Tampilkan di aplikasi

Keindahan negeri yang dingin Norwegia

Majalah Fazilet Kids - Edisi 12
1 Mei 2024

Majalah Fazilet Kids - Edisi 12

Norwegia

Fazilet Kids
Hai, Teman-Teman! Bagaimana kabar kalian? Sekarang, aku sedang menyapa kalian dari salah satu negeri di Skandinavia, yaitu Norwegia. Di negara yang dekat dengan Kutub Utara ini, sebagian besar tahun hampir selalu gelap. Adapun musim panas hampir selalu cerah. Itulah mengapa musim panas di sini disebut “Malam Putih”. Negara ini sangat kaya akan keindahan alamnya.

Dengan lebih dari 450 danau, lebih dari 1000 fyord (teluk ngarai), sungai-sungai yang belum tersentuh, dan pegunungan yang indah, Norwegia pasti akan membuatmu terpesona. Jika kamu sudah siap untuk melihat pemandangan indah ini, mari kita mulai perjalanan di Norwegia!

Pohon di Atap Rumah
Saat mendekati Norwegia, aku mencoba mengumpulkan informasi tentang negara ini. Norwegia terletak di bagian barat Semenanjung Skandinavia serta berbatasan dengan Finlandia, Swedia, dan Rusia. Ibu kota sekaligus kota terbesarnya adalah Oslo. Secara umum, Norwegia adalah negara yang dingin karena dekat dengan Kutub Utara. Segala sesuatu yang ada di sini selaras dengan alam. Bahkan, atap rumah-rumah Norwegia yang terbuat dari kayu itu biasanya ditutupi dengan tanah sebagai perekat. Sebagian rumah bahkan memiliki pohon dan tanaman yang tumbuh di atapnya!

Negara Seribu Fyord
Norwegia dikenal sebagai Negara Seribu Fyord. Fyord adalah bagian dari laut yang terletak di antara lembah sempit yang membentang sejauh beberapa kilometer. Aku pun terbang ke dua fyord terkenal di negara ini, yaitu Naeroyfjord dan Geirangerfjord. Kedua fyord ini termasuk fyord terpenting di dunia karena terdaftar dalam Situs Warisan Dunia. Bahkan, keduanya juga merupakan fyord terpanjang dan terdalam di dunia. Melihat pemandangan dari atas fyord sungguh menakjubkan. Karena begitu sempitnya tempat tersebut, laut terlihat melewati celah yang menyempit di antara dua gunung.
Majalah Fazilet Kids di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI