Tampilkan di aplikasi

Buku Garudhawaca hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Sekilas Tentang Bahasa Indonesia

Edisi revisi

1 Pembaca
Rp 73.000 38%
Rp 45.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 135.000 13%
Rp 39.000 /orang
Rp 117.000

5 Pembaca
Rp 225.000 20%
Rp 36.000 /orang
Rp 180.000

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Sekilas Tentang Bahasa Indonesia : Catatan mengenai kebijakan bahasa, kaidah ejaan, pembelajaran sastra, penerjemahan dan BIPA (edisi revisi). Secara ringkas buku ini membahas mengenai kebijakan dan perencanaan bahasa, politik bahasa Indonesia. Di dalamnya juga membahas mengenai pedoman kaidah, tata tulis ilmiah dalam berbagai selingkung. Selain itu, juga turut disinggung mengenai pembelajaran sastra (fiksi, puisi, dan drama) serta dibumbui dengan pedoman penerjeman, baik ideologi, teknik-metode, sampai evaluasi terjemahan. Terakhir, dibahas pula mengenai BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing).

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Andri Wicaksono / Fahrurrozi

Penerbit: Garudhawaca
ISBN: 9786026581044
Terbit: Februari 2017 , 299 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Sekilas Tentang Bahasa Indonesia : Catatan mengenai kebijakan bahasa, kaidah ejaan, pembelajaran sastra, penerjemahan dan BIPA (edisi revisi). Secara ringkas buku ini membahas mengenai kebijakan dan perencanaan bahasa, politik bahasa Indonesia. Di dalamnya juga membahas mengenai pedoman kaidah, tata tulis ilmiah dalam berbagai selingkung. Selain itu, juga turut disinggung mengenai pembelajaran sastra (fiksi, puisi, dan drama) serta dibumbui dengan pedoman penerjeman, baik ideologi, teknik-metode, sampai evaluasi terjemahan. Terakhir, dibahas pula mengenai BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing).

Pendahuluan / Prolog

Catatan Penulis
Atas karunia, hidayah, dan pertolongan-Nya sehingga buku Sekilas Tentang Bahasa Indonesia: Catatan Mengenai Kebijakan Bahasa, Kaidah Ejaan, Sastra dan Pembelajaran, Penerjemahan, dan BIPA bisa berada di tangan Saudara pembaca yang budiman. Dalam penyelesaian buku ini, kami selaku penulis banyak mendapat bantuan, bimbingan, dan pengarahan dari berbagai pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

Buku ini merupakan gambaran umum yang diramu dari berbagai sumber yang semoga tidak menyalahi tata tulis ilmiah ataupun pelanggaran hak cipta. Kalau pun ada kekhilafan, kami selaku penulis memohon maaf yang sedalam-dalamnya bagi yang bersangkutan.

Secara ringkas buku ini membahas mengenai kebijakan dan perencanaan bahasa, politik bahasa Indonesia. Di dalamnya juga membahas mengenai pedoman kaidah, tata tulis ilmiah dalam berbagai selingkung. Selain itu, juga turut disinggung mengenai pembelajaran sastra (fiksi, puisi, dan drama) serta dibumbui dengan pedoman penerjeman, baik ideologi, teknik-metode, sampai evaluasi terjemahan. Terakhir, dibahas pula mengenai BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing).

Semoga dengan kehadiran buku ini turut serta mempunyai andil dalam pembelajaran bahasa, terkhusus Bahasa Indonesia serta dapat memperkaya khasanah perbukuan terkait dengan teori kebahasaan, meskipun tidak akan sebaik dari buku-buku yang telah terbit sebelumnya, setidaknya dapat terjangkau di hadapan para pembaca sekalian.

Akhirnya, kami selaku penulis hanya dapat berdoa semoga Tuhan Yang Maha Esa melimpahkan berkat dan rahmat-Nya dan semoga buku sederhana ini bermanfaat bagi pembaca.


Bandarlampung, April 2016 Penulis,
Dr. Fahrurrozi, M.Pd.
Andri Wicaksono, M.Pd.


Penulis

Andri Wicaksono - Andri Wicaksono, M.Pd., lahir di Metro, 14 Oktober 1983. Putra kedua dari pasangan guru ndeso, Sugito Setiawan – Supadmi. Pendidikan dasar dan menengah ditamatkan di kota kelahirannya, SDN 1 Margodadi, SMP Kartikatama, dan SMAN 2 Metro, lulus 2001. Pada tahun yang sama melangsungkan studi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta, lulus 2007. Pada tahun 2010 lanjut S2 pada program studi yang sama di Universitas Sebelas Maret Surakarta (PPs-UNS). Sekarang sedang menempuh studi S3 Pendidikan Bahasa di Universitas Negeri Jakarta (PPs-UNJ).

Antologi pribadi yang telah dibukukan, Puisi Cinta Tanpa Tanda Baca (Garudhawaca, 2012). Selain itu, buku yang diterbitkan: Menulis Kreatif Sastra: dan Beberapa Model Pembelajarannya (Garudhawaca, 2014), Catatan Singkat: Stilistika (Garudhawaca, 2014). Bersama Ahmad Subhan Roza menjadi editor buku Teori Pembelajaran Bahasa (Garudhawaca, 2015), dan bersama Dr. Fahrurrozi, M.Pd., menyusun buku Sekilas tentang Bahasa Indonesia (Garudhawaca, 2016) Untuk buku Pengkajian Prosa Fiksi, pada tahun 2015 memperoleh insentif penulisan buku teks dari Kemristek-Dikti.

Kini menjadi tenaga pengajar tetap di STKIP PGRI Bandarlampung sembari ngamen di STAIN Jurai Siwo Metro, Tutor Tutorial Online (Tuton) di UT Pusat, dan Tutor Tatap Muka (TTM) di UPBJJ-UT Lampung.


Fahrurrozi - Dr. Fahrurrozi, M.Pd., lahir di Palembang, 22 Juli 1975. Anak ketiga dari Bapak M. Djais (Alm) dan Omdar (Alm), menyelesaikan Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) STKIP- PGRI Palembang, 1998. Tahun 1999 melanjutkan studi di Magister Pendidikan Bahasa (S2) Universitas Negeri Padang, lulus tahun 2002. Tahun 2005 menyelesaikan Doktor Pendidikan Bahasa (S3), Universitas Negeri Jakarta.

Pada tahun 2006 diangkat menjadi Dosen PNS pada Universitas Negeri Jakarta dan ditempatkan pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dengan rumpun keahlian Pembelajaran bahasa dan Sastra Indonesia. Berbagai kegiatan telah dilakukan di antaranya: Dosen Tetap PGSD FIP UNJ (2006 s.d. Sekarang), Dosen Program Pascasarjana UNJ (2009 s.d Sekarang), Dosen Program Pascasarjana STKIP PGRI Bandar Lampung (2009 s.d Sekarang),Asesor BAN PT (2011 s.d. Sekarang), Nara Sumber Kurikulum 2013 (2013). Pada saat ini menjabat ketua Program Studi PGSD FIP UNJ periode 2015-2019. Karya Ilmiah buku yang telah dihasilkan adalah (1) Kajian Struktur Bahasa Indonesia (2014) dan (2) Bahasa Sebagai Sarana Komunikasi Ilmiah (2014).

Daftar Isi

Verso
Catatan Penulis
Daftar Isi
Bab I. Bahasa Indonesia Sebagai Identitas Negara
Bab II. Kebijakan dan Perencanaan Bahasa
Bab III. Peran Bahasa Indonesia dalam IPTEK dan IMTAQ
Bab IV. Bahasa Indonesia Baku (Kriteria Baik dan Benar)
Bab V. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI)
Bab VI. Kalimat Efektif
Bab VII. Paragraf
Bab VIII. Pedoman Penyusunan Karya Ilmiah
Bab IX. Apresiasi Fiksi dan Pembelajaran
Bab X. Pembelajaran Apresiasi Puisi
Bab XI. Apresiasi Drama: Struktur dan Pembelajaran
Bab XII. Penerjemahan (Konsep Dasar)
Bab XIII. Penerjemahan dan Pengajaran Bahasa
Bab XIV. Penilaian dalam Penerjemahan
Bab XV. Program BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing)
Bab XVI. Kurikulum Pembelajaran BIPA Berbasis Budaya
Daftar Pustaka
Tentang Penulis