Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Isu Terkini Riset Akuntansi dan Peluang Riset Masa Depan

1 Pembaca
Rp 102.000 36%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Akuntansi manajemen dewasa ini mendefinisi sebagai proses penyedia informasi perihal finansial maupun nonfinansial. Menurut Harrison (2011, hlm. 3) akuntansi adalah “bahasa bisnis dan sistem informasi yang mengukur aktivitas, memproses data menjadi laporan serta mengkomunikasikan hasilnya bagi pengambilan keputusan yang akan membuat keputusan yang dapat mempengaruhi aktivitas bisnis”.

Adapun definisi manajemen menurut Stoner (1982, hlm, 8) menjelaskan, manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usahausaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Akuntansi manajemen merupakan antar-disiplin ilmu yang saling berkaitan satu sama lain. Mengatur serta mengukur maupun merencanakan suatu wacana yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Ana Fitriyatul Bilgies / Rafika Sari / Atia Kirana W / Novi Chandra Saputra / Arthur Simanjuntak / Rezario Febrianta Chandra / Harjoni / Muhammad Isa Alamsyahbana / Ika Kurnia Indriani / Atik Isniawati / Evayani / Bornok Situmorang / Putri Dwi Novrina / Raja Yulianita Sarazwati
Editor: Yerisma Welly

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233629737
Terbit: Januari 2023 , 259 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Akuntansi manajemen dewasa ini mendefinisi sebagai proses penyedia informasi perihal finansial maupun nonfinansial. Menurut Harrison (2011, hlm. 3) akuntansi adalah “bahasa bisnis dan sistem informasi yang mengukur aktivitas, memproses data menjadi laporan serta mengkomunikasikan hasilnya bagi pengambilan keputusan yang akan membuat keputusan yang dapat mempengaruhi aktivitas bisnis”.

Adapun definisi manajemen menurut Stoner (1982, hlm, 8) menjelaskan, manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usahausaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Akuntansi manajemen merupakan antar-disiplin ilmu yang saling berkaitan satu sama lain. Mengatur serta mengukur maupun merencanakan suatu wacana yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya sehingga buku Isu Terkini Riset Akuntansi dan Peluang Riset Masa Depan dapat dipublikasikan dan dapat sampai di hadapan pembaca. Buku ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Isu Terkini Riset Akuntansi dan Peluang Riset Masa Depan.

Sistematika buku Isu Terkini Riset Akuntansi dan Peluang Riset Masa Depan ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan penerapan. Buku ini terdiri atas 14 bab yang dibahas secara rinci, yaitu: Riset Akuntansi Manajemen, Riset Akuntansi Keuangan, Riset Akuntansi Biaya, Riset Akuntansi Penganggaran, Riset Akuntansi Keperilakuan, Riset Sistem Informasi Akuntansi, Riset Akuntansi Syariah, Riset Akuntansi Perbankan, Riset Akuntansi Sektor Publik, Riset Akuntansi Sosial, Riset Akuntansi UMKM, Riset Perpajakan, Riset Akuntansi Pemeriksaan, dan Topik Terkini Riset Akuntansi Forensik.

Kami menyadari bahwa tulisan ini jauh dari kesempurnaan dan masih terdapat banyak kekurangan, sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Yang Kuasa. Oleh sebab itu, kami tentu menerima masukan dan saran dari pembaca demi penyempurnaan lebih lanjut.

Akhir kata kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah mendukung dalam proses penyusunan dan penerbitan buku ini, secara khusus kepada Penerbit Media Sains Indonesia.

Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Bandung, Desember 2022
Editor

Penulis

Ana Fitriyatul Bilgies - Penulis lahir di Lamongan tanggal 23 Mei 1988. Penulis adalah dosen tetap pada program studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan. Menyelesaikan Pendidikan S1 pada jurusan manajemen pada tahun 2011 dan S2 pada tahun 2014 Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jatim.. Dan saat ini sedang lanjut studi S3 Doktoral Manajemen di Universitas di Surabaya. Kegiatan penulis selain menulis buku buku ajar, penulis juga mengajar ekonomi dan aktif melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di berbagai daerah. Beberapa buku yang telah ditulis adalah Pengantar Manajemen Keuangan, Kewirausahaan, Bank dan Lembaga Keuangan, dan buku buku book chapter diantaranya : Sumber Daya Manusia, Anggaran Perusahaan, Akuntansi, Ilmu Ekonomi, Akuntansi Manajemen, Etika Pengembangan Kepribadian. Pada tahun 2018 berhasil lulus penelitian dosen pemula yang dibiayai oleh Kemenristekdikti sebagai ketua peneliti. Bagi penulis, kegiatan menulis adalah hobi untuk meluangkan waktu, tenaga dan pikiran tempat meningkatkan kreatifitas dan menjadikan hidup lebih produktif.
Rafika Sari - Lahir dikota Palembang 16 maret 1989, pendidikan sekolah dasar sampai di sekolah menengah atas diselesaikan dikota Palembang. Pendidikan S1 diperoleh dari jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang (2013). Pendidikan S2 diselesaikan pada jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya(2018).Penulis berstatus sebagai Dosen tetap Universitas Indo Global Mandiri dengan pengalaman mengajar statistika terapan, Akuntansi Keuangan Daerah, Akuntansi perbankan Managemen Biaya. Penulis juga aktif dalam berbagai kegiatan dikampus maupun diluar kampus UIGM .
Atia Kirana W - Ketertarikan penulis terhadap ilmu Akuntansi dimulai pada tahun 2001 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Sekolah Menengah Atas di SMA Negeri 5 Makassar dengan memilih Jurusan IPS dan berhasil lulus pada tahun 2004. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dan berhasil menyelesaikan studi S-1 di prodi Akuntansi Universitas Hasanuddin Makassar pada tahun 2009, selanjutnya penulis mengambil Profesi Akuntan di Universitas Hasanauddin Makassar. Setelah itu, pada tahun berikutnya, diterima bekerja di perusahaan swasta sebagai staff accounting dan bekerja selama 2 tahun. Satu tahun kemudian, menyelesaikan studi S-2 di prodi Akuntansi Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia. Penulis memiliki beberapa penelitian, dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti di bidang kepakarannya tersebut. Beberapa Penelitian yang telah dilakukan didanai oleh Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Novi Chandra Saputra - Ketertarikan penulis terhadap ilmu akuntansi dimulai pada tahun 2006, ketika penulis memilih masuk ke Akademi Akuntansi Pembangunan (AAP) Tanjungpinang Program Diploma 3 jurusan akuntansi. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 dan berhasil menyelesaikan studi S1 di prodi Akuntansi STIE Pembangunan Tanjungpinang. Kemudian penulis melanjutkan ke Program Pasca Sarjana Jurusan Akuntansi Universitas Batam Provinsi Kepulauan Riau.

Penulis terlahir dari keluarga sederhana, merupakan anak kelima dari lima bersaudara. Anak dari Bapak Sambudi (Alm.) dan Ibu Sutiati (Almh.) ini memang memiliki minat dalam dunia pendidikan. Saat ini penulis merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Inspektorat Daerah Provinsi Kepulauan Riau. Suami dari Alfiyah Nurul Hudha ini, selain sebagai ASN, juga aktif sebagai Dosen di STIE Pembangunan Tanjungpinang. Penulis memiliki 3 orang buah hati (Dzaka Aly Hadi Fayyadh, Adzkia Chairunnisa dan Hanif Arsyad Al Ammar) yang selalu menjadi penyemangat dalam meraih prestasi semaksimal mungkin. Selain memiliki kepakaran dibidang akuntansi, penulis juga aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya serta aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara. Sumbangsih ilmu pengetahuan bagi generasi dimasa depan merupakan penyemangat penulis untuk selalu konsisten memberi arti bagi negeri tercinta.
Arthur Simanjuntak - Penulis lahir di Medan 25 September 1988. Penulis menyelesaikan Studi S1 - Sarjana Ekonomi (S.E.) di Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas HKBP Nommensen pada tahun 2011. Penulis menyelesaikan studi S2 Program Magister (M.Si.) di Program Studi Magister Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara pada tahun 2014 dan menyelesaikan S3 Program Doktor (Dr.) di Program Studi Doktor Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara Tahun 2021. Penulis memiliki kepakaran dibidang Akuntansi Manajemen khususnya di Pemerintahan. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku berjudul: Teori Akuntansi, Praktikum Akuntansi Keuangan Menengah, Praktikum Pengantar Akuntansi, Green Accounting, Manajemen Keuangan dan Akuntansi Manajemen dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan Negara yang tercinta ini. Penulis juga pernah menjadi Jury Accounting Education Competition 2021 di Universiti Teknologi Mara Cawangan Negeri Sembilan Malaysia dan juga penulis sebagai Asesor Beban Kerja Dosen pada tahun 2021.
Rezario Febrianta Chandra - Ketertarikan penulis terhadap ilmu akuntansi dimulai pada tahun 1997 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Sekolah Menengah Kejuruan di SMK 1 Negeri Tanjungpinang dan berhasil lulus pada tahun 2000. Penulis kemudian baru melanjutkan S1 di prodi AKUNTANSI UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI TANJUNGPINANG pada tahun 2007 dan berhasil menyelesaikan studi pada tahun 2011. Kemudian, penulis melanjutkan lagi S2 pada Tahun 2018 dan menyelesaikan studi S2 pada Tahun 2020 di prodi MAGISTER AKUNTANSI UNIVERSITAS BATAM.

Penulis berkarir di Pemerintahan dan menjadi dosen di Universitas Terbuka dan STIE Tanjungpinang, penulis ingin lebih menguasai ilmu dibidang Akuntansi, dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis mencoba aktif sebagai peneliti dibidang Akuntansi. Penulis juga mencoba aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara.

Anak kelima dari pasangan Bpk. Asmady Chan dan Ibu. Hartinah, menginginkan agar hidupnya selalu bermanfaat baik dikeluarga dan masyarakat lebih luasnya NKRI yang tercinta, sehingga menjadi orang yang beruntung dan selamat dunia akhirat adalah impiannya, dan beribadah adalah tujuan hidupnya.
Harjoni - Penulis berasal dari Aceh, tepatnya Kutacane, Kabupaten Aceh Tenggara. Latar belakang pendidikan penulis dapat diuraikan secara singkat yaitu: S1 diselesaikan pada Jurusan Manajemen Dakwah IAIN Ar-Raniry, Banda Aceh pada tahun 2002. S2 diselesaikan di USU tepatnya pada Program Magister PWD pada tahun 2004, dan S3 diselesaikan di UIN Sunan Kalijaga Prodi Ekonomi Islam pada tahun 2018. Home base penulis saat ini berada di FEBI IAIN Lhokseumawe.

Penulis memiliki beberapa penghargaan dalam dunia tulis menulis terkait dengan kajian ekonomi, diantaranya sebagai juara harapan II pada lomba karya ilmiah stabilitas sistem keuangan pada tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, dan pernah mendapatkan iB Research Grant OJK pada tahun 2015. Disamping itu, penulis juga sering menjadi pembicara dalam konferensi nasional maupun internasional, diantaranya: The Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS ke 21) di Denpasar, Bali tanggal 1-4 November 2022. Penulis juga aktif dalam beberapa organisasi, diantaranya sebagai pengurus Mata Garuda LPDP yaitu sebagai ketua devisi riset dan inovasi 2020-2022, Anggota ICMI Kota Lhokseumawe, Anggota KAHMI Aceh, Anggota IAEI Aceh, Dewan Pakar MES Kota Lhokseumawe. Adapun Motto hidupnya: Yakin Usaha Sampai.
Muhammad Isa Alamsyahbana - Ketertarikan penulis terhadap riset akuntansi dimulai pada tahun 2011 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pembangunan Tanjungpinang dengan jurusan Akuntansi. Penulis memulai pendidikan DIII Akuntansi sejak tahun 2011 dan lulus pada tahun 2014 yang kemudian dilanjutkan dengan studi S1 Akuntansi di tempat yang sama yakni di STIE Pembangunan Tanjungpinang dan lulus pada tahun 2017. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan Pasca Sarjana dan berhasil menyelesaikan studi S2 Akuntansi pada Universitas Batam (UNIBA) pada tahun 2019. Penulis memiliki kepakaran dibidang Akuntansi Keuangan, meliputi topik seputar Akuntansi Perbankan, Pasar Modal, Komputer Akuntansi, Analisa Laporan Keuangan dan Akuntansi EMKM. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini. Atas dedikasi dan kerja keras dalam menulis buku.
Ika Kurnia Indriani - Penulis merupakan seorang dosen yang memiliki ketertarikan dalam akuntansi sektor publik. Hal ini didukung oleh pengalaman bekerja sebagai akuntan pada Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat tahun 2017 hingga 2019. Akuntansi pemerintah daerah menjadi keahlian profesional yang dilakukan hingga saat ini sebagai konsultan di pemerintah daerah. Didukung oleh latarbelakang pendidikan profesi akuntansi dan magister akuntansi dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Saat ini, penulis bekerja di Politeknik Negeri Pontianak, Jurusan Akuntansi, Program Studi Akuntansi Sektor Publik. Mengampu matakuliah pengantar akuntansi sektor publik, audit sektor publik, analisis laporan keuangan daerah, dan metodelogi penelitian.

Penulis memiliki fokus penelitian dalam bidang analisis kondisi keuangan dan kapasitas anggaran pemerintah daerah. Hal ini dilakukan dengan mempublikasi lima artikel ilmiah pada jurnal nasional terakreditasi. Penelitian yang telah dipublikasikan bertema analisis kondisi keuangan pemerintah daerah, penilaian kapasitas anggaran daerah, dan pengaruh kapasitas anggaran daerah dalam menanggulangi pandemi covid 19. Salah satu penelitian pernah memperoleh penghargaan. Penulis pernah memperoleh penghargaan Best Paper pada Simposium Nasional Akuntansi Vokasi kesepuluh pada tahun 2021.
Atik Isniawati - Lahir di Yogyakarta pada tanggal 22 April 1974. Akuntansi keuangan adalah bidang yang telah dtekuni oleh penulis lebih dari 20 tahun. Hal tersebut terlihat dari riwayat pendidikan yang linier mulai dari strata 1 sampe dengan strata 3 (doctoral). Penulis menyelesaikan S1 pada jurusan akuntansi Universitas Gadjah Mada (UGM), S2 pada program magister akuntansi Universitas Trisakti (USAKTI), dan S3 pada program doktor ilmu ekonomi (akuntansi) Universitas Sebelas Maret (UNS). Penulis merupakan dosen tetap Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Darma Persada Jakarta yang aktif melakukan penelitian dan publikasi diberbagai jurnal international dan jurnal nasional bereputasi.

Penulis memiliki kepakaran dibidang akuntansi keuangan khususnya perbankan dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Beberapa tahun terakhir tertarik pada topik-topik akuntansi sosial dan lingkungan terutama terkait isu-isu keberlanjutan (sustainability). Penulis aktif menulis dibidang kepakaran tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan berhasil mendapatkan pendanaan dari Kemenristek DIKTI dan beberapa penelitian didanai oleh internal perguruan tinggi.
Evayani - Penulis menyelesaikan pendidikan S1 dan S2 di Universitas Syiah Kuala, Pasca Tsunami melanda Aceh, penulis banyak mendapatkan Capacity Building dalam bidang Entrepreneurship, yang membawanya kemudian memiliki tugas tambahan selain sebagai dosen juga menjadi trainer.

Tugasnya menjadi dosen pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi mengampu mata kuliah Sistem Informasi Akuntansi, Teknologi Informasi untuk Akuntansi dan Bisnis, Bisnis Digital, serta mata kuliah Akuntansi EMKM. Penelitian yang telah dilakukan selama ini juga terkait dengan tema kewirausahaan dan sistem informasi akuntansi untuk UMKM dan sektor lainnya dengan memanfaatkan tehnologi yang biasanya didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI serta NGO Internasional. Disisi lain, sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, penulis aktif menjadi trainer untuk sektor UMKM khususnya dalam bidang akuntansi dan keuangan. Saat ini penulis sedang menempuh Studi Doktoral pada Program Doktor Ilmu Manajemen di FEB, Universitas Syiah Kuala, dengan topik desertasi akuntansi berbasis teknologi untuk UMKM.

Sebagai bagian dari kontribusi atas pengalaman yang telah diperoleh, penulis bersama teman sejawat menulis buku terkait dengan aplikasi komputer, dan juga Book Chapter dengan tema “Isu Terkini Riset Akuntansi & Peluang Riset Masa Depan”. Selanjutnya, melalui chapter ini diharapkan pembaca dapat memahami tentang Sistem Informasi Akuntansi yang terkait dengan E_Commerce.
Bornok Situmorang - Pria kelahiran Sibatuara, Desa Urat Timur, Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir, merupakan dosen tetap pada Program Studi S1 Akuntansi, Universitas Universal Batam. Beberapa pekerjaan yang digelutinya sebelum memutuskan menjadi dosen tetap adalah Staf Akuntansi pada BPR Sarana Utama Multidana Jakarta, Account Officer pada PT Bank Danamon Indonesia, PPIC pada PT GSM Batam serta staf pengajar tidak tetap pada Lembaga Belajar Primagama dan berbagai perguruan tinggi swasta di Batam. Pendidikan S1 diselesaikan dari Universitas Padjadjaran Bandung atas dukungan beasiswa dari Kemdikbud. Pendidikan S2 diselesaikan dari Universitas Batam dan tercatat sebagai mahasiswa penerima beasiswa prestasi dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. Awardee Beasiswa Pendidikan Indonesia dari Kemendikbudristek ini sedang menjalani studinya pada Program S3 Ilmu Akuntansi Universitas Airlangga, Surabaya sejak bulan September tahun 2021. Selain profesi sebagai dosen, penulis juga aktif di berbagai organisasi di tingkat Provinsi Kepulauan Riau seperti IAI, ADAI, ADRI dan mendedikasikan dirinya sebagai pelayan musik di GKPI JK Letare Batam. Penulis sangat menyukai kolaborasi dengan berbagai pihak baik untuk berdiskusi untuk menambah khasanah ilmu maupun menyelesaikan berbagai proyek kerja sama.
Putri Dwi Novrina - Ketertarikan penulis terhadap ilmu akuntansi pemeriksaan dimulai dari tahun 2016. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Universitas Padjadjaran guna melanjutkan pendidikan jenjang S2 dengan memilih Jurusan Auditing dan Financial Reporting dan berhasil lulus pada tahun 2018. Penulis memperoleh hibah penelitian dari Universitas Padjadjaran dengan judul "Studi Komparatif Pengakuan Dan Pengukuran Koleksi Barang Seni Pada Galeri Publik Dan Swasta" (Nasional Galeri Indonesia dan Nasional Galeri Singapura). Penulis berkarir sebagai Pejabat Eksekutif Manajemen Risiko di perbankan, serta aktif sebagai dosen hingga saat ini.
Raja Yulianita Sarazwati - Ketertarikan penulis terhadap ilmu akuntansi dimulai tahun 2011 pada saat duduk di bangku kelas sebelas Sekolah Menengah Atas. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk melanjutkan pendidikan dengan mengambil fokus studi pada jurusan akuntansi. Penulis melanjutkan studi dan berhasil menyelesaikan S1 di Program Studi Akuntansi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta pada tahun 2017. Satu tahun kemudian, penulis melanjutkan studi pada Program Studi Magister Sains Akuntansi Universitas Gadjah Mada dan lulus pada tahun 2020. Semasa menempuh pendidikan, penulis juga terlibat sebagai asisten dosen maupun asisten praktikum pada Prodi Akuntansi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Saat ini, penulis aktif sebagai dosen tetap pada Program Studi Akuntansi STIE Pembangunan Tanjungpinang. Penulis memiliki ketertarikan riset pada bidang akuntansi keperilakuan, forensik dan auditing, serta literasi akuntansi. Dalam upaya mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang peminatannya tersebut. Selain mengajar dan meneliti, penulis juga melakukan aktualiasi dengan menulis buku. Harapannya tidak sebatas untuk ilmu, pengalaman, serta aktualisasi diri, tetapi lebih lanjut semoga dapat mengambil bagian dan berkontribusi positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang akuntansi.

Editor

Yerisma Welly - Editor menyelesaikan pendidikan S1 Jurusan Akuntansi di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sultan Agung pada tahun 2019 dan melanjutkan ke jenjang Magister Jurusan Akuntansi dengan konsentrasi Akuntansi Manajemen di Universitas Negeri Medan, lulus pada tahun 2021. Ketertarikan Editor pada bidang-bidang akuntansi terutama akuntansi manajemen, akuntansi keperilakuan, akuntansi keuangan, perpajakan, manajemen keuangan, tata kelola perusahaan dan akuntansi pertanggungjawaban sosial. Semasa menempuh pendidikan, Editor aktif sebagai peneliti junior. Editor adalah akademisi “green enthusiast”, yaitu memiliki ketertarikan terhadap keberlanjutan lingkungan dalam konteks akuntansi dan industri. Setelah menyelesaikan pendidikan Magister, Editor dipercayakan dan diangkat oleh Yayasan Sultan Agung sebagai dosen tetap di STIE Sultan Agung. Editor mengabdikan diri sebagai Akademisi dengan aktif mengajar, melakukan penelitian dan pengabdian serta mulai aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi pengetahuan bagi bangsa dan negara serta sebagai bentuk penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1. Riset Akuntansi Manajemen
     Pendahuluan
     Riset Akuntansi Manajemen
     Isu Riset Akuntansi Manajemen
     Riset Akuntansi Manajemen dalam Isu Lingkungan
     Riset Akuntansi Manajemen dalam Isu Sektor Publik
     Riset Akuntansi Manajamen dalam Isu Kinerja
     Riset Akuntansi Manajamen dalam Isu Pengelolaan
     Contoh Riset Akuntansi Manajemen
     Masalah yang Bisa Diangkat Menjadi Isu Riset
Bab 2. Riset Akuntansi Keuangan
     Pengertian Riset Akuntansi Keuangan
     Isu Riset Akuntansi Keuangan
     Isu Terkini Riset Akuntansi Keuangan
     Masalah yang dapat dikaji pada Riset Akuntansi
     Metode Riset Akuntansi Keuangan
     Peluang Riset Akuntansi Keuangan Dimasa Depan
Bab 3. Riset Akuntansi Biaya
     Pengertian Riset Akuntansi Biaya
     Isu Riset Penelitian Akuntansi Biaya
     Contoh Judul Riset Akuntansi Biaya
     Peluang Riset Akuntansi Biaya Dimasa Depan
     Masalah Yang Dapat Diangkat Jadi Isu Riset Akuntansi
     Metode Dalam Riset Akuntansi Biaya
Bab 4. Riset Akuntansi Penganggaran
     Pendahuluan
     Pengertian Riset Akuntansi Penganggaran
     Isu Riset Akuntansi Penganggaran
     Contoh Riset Terkini Akuntansi Penganggaran
     Fenomena yang Dapat Diangkat Menjadi Isu Riset
     Metode Riset Akuntansi Penganggaran
     Peluang Riset Akuntansi Penganggaran
Bab 5. Riset Akuntansi Keperilakuan
     Pengenalan Akuntansi Keperilakuan
     Peluang Riset Akuntansi Keperilakuan pada
Bab 6. Riset Sistem Informasi Akuntansi
     Riset Sistem Informasi Akuntansi
     Isu Riset Sistem Informasi Akuntansi
     Contoh Riset Sistem Informasi Akuntansi
     Fenomena Riset Sistem Informasi Akuntansi
     Metode Penelitian Riset Sistem Informasi Akuntansi
     Peluang Riset Sistem Informasi Akuntansi
Bab 7. Riset Akuntansi Syariah
     Pendahuluan
     Isu-Isu Kajian Akuntasi Syariah
     Area Kajianiakuntansi Syariah
     Metode Penelitian Yang Cocok Bagi Riset Akuntansi
     Peluang Riset Akuntansi Syarian Dimasa Depan
     Simpulan
Bab 8. Riset Akuntansi Perbankan
     Pengertian Riset Akuntansi Perbankan
     Isu Riset Akuntansi Perbankan
     Riset Terkini Riset Akuntansi Perbankan
     Fenomena Riset Akuntansi Perbankan
     Metode yang Digunakan
     Peluang Riset Akuntansi Perbankan di Masa Depan
Bab 9. Riset Akuntansi Sektor Publik
     Organisasi Sektor Publik
     Riset Akuntansi Sektor Publik
     Isu Yang Dapat Diteliti Pada Akuntansi Sektor Publik
     Riset Terkini Akuntansi Sektor Publik
     Permasalahan Penelitian Akuntansi Sektor Publik
     Metode yang Digunakan dalam Riset Akuntansi Sektor  Publik
     Teknik Penilaian Rasio Kondisi Keuangan dan
     Penilaian Indeks Kondisi Keuangan dan Kapasitas
     Peluang Riset Akuntansi Sektor Publik di Masa Depan
Bab 10. Riset Akuntansi Sosia
     Akuntansi Sosial dan Lingkungan
     Isu-isu Terkini Akuntansi Sosial, Lingkungan, dan
     Topik-topik Riset Akuntansi Sosial dan Lingkungan
     Masalah-masalah dalam Akuntansi Sosial, Lingkungan,
     Metode Riset Akuntansi Sosial, Lingkungan, dan
Bab 11. Riset Akuntansi UMKM
     Gambaran Umum UMKM
     Riset yang Dapat Diteliti pada Bidang Akuntansi
     Riset Terkini Dalam Akuntansi UMKM
     Masalah yang Dapat Diangkat Jadi Isu Riset Akuntansi
     Metode yang Bisa Dipakai dalam Riset Akuntansi
     Peluang Riset Akuntansi UMKM di Masa yang akan
Bab 12. Riset Perpajakan
     Riset Perpajakan dan Ruang Lingkupnya
     Bagaimana Riset Perpajakan Dilakukan?
     Metodologi Penelitian dalam Riset Perpajakan
     Isu-Isu Riset Perpajakan Terdahulu
     Isu-Isu Riset Perpajakan Terkini
     Isu-Isu Riset Perpajakan di Masa Depan
Bab 13. Riset Akuntansi  Pemeriksaan
     Riset Akuntansi Pemeriksaan
     Isu Riset Akuntansi Pemeriksaan
     Riset Terkini Akuntansi Pemeriksaan
     Fenomena Penelitian Riset Akuntansi Pemeriksaan
     Metode Penelitian Riset Akuntansi Pemeriksaan
     Peluang Riset Akuntansi Pemeriksaan
Bab 14. Topik Terkini Risdet Akuntansi Forensik
     Akuntansi Forensik
     Riset Akuntansi Forensik
     Topik/Permasalahan pada Riset Akuntansi Forensik
     Metode Riset Akuntansi Forensik
     Peluang Riset Akuntansi Forensik di Masa Depan
     Penutup dan Simpulan
Cover Belakang