Tampilkan di aplikasi

Buku Penamuda Media hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Pengantar Teknologi Informasi

1 Pembaca
Rp 55.000 15%
Rp 46.870

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 140.610 13%
Rp 40.621 /orang
Rp 121.862

5 Pembaca
Rp 234.350 20%
Rp 37.496 /orang
Rp 187.480

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku ini terdiri dari beberapa bab, Bab pertama Pengenalan Dasar - Dasar Teknologi Informasi, Bab dua Sejarah Teknologi Informasi, Bab tiga Sistem Perangkat Lunak Teknologi Informasi, Bab empat Sistem Komputer, Bab lima Input Output Device, Bab enam Media Penyimpanan Eksternal, Bab tujuh Perangkat Lunak Sistem, Bab delapan Perangkat Lunak Aplikasi, Bab Sembilan Teknologi Komunikasi dan Jaringan, Bab sepuluh Internet.

Buku ini akan sangat membantu bagi mahasiswa dan pemula dalam memahami pengantar teknologi informasi. Kami banyak membahas tentang pemahaman akan teknologi informasi beserta contoh bagi mahasiswa dan pemula yang masih kurang paham akan teknologi informasi. Kami mengharapkan setelah membaca buku ini, pembaca bisa memahami dan memberikan tambahan pengetahuan, serta wawasan khususnya dalam bidang Teknologi Informasi.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Sri Tria Siska / Zatin Niqotaini / Miftahul Jannah / Sri Tria Siska, S.Kom., M.Kom. / Diwahana Mutiara Candrasari Hermanto / Andri Nofiar / Inggrid Yanuar Risca Pratiwi / Rima Maulini / Nur Fitrianingsih / Kurniabudi / Ita Fitriati / Tri Sandhika Jaya / Rosalina Yani Widiastuti
Editor: Anita

Penerbit: Penamuda Media
ISBN: 9786230966620
Terbit: November 2023 , 170 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Buku ini terdiri dari beberapa bab, Bab pertama Pengenalan Dasar - Dasar Teknologi Informasi, Bab dua Sejarah Teknologi Informasi, Bab tiga Sistem Perangkat Lunak Teknologi Informasi, Bab empat Sistem Komputer, Bab lima Input Output Device, Bab enam Media Penyimpanan Eksternal, Bab tujuh Perangkat Lunak Sistem, Bab delapan Perangkat Lunak Aplikasi, Bab Sembilan Teknologi Komunikasi dan Jaringan, Bab sepuluh Internet.

Buku ini akan sangat membantu bagi mahasiswa dan pemula dalam memahami pengantar teknologi informasi. Kami banyak membahas tentang pemahaman akan teknologi informasi beserta contoh bagi mahasiswa dan pemula yang masih kurang paham akan teknologi informasi. Kami mengharapkan setelah membaca buku ini, pembaca bisa memahami dan memberikan tambahan pengetahuan, serta wawasan khususnya dalam bidang Teknologi Informasi.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Alhamdulillah segala Puji Syukur Kita ucapkan Kehadiran Allah SWT atas segala nikmat dan karunianya untuk kita semua, berkat rahmat Allah SWT yang maha kuasa akhirnya kami dapat menyelesaikan penyusunan buku Pengantar Tekonologi Informasi ini dengan baik. Buku ini dibuat sebagai panduan belajar dalam mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi dan diharapkan dapat menjadi acuan serta referensi bagi mahasiswa dalam mempelajari dasar-dasar Teknologi Informasi. . Dengan tersusunnya buku ini juga dapat memudahkan bagi dosen yang mengampu matakuliah ini dalam memberikan perkuliahannya dan materi buku ini dibuat melalaui beberapa tahap bisa mempercepat pemahaman bagi pengguna buku Pengantar Teknologi informasi ini.

Dalam kesempatan kali ini kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan banyak memberikan motivasi kepada kami sehingga buku ini dapat kami selesaikan dengan baik. Ucapan terimakasih khususnya kami ucapkan kepada kedua Orang tua kami yang selalu memotivasi kami dalam dunia pendidikan agar kami selalu berkarya untuk bisa bermanfaat bagi semua orang dan seluruh teman – teman yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu. Akhirnya dengan segala kerendahan hati kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun dari pembaca demi kesempurnaan buku ini sehingga lebih bermanfaat untuk kedepannya. serta semua pihak yang terkait yang telah banyak membantu kami. Semoga buku ini bisa dipergunakan bagi orang banyak dan bermanfaat bagi para pembaca Buku Pengatar Teknologi Informasi. Aamiin.

Penulis

Sri Tria Siska - Sri Tria Siska, S.Kom. Penulis menyelesaikan Pendidikan Sarjana S-1 Sistem Informasi di Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang dan pendidikan Megister S-2 Sistem Informasi di Universitas Putra Indonesia “YPTK” . Penulis adalah Dosen Program Studi D-3 Teknik Komputer di STT Payakumbuh. Penulis juga mengabdi sebagai Tuton Online di Universitas Terbuka pada matakuliah Pengantar Sistem Informasi dan Algoritma dan Pemograman. Penulis juga mengampu beberapa matakuliah lainnya di STT Payakumbuh yaitu Sistem Operasi, Sistem Basis Data, Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Algoritma dan Pemograman Dasar. Penulis juga aktif melakukan penelitian di Bidang Data Mining dan Information Systems. Penulis dapat dihubungi melalui email sritriasiska@gmail.com.
Zatin Niqotaini - Zatin Niqotaini, S.Tr.Kom., M.Kom. Penulis menyelesaikan pendidikan D4 Teknik Informatika di Politeknik Pos Indonesia Bandung dan S2 Sistem Informasi di STMIK Likmi Bandung. Penulis merupakan Dosen Pegawai Negeri Sipil di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta dan homebasenya di Program Studi S1 Sistem Informasi. Bidang peminatan penulis berkaitan dengan Sistem Informasi Bisnis.
Diwahana Mutiara Candrasari Hermanto - Tahun 2012 lulus dari Program Strata Satu (S1) Program Studi Tekhnik Informatika Universitas Dian Nuswantoro, Semarang. Tahun 2016 lulus dari Program Pascasarjana (S2) Program Studi Teknik Informatika pada Universitas Dian Nuswantoro, Semarang. Pada tahun 2017, Penulis mulai aktif bekerja sebagai Dosen pada Program Studi Informatika, STIKOM Yos Sudarso di Kota Purwokerto. Mata kuliah yang sering diampuh selama menjadi Dosen antara lain Algoritma dan Pemrograman, Algoritma & Struktur Data, Interaksi Manusia dan Komputer, Probabilitas dan Statistika, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, Technopreneurship, dan Data Mining. Penulis aktif melakukan kegiatan penelitian baik di lingkungan kampus (internal) maupun kerjasama lintas Lembaga/Perguruan Tinggi lain (eksternal). Penulis juga aktif menulis di beberapa jurnal ilmiah nasional yang terakreditasi maupun yang tidak terakreditasi dalam bidang sistem informasi, maupun teknik informatika. Penulis dapat dihubungi melalui email: candrasari897@gmail.com .
Andri Nofiar - Menyelesaikan Program Studi Teknik Informatika lulusan Diploma Politeknik Kampar tahun 2014, lulusan Sarjana Komputer STMIK AMIK Riau tahun 2017, lulusan Master Komputer Universitas Putra Ih^ih_mc[ ‚YPTK‛ P[^[ha n[boh 2019. S[[n chc [enc` mengajar pada kampus vokasi yaitu sebagai Dosen tetap Program Studi Teknik Informatika Politeknik Kampar, Dosen Luar Biasa Sistem Informasi UIN Suska Riau tahun 2021, serta Tutor Tuton Universitas Terbuka tahun 2022. Penulis ahli pada bidang : web programming, java programming, expert system, multimedia, design grafis, animation, dan metaverse.
Inggrid Yanuar Risca Pratiwi - Penulis saat ini sebagai Dosen Tetap di Universitas Amikom Yogyakarta. Penulis menyelesaikan pendidikan Sekolah Dasar(SD) sampai dengan Sekolah Menengah Atas(SMA) di Kota Malang.

Penulis lulus kuliah Ahli Madya pada Program Studi D3 Manajemen Informatika (A.Md.) di Politeknik Negeri Malang tahun 2015 dan melanjutkan kuliah Diploma Empat pada program studi D4 Teknik Informatika di Politeknik Negeri Malang dan lulus pada tahun 2016 (S.S.T.). Pada tahun yang sama setelah lulus D4 Penulis melanjutkan studi S2 di Politeknik Negeri Malang pada program studi S2 Terapan Teknik Elektro Konsentrasi Ilmu dan Teknik Komputer dan lulus pada tahun 2019 (M.Tr.T.). Sejak 2017 telah berpengalaman mengajar sebagai Dosen Luar Biasa dan Dosen Tetap di Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta. Penulis adalah mantan Kepala Program Studi D3 Teknologi Komputer dan Bendahara di Politeknik Masamy Internasional. Penulis pernah mendapatkan sertifikat kompetensi dari BNSP untuk bidang "Data Science Associate" (2021-2024) dan Penulis juga sebagai pemegang HKI untuk Program Komputer
"Aplikasi Deteksi Konten Berita Palsu (Hoax) Berbahasa Indonesia Menggunakan N-Gram dan Naive Bayes Classifier". Bidang keilmuan penulis adalah sistem informasi manajemen, sistem pendukung keputusan dan klasifikasi teks.
Rima Maulini - Sebagai pengajar di Politeknik Negeri Lampung (POLINELA) pada Program Studi Manajemen Informatika. Penulis mendapatkan gelar S1 dari Universitas Gunadarma, Jakarta dan untuk S2 dari Universitas Diponegoro, Semarang. Selain sebagai pengajar, penulis dipercaya menjadi Kepala Laboratorium Software, Polinela.
Nur Fitrianingsih - Dosen di Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi STKIP Taman Siswa Bima. Selain fokus sebagai Dosen juga aktif meneliti dan menulis buku yang berkaitan dengan Teknologi Informasi terutama yang berkaitan dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Pendidikan.
Kurniabudi - Dosen dan Peneliti dalam bidang Ilmu Komputer.

Saat ini tercatat aktif sebagai tenaga pengajar dengan Jabatan Fungsional Lektor Kepala pada Program Pasca Sarjana Magister Sistem Informasi, Universitas Dinamika Bangsa, Jambi. Penulis menempuh Pendidikan S1 dan S2 pada Universitas Putra Indonesia, Padang.

Penulis menyelesaikan Studi S3 pada Program Doktoral Program Studi Ilmu Teknik Universitas Sriwijaya pada Tahun 2021. Sebagai Dosen, Penulis mengajar matakuliah Jaringan Komputer, Keamanan Komputer dan Jaringan, serta Metode Penelitian. Sebagai Peneliti, Penulis menekuni pada penelitian Technology Adoption,
Ita Fitriati - Telah menyelesaikan studi S1 pada Fakultas Ilmu Komputer Program Studi Teknik Informatika dari Universitas Muslim Indonesia pada tahun 2010, sedangkan Studi S2 pada Fakultas Teknik dengan Program Studi Teknik Elektro (konsentrasi Teknik Informatika) pada tahuna 2013. Mulai tahun 2014 tercatat sebagai dosen yayasan di STKIP Taman Siswa Bima yang berada di Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat, kemudian tahun 2016 atau berselang 2 tahun aktif mengabdi pada program studi pendidikan teknologi informasi pada kampus tersebut kemudian beliau menjadi dosen professional. Saat ini tri dharma perguruan tinggi rutin dilaksanakan, untuk penelitian dan pengabdian kini konsen pada bidang pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi, pemanfaatan gamification untuk mendukung literasi teknologi dalam rangka mendukung program digitalisasi sekolah.
Tri Sandhika Jaya - Lulusan Teknik Informatika UII Yogyakata tahun 2008, memperoleh gelar Magister Sistem Informasi dari Universitas Diponegoro tahun 2012.

Penulis saat ini aktif sebagai Pengajar di Politeknik Negeri Lampung di Program Studi Manajemen Informatika. Saat ini penulis dipercaya sebagai Koordinator Teaching Farm Informatics Business Center Polinela.
Rosalina Yani Widiastuti - Menamatkan pendidikan dasar di SD Santa Maria, SMP Susteran, dan SMA Bruderan. Pendidikan tingginya diselesaikan tahun 2011 di STIKOM Yos Sudarso Program Studi Sistem Informasi jenjang pendidikan Strata 1 (S1) dan mendapat gelar Sarjana Komputer (S.Kom). Pada tahun 2020 berhasil menyelesaikan pendidikan Strata II (S2) dan mendapat gelar Magister Manajemen Sistem Informasi (M.M.S.I) di Bina Nusantara Jakarta dengan kosentrasi jurusan Sistem Informasi.

Memiliki minat yang tinggi terhadap komputer khususnya bidang software engineering, analisis dan perancangan sistem informasi, database, struktur data, Human Computer Interaction, dan sistem operasi. Mata kuliah yang diampu adalah Organisasi Komputer, Sistem Operasi, Manajemen Basisdata, Interaksi Manusia dan Komputer, serta Algoritma dan Struktur Data. Saat ini menjadi dosen tetap di STIKOM Yos Sudarso Purwokerto pada Program Studi Sistem Informasi.

Daftar Isi

Cover Depan
Balik Halaman Judul
Kolovon
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1 Pemahaman Mendasar Tentang Komputer
     A. Pengertian Komputer Menurut Para Ahli
     B. Komponen – Komponen Komputer
     C. Macam – Macam Komputer
     D. Tipe – Tipe Komputer Lainnya
     E. Ciri - Ciri Penting Komputer
Bab 2 Komponen Sistem Unit
     A. Central Processing Unit
     B. Motherboard
     C. Chip
     D. Memory
     E. Storage (Penyimpanan)
     F. Kartu Grafis (GPU)
     G. Power Supply Unit (PSU)
     H. Casing (Tower)
Bab 3 Perkembangan Teknologi Informasi
     A. Pengertian Teknologi Informasi
     B. Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi
     C. Perkembangan Teknologi Informasi di
Bab 4 Perangkat Lunak Aplikasi
     A. Software menurut pembayarannya
     B. Software menurut hak ciptanya
     C. Software dapat dibedakan atas dua golongan
Bab 5 Strorage dalam Komputer
     A. Dasar-dasar Storage
     B. Teknologi Terkini dalam Storage
     C. Masa Depan Storage dalam Komputer
Bab 6 Perkembangan Operating Sistem
     A. Tujuan Sistem Operasi
     B. Tujuan Sistem Operasi
     C. Jenis-Jenis Sistem Operasi
     D. Fungsi Sistem Operasi
     E. Perkembangan Sistem Operasi
     F. Desain Sistem Operasi
     G. Komponen Sistem Operasi
     H. Sistem Operasi Populer
     I. Trend Perkembangan Sistem Operasi
Bab 7 Sistem Operasi dan Program Utilitas
     A. Sistem Operasi
     B. Arsitektur Sistem Operasi
     C. Manajemen Perangkat Input/Output
     D. Program Utilitas
     E. Antivirus dan Keamanan
     F. Utilitas Pemantauan Kinerja
Bab 8 Jaringan dan Komunikasi
     A. Pengertian Jaringan komputer
     B. Sejarah singkat jaringan komputer
     C. Protoko
     D. Perangkat keras yang diperlukan
     E. Topologi/Bentuk Jaringan
     F. Komunikasi
Bab 9 Manajemen Bisnis Data
     A. Sejarah manajemen basis data
     B. Pentingnya manajemen basis data
     C. Model Data
Bab 10 Keamanan Komputer
     A. Terminologi
     B. Sejarah Keamanan Komputer
     C. Prinsip Keamanan
     D. Ancaman, Kerentanan, dan Serangan
     E. Praktik Keamanan Komputer
Bab 11 Bahasa Pemograman
     A. Javascript
     B. Python
     C. C#
     D. C++
     E. Ruby
     F. Dart
     G. Kotlin
     H. Rust
     I. Visual Basic Net
     J. Delphi
Bab 12 Pengembangan Sistem Informasi
     A. Pendekatan Pemahaman Sistem
     B. Pendekatan Pemahaman Informasi
     C. Langkah-Langkah Pengembangan Sistem
     D. Tantangan dan Peluang dalam
Bab 13 Pengembangan Enterprise Compuling
     A. Definisi Enterprise Computing
     B. Komponen Infrastruktur IT Perusahaan
     C. Enterprise Resource Planning
     D. Penerapan Enterprise Resource Planning
Daftar Pustaka
Tentang Penulis
Cover Belakang