Tampilkan di aplikasi

Vaksinasi syarat utama kesuksesan gelaran Mandalika WSBK 2021

Majalah Halo Indonesia - Edisi 118
17 November 2021

Majalah Halo Indonesia - Edisi 118

Bagi para pecinta otomotif di Indonesia, sebentar lagi akan disuguhkan ajang balapan motor kelas dunia World Superbike 2021 (WSBK). WSBK akan digelar untuk pertama kalinya di Sirkuit Mandalika, Indonesia. Jika Anda ingin menikmati secara langsung ajang balapan “kuda besi” ini, vaksinasi lengkap menjadi syarat utama.

Halo Indonesia
Kejuaraan Dunia Superbike atau WSBK merupakan kejuaraan utama balap motor superbike di dunia. Kejuaraan ini dimulai pada tahun 1988. Satu musim SBK terdiri dari rangkaian ronde yang diadakan di fasilitas balap permanen, setiap ronde terdiri dari dua kali balapan. Sepeda motor yang dipakai pada kejuaraan ini merupakan sepeda motor pabrikan yang tersedia di pasaran, yang dimodifikasi. Berbeda dengan MotoGP, yang menggunakan sepeda motor yang dibuat khusus (prototype) untuk para awam balap motor.

Eropa merupakan lokasi dan pasar utama kejuaran SBK. Namun beberapa ronde juga diadakan di Jepang, Australia, Qatar dan Australia. Pada tahun 2008, kejuaraan ini akan diadakan di Amerika Serikat untuk pertama kalinya sejak tahun 2004. Satu ronde kejuaraan ini juga pernah direncanakan untuk diadakan di Indonesia, tetapi kemudian dibatalkan oleh Fédération Internationale de Motocyclisme.

Kejuaraan ini di bawah regulasi FIM, yang merupakan badan internasional balap motor dan dikelola oleh FGSport. Pada tahun 2007 dan 2008 FGSport menjadi bagian dari Infront Group sehingga namanya berubah menjadi Infront Motor Sports. Pada kejuaraan tahun 2013 diambil alih oleh Dorna.

Siap Jadi Tuan Rumah. Sirkuit Mandalika atau Sirkuit Internasional Mandalika merupakan sirkuit balap yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (KEK Mandalika) di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Sirkuit ini masih terus dikebut dalam tahap pembangunannya guna mempersiapkan perlombaan internasional.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan Indonesia sudah siap jadi tuan rumah kejuaraan balap motor internasional World Superbike (WSBK) di Mandalika, Nusa Tenggara Barat, tetapi pelaksanaan seperti jumlah penonton akan disesuaikan dengan situasi terkini. World Superbike akan dilangsungkan pada 19 November 2021 dan melibatkan 24 pembalap mancanegara.
Majalah Halo Indonesia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI