Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Interaksi Manusia dan Komputer

1 Pembaca
Rp 90.000 28%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Interaksi Manusia dan Komputer. Sistematika buku Interaksi Manusia dan Komputer ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 11 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Pengenalan Interaksi Manusia Dan Computer, Prinsip Usability, Analisis Tugas, Desain, Prototyping, Dialog, Penanganan Kesalahan & Help Dokumentasi, Evaluasi, Website, Cscw & Ubiquitous Computing, Visualisasi Informasi.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Hani Subakti / Kraugusteeliana / Rudhy Ho Purabaya / Muhamad Muslih / Dimas Sasongko / Yahya / Nur Syamsiyah / Herianto / Erly Krisnanik / Arridha Zikra Syah / Suzuki Syofian
Editor: Dudih Gustian

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233624381
Terbit: Maret 2022 , 196 Halaman










Ikhtisar

Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Interaksi Manusia dan Komputer. Sistematika buku Interaksi Manusia dan Komputer ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 11 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Pengenalan Interaksi Manusia Dan Computer, Prinsip Usability, Analisis Tugas, Desain, Prototyping, Dialog, Penanganan Kesalahan & Help Dokumentasi, Evaluasi, Website, Cscw & Ubiquitous Computing, Visualisasi Informasi.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya sehingga buku kolaborasi dalam bentuk book chapter Interaksi Manusia dan Komputer dapat dipublikasikan dan dapat sampai di hadapan pembaca. Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Interaksi Manusia dan Komputer.

Sistematika buku Interaksi Manusia dan Komputer ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 11 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Pengenalan Interaksi Manusia Dan Computer, Prinsip Usability, Analisis Tugas, Desain, Prototyping, Dialog, Penanganan Kesalahan & Help Dokumentasi, Evaluasi, Website, Cscw & Ubiquitous Computing, Visualisasi Informasi.

Kami menyadari bahwa tulisan ini jauh dari kesempurnaan dan masih terdapat banyak kekurangan, sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Yang Kuasa. Oleh sebab itu, kami tentu menerima masukan dan saran dari pembaca demi penyempurnaan lebih lanjut.

Akhirnya kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah mendukung dalam proses penyusunan dan penerbitan buku ini, secara khusus kepada Penerbit Media Sains Indonesia sebagai inisiator book chapter ini. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Penulis

Hani Subakti - Lahir di Kota Samarinda, pada 19 Januari 1989. Ia tercatat sebagai lulusan terbaik di Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Dosen Bahasa Indonesia yang kerap disapa Bapak Hani ini adalah anak dari pasangan Alm. H. Sukardi (bapak) dan Hj. Mudjiati (mama). Ia memiliki Isteri terkasih bernama Imayanti, S.Pd dan tiga orang buah hati bernama (Alm.) Abqary Faqih Ainurahman, Aghata Fathi Yusuf, dan Azqiya Fayra Maryam. Hani Subakti telah malang melintang berkarier di dunia pendidikan tinggi. Ia tercatat sebagai dosen tetap yayasan di Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda Kalimantan Timur. Ia mengajar mata kuliah bahasa Indonesia dihampir seluruh fakultas yang ada di Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda Kalimantan Timur.
Kraugusteeliana - Kraugusteeliana,M.Kom, MM Lahir di Jakarta dan menghabiskan masa sekolah TK sampai SMA di Cilegon Banten. Pendidikan S1 , S2 di Bidang Komputer. Kuliah S1 di Universitas Budi Luhur lanjut S2 Ilmu Komputer juga Manajemen SDM. Mengajar di beberapa Perguruan Tinggi sejak 1999, Dosen Tetap di Program Studi Sistem Informasi UPN Veteran Jakarta. Adapun pengalaman organisasi Kabag Perencanaan akademik dan statistik, Kabag bidang Manajemen ISO, Manager HR, Manager Humas dan Marketing, manager Quality Assurance, Sekretaris LP3M, Kajur, Wakil Dekan bidang Akademik, Plt. Dekan Fakultas Komputer, Ketua Komisi Senat Universitas, Kepala Pusat Akreditasi Internasional & Sertifikasi, saat ini Wakil Dekan.

Pengalaman sejak 1999 mengajar Pengantar Teknologi Informasi, Knowledge Management, Interaksi Manusia & Komputer, Metode Perancangan Program, Management Sains, pengantar Elearning, Komputer Audit Sistem, Arsitektur Sistem Informasi, Knowledge Management, Dasar-dasar pemrograman, SIM, SPK, Matematika Diskrit, Analisa Proses Bisnis, Analisa Sistem Informasi, Perancangan sistem informasi, perancangan basis data, Sistem basis data, struktur data, Tata Kelola TI, Manajemen Risiko TI MLTI, CRM dan Sistem Enterprise.
Rudhy Ho Purabaya - Penulis adalah pegawai negeri sipil yang juga dosen tetap di program studi Sistem Informasi program sarjana Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta sejak tahun 1989 sampai sekarang. Penulis telah melakukan beberapa penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terkait perancangan dan pembangunan sistem informasi desa, serta menulis buku Bela Negara: Bela Negara dalam Perspektik Teknologi Informasi dan Keteknikan (Pendidikan Bela Negara di Era Revolusi Industri 4.0) dan buku Sistem Informasi Manajemen. Saat ini penulis mengajar beberapa mata kuliah, antara lain: Technopreneurship, Sistem Informasi Manajemen, Arsitektur Sistem Informasi/Teknologi Informasi Perusahaan, dan Etika Profesi.
Muhamad Muslih - Setelah menamatkan Pendidikan menengah di Sukabumi, diterima di salah satu perguruan tinggi di Bandung pada tahun 2007 pada program studi Teknik Informatika Strata Satu. Setelah selesai kuliah strata satu tahun 2012 kemudian mulai meniti karir menjadi staf Tenaga Kependidikan di Universitas Nusa Putra yang pada waktu itu masih berdiri sebagai Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra sambil belajar menjadi Asisten Dosen hingga tahun 2013. Tahun 2013 melanjutkan kuliah kesalah satu perguruan tinggi di Jakarta yaitu Universitas Budi Luhur pada program pasca sarjana Ilmu Komputer dan alhamdullah lulus pada tahun 2015. Setelah lulus dari program pasca kemudian saya melanjutkan karir di Universitas Nusa Putra sebagai dosen tetap di salah satu program studi strata satu sistem Informasi dan terlibat aktif dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Tahun 2017 saya berhasil lulus dari seleksi sertifikasi dosen dengan jabatan fungsional sampai saat ini sebagai lektor 300 golongan III/d. Pada program studi sistem informasi mengampu beberapa mata kuliah seperti Sistem Informasi Manajemen, Analisa dan Desain Sistem, Testing dan Implementasi Sistem. Alhamdullah beberapa karya ilmiah sudah saya miliki sesuai dengan bidang yang saya tekuni yang dapat dikunjungi melalui link google scholer: https://scholar.google.com/citations?user=fVkoDJ4AAAAJ&hl=id
Dimas Sasongko - Memulai minat kepada dunia Informatika pada tahun 2003. Lulus Sarjana (S.Kom) di Program Studi Teknik Informatika Universitas Surakarta tahun 2008, lulus Magister (M.Eng) di Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada tahun 2016. Saat ini adalah Dosen tetap Program Studi Teknik Informatika (S1) Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Magelang. Memiliki minat pada bidang riset UI/UX pada saat menempuh studi Magister dan menghasilkan prototype kotak pencarian untuk diimplementasikan pada Digital Library. Saat ini penulis memiliki minat riset pada Game Development yang secara spesifik pada kajian tentang Serious Game. Salah satu produk protyping yang dihasilkan dan sudah dipatenkan adalah Aplikasi Cyber Counseling, yang menjadi salah satu pemenang pada lomba Krenova Kabupaten Magelang tahun 2021. Selain mengajar dan meneliti juga aktif menjadi editor dan reviewer di beberapa jurnal nasional terakreditasi. Selain memiliki minat pada UI/UX, juga memiliki kepedulian kepada keberlanjutan lingkungan (sustainability) dan Green Computing, dan sudah diwujudkan secara nyata dengan memiliki projek penelitian Green UX.
Yahya - Ketertarikan penulis terhadap ilmu komputer dimulai pada tahun 1997 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Universitas Gunadarma dengan memilih Jurusan Teknik Informatika Strata satu dan berhasil lulus pada tahun 2001. Setelah lulus, penulis mengembangkan ilmu yang didapat ke dunia pekerjaan dibidang professional dan pendidikan. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister, di tahun 2016 dan berhasil menyelesaikan studinya pada tahun 2018 di Magister Teknologi Ilmu Komputer Universitas Budi Luhur. Penulis memiliki ketertarikan dibidang pengembangan aplikasi, web dan database. Penulis memulai berkarir sebagai dosen mulai tahun 2018 dan menjadi Dosen Tetap di Universitas Darma Persada mulai September 2019 sampai dengan sekarang. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai pekerja professional dibidang ketertatikannya tersebut. Selain itu, penulis juga ikut aktif bergabung dalam pengabdian masyarakat dibidang pendampingan UMKM dan juga ikut bergabung menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Nur Syamsiyah - Ketertarikan penulis terhadap ilmu komputer dimulai pada tahun 1993 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Sekolah Tinggi Manahemen dan Informatika Gunadarma, yang sekarang berganti menjadi Universitas Gunadarma, dengan memilih Jurusan Teknik Informatika Strata satu dan berhasil lulus pada tahun 1997. Dua tahun kemudian penulis pernah mengenyam pendidkan Strata dua di Universitas Gunadarma jurusan Sistem Informasi Bisnis. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister, dan berhasil menyelesaikan studinya pada tahun 2011 di Magister Teknologi Informasi Universitas Indonesia.

Penulis memiliki kepakaran dibidang Rekayasa Perangkat Lunak dan Pengembangan SIstem Informasi. Penulis berkaris sebagai dosen sejak tahun 1999 di berbagai perguruan tinggi ilmu computer, dan menjadi Dosen Tetap di Universitas Darma Persada sejak 2003 sampai dengan sekarang. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Herianto - Mulai mengajar sejak tahun 1999. Pendidikan master (S2) ditempuh di Universitas Gadjah Mada (UGM) bidang Sistem Komputer dan Informatika -Teknik Elektro. Mata Kuliah yang pernah diampu : Perancangan Basis Data, Jaringan Komputer, Data warehouse dan Data Mining, Artificial Intelligence, Pemrograman Internet dan sejumlah mata kuliah dasar Teknologi Informasi.

Secara Khusus penulis memiliki ketertarikan di bidang Artificial Inteligence dan Data Science. Untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, keahlian penulis di bidang data science telah dinyatakan Kompeten melalui Sertikasi BNSP pada tahun 2021. Penulis juga aktif sebagai peneliti di bidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI.
Erly Krisnanik - Lahir di Jakarta pada tanggal 8 September 1974. Pendidikan Sarjana Komputer di tempuh di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, pada tahun 1993 saat itu masih berstatus kedinasan lulus tahun 1997. Kemudian melanjutkan kuliah S2 Magister Manajemen bidang Sistem Informasi Manajemen di Universitas yang sama pada tahun 2006. Lulus Sarjana langsung bekerja di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta sebagai Asisten Laboratorium. Pengalaman mengajar pada tahun 1998 ditawari magang menjadi dosen untuk mengampu mata kuliah Perangkat Lunak Aplikasi dan Pengantar Komputer. Kemudian diberi kepercayaan untuk mengajar matakuliah secara mandiri mulai tahun 2000 untuk matakuliah Perangkat Lunak Aplikasi, Aplikasi Berbasis Web, Sistem Informasi Manajemen, Manajemen Proyek dan Analisa dan Perancangan Sistem Informasi. Karya yang pernah diterbitkan adalah publikasi di jurnal internasional terindex Scopus dan nasional terakreditasi dan prosiding terindex scopus, google scholar dan WoS serta menulis book chapter di penerbit Widina.
Arridha Zikra Syah - Pada tanggal 17 Desember 1983. Ia menyelesaikan kuliah Strata 1 di Universitas Putra Indonesia “UPI YPTK” Padang dan mendapat gelar Sarjana Komputer (jurusan Sistem Komputer) pada tanggal 04 September 2008. Pada tahun 2012 mengikuti Program Magister Ilmu Komputer dan lulus pada tanggal 01 April 2014 dari Universitas Putra Indonesia “UPI YPTK” Padang. Saat ini menjadi Dosen Tetap di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Royal, dan ditempatkan di Program Studi Sistem Informasi.
Suzuki Syofian - Lulus dari STMIK Gunadarma tahun 1994 dan berkarir sebagai dosen mulai dari tahun 1995 pada STMIK Bina Darma Palembang. Tahun 1997 mengikuti program S-2 dan Lulus dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia pada tahun 1999. Sampai sekarang masih berkarir menjadi dosen pada Universitas Darma Persada. Mata kuliah yang diampu saat ini adalah Interaksi Manusia dan Komputer, Rekayasa Perangkat Lunak, Datawarehouse, Datamining, dan Networking. Untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif juga sebagai peneliti dibidang tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan Negara.

Editor

Dudih Gustian - Dudih Gustian lahir di Sukabumi, Jawa Barat, 05 Agustus 1980. Setelah menamatkan Pendidikan menengah di Sukabumi, diterima di Institut Pertanian Bogor pada tahun 2002 pada program studi Diploma 3 Teknik Instrumentasi dan Kontrol. Mulai tahun 2006 menjadi pengajar di beberapa sekolah menengah atas dan kejuruan di Kota Sukabumi sampai saat ini.

Meniti karir sebagai Guru dibeberapa sekolah baik negeri maupun swasta di kota Sukabumi. Selain itu juga menjadi Dosen di beberapa perguruan tinggi di Sukabumi dalam kurun waktu 2010 – 2016. Tahun 2005 melanjutkan studi Sarjana di Univeristas Muhammadiyah Sukabumi pada program Studi Teknik Informatika. Pendidikan Akta 4 mengajar di Universitas Djuanda Bogor pada tahun 2010. Magister Ilmu Komputer STMIK Nusa Mandiri pada tahun 2010.

Menjadi anggota Aptikom Jabar pada tahun 2016 sampai saat ini, aktif sebagai pengasuh Data Mining grup disalah satu jejaring sosial. Menjadi Kepala Program Studi Sistem Informasi Universitas Nusa Putra Sukabumi pada tahun 2016 - 2020 dan saat ini menjadi Divisi Penelitian dan Publikasi LPPM di Universitas yang sama.

Bidang kajian yang diminati ialah kajian Data Mining, Kecerdasan Buatan, Statistik, Riset Operasi. Selain aktif sebagai penulis dan Dosen, juga aktif sebagai peneliti khususnya dalam bidang Data Mining sampai saat ini. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI....

Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1. Pengenalan Interaksi Manusia dan Komputer
     Pendahuluan
     Interaksi Manusia dan Komputer
     Sejarah Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)
     Konsep dalam Interaksi Manusia dan Computer (IMK)
     Tujuan Dibuatnya Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)
     Bidang-Bidang yang Memengaruhi Perkembangan Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)
     Prinsip Utama dalam Mendesain Antarmuka (Interface)
Bab 2. Prinsip Usability
     Pendahuluan
     Rincian Pembahasan Materi
     Pengertian Usability
     Manfaat dan Tujuan Usability dalam Desain Sistem
     Prinsip dalam Usability
     Implementasi & Software dalam Menguji Usability Sistem Informasi
     Pengukuran dalam Sebuah Aplikasi di Website
     Rangkuman Materi
Bab 3. Analisis Tugas
     Definisi
     Manfaat Analisis Tugas
     Teknik Analisis Tugas
     Dekomposisi Tugas
     Analisis Berbasis Pengetahuan
     Teknik Berbasis Relasi Entitas
     Penggunaan Hasil Analisis Tugas
Bab 4. Design
     Prinsip Design
     Desain Grafik
     Ide dalam Membuat Desain
     Prinsip-Prinsip dalam Membuat Desain dalam IMK
     Contoh Design dalam Kehidupan Sehari-Hari
     Desain Icon
     Fungsi Icon
     Komponen Penunjang dalam Disain Grafis
Bab 5. Prototyping
     Pendahuluan
     Apa Itu Prototyping?
     Kenapa Menggunakan Prototyping?
     Kedalaman dan Luas Prototype
     Fidelity Prototype
     Kesimpulan
Bab 6. Dialog
     Pendahuluan
     Bentuk Dasar dari Sebuah Dialog
     Struktur Dialog
     Prinsip Dialog
     Properti dan Aksi Dialog
     Desain Kesalahan Dialog
     Ragam Dialog Interaktif
     Kategori Ragam Dialog Interaktif
     Karakteristik Dialog yang User-Friendly
     Aturan Umum Rancangan Dialog
Bab 7. Penanganan Kesalahan dan Help Dokumentasi
     Penanganan Kesalahan
     Jenis-Jenis Error
     Jenis-Jenis Kesalahan dari Pengguna
     Jenis-Jenis Kesalahan pada Program
     Pencegahan dan Perbaikan dari Penanganan Kesalahan
     Petunjuk Pencegahan dan Memperbaiki Kesalahan
     Kelebihan dan Kekurangan Penanganan Kesalahan
     Help dan Dokumentasi
     Jenis Help dan Dokumentasi
     Knowledge Representation
     Teknik Untuk Knowledge Representation
     Permasalahan dalam Knowledge Representation
     Merancang Help dan Dokumentasi
Bab 8. Evaluasi
     Komputer dan Bidang Interaksi Manusia dan Komputer
     Tujuan Evaluasi IMK
     Evaluasi Melalui Analisis Pakar
     Evaluasi Melalui Partisipasi Pengguna
     Memilih Metoda Evaluasi
Bab 9. Website
     Pendahuluan
     Tujuan Pengajaran
     Materi yang akan Dipelajari
     Rincian Pembahasan
     Rangkuman Materi
     Tugas dan Evaluasi
Bab 10. Computer-Support Cocoperative Work (CSCW) & Ubiquitos Computing
     Computer-Support Cocoperative Work (CSCW)
     Bentuk-Bentuk Groupware
     Sistem Groupware
     Arsitektur Groupware
     Aplikasi Groupware
     Ubiqutous Computing
     Area Ubiquitous
     Isu-Isu Seputar Ubicomp
Bab 11. Visualisasi Informasi
     Definisi Visualisasi Informasi
     Substrat Spasial
     Elemen Grafis
     Properti Grafis
     Tujuan Visualisasi Informasi
     Jenis Visualisasi Informasi
     Visualisasi Informasi VS Visualisasi Data
     Mengapa Visualisasi Informasi Penting
     Apa yang Membuat Visualisasi Informasi Berhasil
     Bagaimana Mendesain Visualisasi Informasi
     Menentukan Masalah
     Menentukan Data yang akan Diwakili
     Menentukan Dimensi yang Diperlukan Untuk  Mewakili Data
     Menentukan Struktur Data
     Menentukan Interaksi yang Diperlukan dari Visualisasi
Cover Belakang