Tampilkan di aplikasi

Majalah Infokomputer - Edisi 4/2016
Infokomputer
Sebagai pengguna smartphone, Anda mungkin bertanya-tanya dalam hati. Teknologi 4G atau LTE saja belum banyak yang memanfaatkannya. Mengapa harus menengok ke 5G? Kalau sekadar untuk menggunakan WhatsApp, Facebook, Line, berkirim foto, atau memutar video, sebenarnya teknologi 3G sudah cukup memadai. Kalau pun pemutaran video ingin lebih mulus dapatlah menggunakan 4G atau LTE. Mengapa harus bergegas ke 5G?

Fitur Unggulan 5G Fitur 5G bukanlah sekadar kenaikan bandwidth yang jauh lebih tinggi daripada 4G untuk komunikasi suara dan data pada smartphone dan komputer tablet. Kecepatan 5G memang bisa seratus kali dari 4G untuk menjalankan video, tapi bukan itu saja andalan 5G. Ternyata banyak fitur 5G yang dibutuhkan dan dinantikan, tidak hanya oleh pengguna personal tetapi terutama juga oleh enterprise. Beberapa fitur 5G antara lain berkaitan dengan penghematan baterai sampai tahunan untuk peranti IoT, waktu respons yang sangat singkat (low latency), dan koneksi untuk lebih banyak peranti.

Dari sisi kecepatan, 5G memang jauh di atas LTE. Kecepatan yang diperoleh dari berbagai vendor untuk saat ini bervariasi. Demo yang ditunjukkan oleh Nokia dan SK Telecom (operator seluler Korea Selatan) di Mobile World Congress 2016 mencapai bandwidth 20 Gbps (bit per second). Sementara 5G dari Ericsson mencapai 26 Gbps. Sementara itu, T-Mobile mendemonstrasikan hasil pengembangan jaringan 5G yang dilakukannya di lab Jerman, menggunakan base station Huawei, dan mampu meraih kecepatan sebesar 70 Gbps.

Kecepatan hasil uji coba network tersebut bervariasi karena perbedaan penggunaan spektrumnya, yang satu lebih banyak daripada yang lain. Memang belum ada kesepakatan mengenai kecepatan 5G. European Commission’s 5G Public-Private Partnership menargetkan standar 5G dengan kecepatan seratus kali lebih cepat daripada 4G.
Majalah Infokomputer di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI