Tampilkan di aplikasi

Buku Buku Sekolah Elektronik (BSE) hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Allah Mahakuasa
Baca   Unduh

Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Allah Mahakuasa

SD Kelas IV - Kurikulum 2013 - Edisi revisi 2017

Buku ini merupakan buku siswa yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku siswa ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbarui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis dan laman http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui email buku@kemdikbud.go.id diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Norita Yudiet Tompah, M.Th. / Novy Amelia Elisabeth Sine, M.Th.
Editor: Erlina

Penerbit: Buku Sekolah Elektronik (BSE)
ISBN: 9786022828082
Terbit: Juni 2019 , 105 Halaman










Ikhtisar

Buku ini merupakan buku siswa yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku siswa ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbarui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis dan laman http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui email buku@kemdikbud.go.id diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.

Pendahuluan / Prolog

Buku ini merupakan buku siswa yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku siswa ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal pener
Manuel London mengatakan, “learning is all about change, and change drives learning”. Pendapat London ini memperlihatkan kepada kita bahwa belajar menuntut adanya perubahan. Bukan hanya perubahan dalam hal pola pikir, tetapi juga perubahan perilaku. Belajar juga menuntut kita untuk dapat mengubah kehidupan ini menjadi lebih baik lagi.

Belajar seringkali menjadi semacam aktivitas yang melelahkan, membosankan, dan menakutkan.

Padahal seharusnya belajar menjadi aktivitas yang menyenangkan. Mengapa demikian? Melalui belajar, pendidik dan peserta didik akan berinteraksi untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman sehingga dapat saling memberdayakan demi kemajuan bangsa yang kita cintai ini.

Mazmur 119:73, “Tangan-Mu telah menjadikan aku dan membentuk aku, berilah aku pengertian, supaya aku dapat belajar perintah-perintah-Mu”. Teks Alkitab ini mengingatkan kita bahwa sumber hikmat kita adalah Tuhan. Tuhanlah yang memberikan akal budi untuk kita pakai dan kembangkan sehingga kita dapat menjadi berkat melalui pikiran, perkataan, dan perbuatan kita kepada sesama ciptaan Tuhan.

Pengembangan Kurikulum 2013 adalah upaya yang dilakukan melalui salah satu elemen pendidikan, yaitu kurikulum untuk memperbaiki kualitas hidup dan kondisi sosial bangsa Indonesia secara lebih luas. Jadi, pengembangan kurikulum 2013 tidak hanya berkaitan dengan persoalan kualitas pendidikan saja, melainkan kualitas kehidupan bangsa Indonesia secara umum agar tahapan pembelajaran memungkinkan peserta didik berkembang dari proses menyerap pengetahuan dan mengembangkan keterampilan hingga memekarkan sikap serta nilai-nilai luhur kemanusiaan.

Di bidang Pendidikan Agama Kristen (PAK), perubahan ini sejalan dengan arah perubahan PAK yang bersifat dogmatis indoktrinatif menjadi PAK yang membebaskan peserta didik untuk mengembangkan kreativitas berpikir, kemerdekaan dalam bersikap dan bertindak sesuai dengan isi ajaran iman kristiani. Kompetensi Dasar Kurikulum Pendidikan Agama Kristen bersifat koheren dan linier pada keseluruhan Kompetensi Dasar dari Kompetensi Inti Sikap Spiritual (KI-1), Sikap Sosial (KI-2), Pengetahuan (KI-3) dan Keterampilan (KI-4) sehingga membentuk peserta didik secara holistik sebagai manusia utuh yang tidak terpilah-pilah dalam tiap ranah (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) terutama pada penghayatan nilai-nilai iman Kristen dan pembentukan karakter kristiani dalam memperteguh iman kepada Tuhan Allah, mempunyai kedamaian batin, memiliki budi pekerti luhur, menghormati serta menghargai semua manusia dengan segala persamaan dan perbedaannya.

Buku Pendidikan Agama Kristen di SD adalah tentang mengenal Allah melalui dirinya, keluarga, teman serta lingkungan hidup, kemudian mewujudkan pengenalan akan Allah dalam iman dan perbuatan dalam segala aspek kehidupan sebagai ibadah yang sejati. Lingkup materi pada Tingkatan II merupakan wahana pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik untuk mengenal kehadiran Allah melalui ciptaan-Nya. Kehadiran Allah ini juga tampak melalui kepelbagaian budaya, agama, suku, dan bangsa. Kehadiran Allah ini patut disyukuri karena manusia, sebagai salah satu ciptaan Allah, penuh dengan keterbatasan.

Untuk itu, sebagai ucapan syukur atas kehadiran Allah, maka peserta didik diajak untuk hidup saling mengasihi dan saling menghargai antarsesama manusia dan seluruh ciptaan lainnya. Ucapan syukur atas kehadiran dan kebaikan Allah ini terwujud melalui pembentukan karakter yang baik.Karakter mengasihi, toleran, menolong, tanggung jawab, jujur, dan disiplin merupakan fokus utama yang akan diajarkan kepada peserta didik melalui pelajaran-pelajaran di kelas 4 ini.

Buku ini merupakan edisi revisi sebagai penyempurnaan dari edisi pertama. Buku ini sangat terbuka untuk terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Oleh karena itu, kami mengundang para pembaca memberikan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).

Editor

Erlina - Prof. Erlina, S.E. M.Si., Ph.D., Ak. C.A.

Lahir di Medan, 23 Mei 1966. Menyelesaikan pendidikan S-1 di Program Studi (Prodi) Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Sumatera Utara (FE-USU) tahun 1989, pendidikan S-2 Prodi Akuntansi di Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 1993, dan memperoleh gelar Ph.D
bidang Akuntansi dari University Sains Malaysia pada tahun 2006.

Memiliki pengalaman pekerjaan sebagai staf auditor di kantor akuntan publik (KAP) Murni Anwar dan kantor konsultan pajak Multi Konsul tahun 1990 hingga tahun 1992. Mulai bekerja sebagai staf pengajar di jurusan Akuntansi FE-USU sejak tahun 1995 hingga saat ini. Selain itu, penulis juga merupakan staf pengajar di Program Magister dan Doktor Ilmu Akuntansi dan Perencanaan Wilayah, USU. Mulai tahun 2006 sampai saat ini, penulis telah menjadi narasumber dalam bidang Accounting, Budgeting, dan Revenue di berbagai pelatihan yang diselenggarakan oleh LGSP USAID di beberapa instansi Pemerintah Daerah (Pemda) Sumatra Utara (Sumut), Nanggroe Aceh Darusalam, dan Jawa Tengah. Penulis juga menjadi konsultan pemda untuk membantu penyusunan laporan keuangan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), serta laporan konsolidasian, juga menjadi konsultan dalam penyusunan Sistem dan Prosedur Pengelolaan Keuangan Daerah dan beberapa kebijakan akuntansi. Penulis juga aktif dalam melakukan pendampingan di pemda dalam rangka implementasi pengelolaan keuangan daerah, khususnya penyusunan laporan keuangan berbasis akrual.

Daftar Isi

Sampul
Kata Pengantar
Daftar Isi
Allah Mahahadir dalam hidupmu
     Pelajaran 1:
Sungguh Allah Mahahadir
     Pelajaran 2:
Allah Hadir dalam Hidup Manusia
     Pelajaran 3:
Allah Penolongku yang Setia
     Pelajaran 4:
Amos Manusia Biasayang Dipilih Tuhan
     Pelajaran 5:
Allah Sumber Kekuatanku
     Pelajaran 6:
Mengapa Bergantung kepada Allah?
     Pelajaran 7:
Yesus Sanggup Menyembuhkan
     Pelajaran 8:
Hidup Bersyukur
     Pelajaran 9:
Tuhan, Selamatkanlah Kami!
     Pelajaran 10:
Hidup Berserah
Lampiran
Daftar Pustaka
Profil Penulis
Profil Editor