Tampilkan di aplikasi

Film negeri ginseng di tanah air

Majalah Hai - Edisi 34/2016
29 Agustus 2016

Majalah Hai - Edisi 34/2016

Korea Selatan bukan cuma soal drama dan girl/ boyband aja. Ternyata, film-filmnya juga oke dan mulai digandrungi remaja, lho. / Foto : Feat Pictures

Hai
Perkembangan film Korea yang udah marak diminati anak muda Indonesia emang nggak bisa diabaikan, guys. Yap, wabah Korean wave, mulai dari girl/boy band–nya sampai drama dan filmnya emang banyak digandrungi remaja zaman sekarang. Secara lebih spesifik, wabah ini pun bisa kita pelajari dari perjalanan munculnya film Korea yang udah dikenal baik sejak tahun 1998 di negara asalnya dan di Indonesia sampai sekarang ini. Apalagi, sebentar lagi Tanah Air bakalan kedatangan film Korea berjudul Train to Busan, sebuah film yang kabarnya mengantongi 10 juta penonton dan udah bersaing dengan perfilman Hollywood.

Hmm, kece! Dari Serial Populernya film Korea berawal dari tayangan drama Korea di stasiun televisi Indonesia setelah drama dari Taiwan dan Jepang udah lumayan jarang diputar. Nggak cuma satu dua, beberapa stasiun langsung mulai gencar menayangkan drama dari Korea Selatan itu. Oleh karena itu, sineas dari negeri ginseng mulai menyadari kalo daya jual drama Korea di Indonesia itu tinggi. Semenjak itu, demam drama Korea muncul, sob. Maka itu, dengan dobrakan dari drama Korea, film Korea jadinya juga berkembang. Sejak tahun 2002, film-film Korea udah mulai masuk dalam pangsa pasar Indonesia.

Meskipun awalnya film Jepang, Taiwan, dan Hongkong yang lebih menguasai Indonesia serta Asia, tapi film-film Korea pada tahun tersebut udah mulai banyak yang disewa di Indonesia, terlepas apakah film itu asli atau palsu. Pasalnya, kita bisa temuin film Korea, seperti My Wife is a Gangster, My Sassy Girl, dan Hi, Dharma di tahun 2001 dan 2002 di toko-toko kaset dan VCD. Plot Twist Oke Selain itu, film produksi Korea Selatan emang dikenal karena alur ceritanya yang kuat dan genre yang bervariasi sehingga menarik untuk ditonton. Film Korea juga dapet lisensi penjualan melalui distributor resminya. Makanya, nggak heran kalo dalam tiga empat tahun terakhir, beberapa film Korea telah masuk level internasional dan bisa disejajarkan dengan Hollywood.
Majalah Hai di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI