran (teaching) menjadi BELAJAR (learning), dari pembelajaran yang berpusat kepada guru (teacherscentered) menjadi pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik (studentcentered), dari pembelajaran pasif (pasive learning) ke cara belajar peserta didik aktif (active learning-CBSA) atau Student Active Learning-SAL.

Buku teks ″Desain Multimedia″ ini disusun berdasarkan tuntutan paradigma pengajaran dan pembelajaran kurikulum 2013 diselaraskan berdasarkan pendekatan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar kurikulum abad 21, yaitu pendekatan model pembelajaran berbasis peningkatan keterampilan proses sains.

Penyajian buku teks untuk Mata Pelajaran ″Desain Multimedia″ ini disusun dengan tujuan agar supaya peserta didik dapat melakukan proses pencarian pengetahuan berkenaan dengan materi pelajaran melalui berbagai aktivitas proses sains sebagaimana dilakukan oleh para ilmuwan dalam melakukan eksperimen ilmiah (penerapan scientifik), dengan demikian peserta didik diarahkan untuk menemukan sendiri berbagai fakta, membangun konsep, dan nilai-nilai baru secara mandiri.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan menyampaikan terima kasih, sekaligus saran kritik demi kesempurnaan buku teks ini dan penghargaan kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam membantu terselesaikannya buku teks siswa untuk Mata Pelajaran Desain Multimedia kelas XI /Semester 1 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Jakarta, 12 Desember 2013
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Prof. Dr. Mohammad Nuh, DEA

Daftar Isi

Sampul
Disklaimer (Disclaimer)
Kata pengantar
Daftar isi
Glosarium
Peta kedudukan bahan ajar
Bab 1 : Pendahuluan
     A. Diskripsi
     B. Prasyarat
     C. Petunjuk penggunaan
     D. Tujuan akhir
     E. Kompetensi inti dan kompetensi dasar
     F. Cek kemampuan awal
Bab 2 : Pembelajaran
     A. Diskripsi
     B. Kegiatan belajar
          Kegiatan belajar 1 : Etimologi multimedia
          Kegiatan belajar 2 : Tools multimedia
          Kegiatan belajar 3 : Komponen multimedia
          Kegiatan belajar 4 : Produk multimedia
          Kegiatan belajar 5: Perencanaan dan pembuatan proyek multimedia
          Kegiatan belajar 6 : Pra produksi multimedia
          Kegiatan belajar 7: Produksi multimedia
          Kegiatan belajar 8: Pasca produksi multimedia
          Kegiatan belajar 9 : Estetika seni grafis
          Kegiatan belajar 10: Gambar sketsa
          Kegiatan belajar 11 : Sketsa bentuk
          Kegiatan belajar 12 : Sketsa makhluk hidup
          Kegiatan belajar 13: Sketsa suasana ramai
          Kegiatan belajar 15 : Ilustrasi
          Kegiatan belajar 16 : Musik Ilustrasi
          Kegiatan belajar 17: Gambar Ilustrasi
          Kegiatan belajar 18 : Gambar Ilustrasi manual
          Kegiatan belajar 19: Gambar Ilustrasi digital
          Kegiatan belajar 20: Gambar Ilustrasi manual dan digital
Daftar pustaka