Tampilkan di aplikasi

Mazda CX-3, ancaman serius

Majalah Car & Tuning Guide - Edisi 545
3 Agustus 2016

Majalah Car & Tuning Guide - Edisi 545

Tampilan memikat serta teknologi yang diusung mampu memanjakan pemula yang ingin memiliki mobil berparas sporty. / Foto : Tribowo Laksono

Car & Tuning Guide
Sebenarnya sudah lebih dari setahun rumor tentang Mazda CX-3 akan hadir di Indonesia. Tapi PT Mazda Motor Indonesia (MMI) tak kunjung menerbitkan kendati fanatis SUV – dan penyuka Mazda cukup antusias membicarakannya. Namun titik terang muncul seiring undangan PT MMI dalam event “Mazda SKYACTIV ASEAN Caravan” (26-29/6). Di perhelatan ini kami merasakan pengendaraan Mazda CX-3 dengan rute yang tak tanggungtanggung, melintas di perjalanan jarak jauh di tiga negara: Thailand, Laos hingga Vietnam.

Jika Anda sudah terbiasa dengan paras lini produk Mazda kontemporer, menyaksikan CX-3 bisa jadi tak merasa terlalu impresif. Tampangnya mirip 2 si hatchback, pun dengan bodi samping hingga belakang yang relatif serupa. Tak heran karena memang CX-3 sejatinya berbagi platform dengan Mazda2 Hatchback. Bedanya ada pada keberadaan overfender, sideskirt, dan velg yang didesain dengan citarasa macho khas SUV. Begitu juga dengan desain fascia, garis bahu, serta kaca di pilar C dan D yang memberi impresi SUV. Sedangkan ground clearance diset lebih tinggi dari 2 demi fl eksibilitas melaju di medan lebih beragam.

Mirip di luar, mirip pula di dalam. Dasbor, kemudi, door trim, hingga jok bisa dibilang sama dengan 2. Untuk bagian yang satu ini bisa menjadi sebuah kabar baik karena kami suka dengan desain dan kualitas material yang digunakan Mazda. Fancy, namun tetap mewah. Masalah muncul ketika membicarakan akomodasi. Seperti Mazda2 Hatchback, legroom dan headroom CX-3 relatif terbatas. Ini akan menyulitkan CX-3 jika nanti beradu langsung dengan Honda HR-V. Karena SUV Honda itu lebih lapang dan pada akhirnya lebih nyaman untuk perjalanan jauh.
Majalah Car & Tuning Guide di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI