Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Pengantar Statistika 1

1 Pembaca
Rp 90.000 28%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Pengantar Statistika 1, buku ini memberikan nuansa berbeda yang saling menyempurnakan dari setiap pembahasannya, bukan hanya dari segi konsep yang tertuang dengan detail, melainkan contoh soal yang sesuai dengan aplikasi dan mudah dipahami.

Sistematika buku ini dengan judul “Pengantar Statistika 1” mengacu pada konsep dan contoh soal pembahasan. Buku ini terdiri atas 10 bab yang dijelaskan secara rinci dalam pembahasan mengenai konsep dasar Pengantrar Statistika 1diantaranya: Defenisi dan Klasifikasi Statistika, Pengumpulan Data, Populasi dan Sampel,Penyebaran Data, Distribusi Frekuensi, Ukuran Pemusatan Data, Ukuran Penyebaran Data, Standar Deviasi, Pengukuran Kemencengan dan Keruncingan dan Angka Indeks Statistika.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Arfatin Nurrahmah / Febri Rismaningsih / Ul’fah Hernaeny / Linda Pratiwi / Wahyudin / Abdul Rukyat / Fitri Yati / Lusiani / Dinar Riaddin / Jan Setiawan
Editor: Suci Haryanti

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233622554
Terbit: Desember 2021 , 158 Halaman










Ikhtisar

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Pengantar Statistika 1, buku ini memberikan nuansa berbeda yang saling menyempurnakan dari setiap pembahasannya, bukan hanya dari segi konsep yang tertuang dengan detail, melainkan contoh soal yang sesuai dengan aplikasi dan mudah dipahami.

Sistematika buku ini dengan judul “Pengantar Statistika 1” mengacu pada konsep dan contoh soal pembahasan. Buku ini terdiri atas 10 bab yang dijelaskan secara rinci dalam pembahasan mengenai konsep dasar Pengantrar Statistika 1diantaranya: Defenisi dan Klasifikasi Statistika, Pengumpulan Data, Populasi dan Sampel,Penyebaran Data, Distribusi Frekuensi, Ukuran Pemusatan Data, Ukuran Penyebaran Data, Standar Deviasi, Pengukuran Kemencengan dan Keruncingan dan Angka Indeks Statistika.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengatar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya sehingga buku kolaborasi dalam bentuk book chapter dapat dipublikasikan dan dapat sampai di hadapan pembaca.

Book cahpter ini disusun oleh sejumlah dosen dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Pengantar Statistika 1, buku ini memberikan nuansa berbeda yang saling menyempurnakan dari setiap pembahasannya, bukan hanya dari segi konsep yang tertuang dengan detail, melainkan contoh soal yang sesuai dengan aplikasi dan mudah dipahami.

Sistematika buku ini dengan judul “Pengantar Statistika 1” mengacu pada konsep dan contoh soal pembahasan.

Buku ini terdiri atas 10 bab yang dijelaskan secara rinci dalam pembahasan mengenai konsep dasar Pengantrar Statistika 1diantaranya: Defenisi dan Klasifikasi Statistika, Pengumpulan Data, Populasi dan Sampel,Penyebaran Data, Distribusi Frekuensi, Ukuran Pemusatan Data, Ukuran Penyebaran Data, Standar Deviasi, Pengukuran Kemencengan dan Keruncingan dan Angka Indeks Statistika.

Kami menyadari bahwa tulisan ini jauh dari kesempurnaan dan masih terdapat banyak kekurangan, sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Yang Kuasa. Oleh sebab itu, kami tentu menerima masukan dan saran dari pembaca demi penyempurnaan lebih lanjut.

Akhirnya kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah mendukung dalam proses penyusunan dan penerbitan buku ini, secara khusus kepada Penerbit Media Sains Indonesia sebagai inisiator book chapter ini. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian

Penulis

Arfatin Nurrahmah - Lahir di Jakarta, 10 Juni 1988. Penulis merupakan anak pertama dari tiga bersaudara pasangan (Alm) Bapak Drs. Abdul Rasyid dan Ibu Fatimah Mustopo, S.Pd.I. Di tahun 2005, penulis mengambil S1 Pendidikan Matematika Universitas Negeri Jakarta, dan lulus tahun 2009. Setelah lulus S1, penulis mengajar di beberapa sekolah antara lain SMK Budi Asih, SMP IT Ar Rahman, dan SMK Trisula 1 Perwari. Dua tahun kemudian melanjutkan S2 di program studi pendidikan MIPA Universitas Indraprasta PGRI. Setelah lima tahun menjadi guru, penulis merintis karir sebagai dosen tetap di program studi pendidikan matematika, Universitas Indraprasta PGRI. Penulis fokus pada pengajaran dan penelitian di bidang pendidikan matematika. Beberapa penelitian dan abdimas yang telah dilakukan didanai oleh Kemeristek Dikti dan internal perguruan tinggi. Selain kegiatan tri dharma, penulis juga aktif sebagai editor di jurnal terakreditasi dan Pembina PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI.
Febri Rismaningsih - Lahir di Bantul pada tanggal 16 Februari 1989. Menyelesaikan Pendidikan S1 jurusan Pendidikan Fisika di Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun 2010, kemudian melanjutkan Pendidikan S2 Ilmu Fisika di Universitas Gadjah Mada, diselesaikan pada tahun 2014. Sejak tahun 2016 hingga saat ini menjadi dosen tetap Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Islam Syekh-Yusuf. Untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti. Beberapa penelitian didanai oleh internal perguruan tinggi serta untuk pengabdian masyarakat didanai oleh Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) seperti Program Kemitraan Masyarakat Stimulus pada tahun 2022. Penulis aktif menulis pada jurnal terakreditasi nasional kemenristek DIKTI maupun jurnal internasional. Beberapa karya yang dimiliki telah terdaftar HAKI. Pada tahun 2017, penulis terpilih sebagai peserta Magang Dosen Kemenristek DIKTI di Universitas Gadjah Mada dan di tahun yang sama, penulis mendapat penghargaan Best Poster pada Seminar Nasional Sains dan Teknologi yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Jakarta. Saat ini penulis menjadi editor pada Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik (JIMTEK) serta reviewer pada 4 jurnal nasional terakreditasi. Dalam mengembangkan keilmuan, penulis juga menjalankan tugas sebagai Asesor Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Provinsi Banten Tahun 2021-2025.


Ul’fah Hernaeny - Penulis lahir di Jakarta pada tahun 1984. Penulis adalah Dosen mata kuliah Kalkulus Diferensial, Kalkulus Integral, Matematika Keuangan, Matematika Ekonomi dan Statistik Lanjut di Universitas Indraprasta PGRI (UNINDRA) Jakarta. Penulis menyelesaikan Studi S1 di Prodi Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI (UNINDRA) Jakarta pada tahun 2006. Tahun 2008, penulis berkesempatan melanjutkan studi S2 di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) di Universitas Indraprasta PGRI (UNINDRA) Jakarta yang diselesaikan pada tahun 2010. Melalui beasiswa kampus tahun 2019, saat ini penulis masih aktif sebagai mahasiswi sekolah pascasarjana S3 di Program Studi Manajemen Pendidikan Pakuan Bogor.

Penulis memiliki kepakaran dibidang Pendidikan Matematika. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif sebagai Koordinator Rieviewer Internal Khusus pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) di Universitas Indraprasta PGRI (UNINDRA) Jakarta. Peneliti juga aktif sebagai bendahara di Pusat Kajian Pembelajaran Matematika Universitas Indraprasta PGRI (UNINDRA) Jakarta.


Linda Pratiwi - Lahir di Rembang pada tanggal 22 April 1992, pekerjaan saat ini sebagai tutor Universitas Terbuka. Riwayat pendidikan: SD N 02 Ujungwatu Jepara ,SMPN 02 Keling Jepara, SMK YAJ (Yayasan Aridho Jatimulya), S1 Universitas Indraprasta PGRI, Program Studi Pendidikan Matematika (Lulus tahun 2015). Melanjutkan studi di program Magister (S2) di Universitas Indraprasta PGRI Jakarta pada program Pascasarjana Studi Pendidikan Ilmu Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Lulus tahun 2018). Pengalaman mengajar sebagai Guru di SMK Arjuna, SMK Trimitsa, SMK Pelita Nusantara, SMK PGRI 2 Cibinong dan sebagai tutor Universitas Terbuka.


Wahyudin - Penulis lahir di Subang pada tahun 1992. Saat ini penulis mengajar sebagai guru matematika di SMPN 4 Ciasem. Penulis menyelesaikan studi S1 di prodi Pendidikan Matematika di STKIP Sebelas April Sumedang pada tahun 2014 kemudian penulis melanjutkan studi S2 Prodi MIPA di Universitas Indraprasta PGRI Jakarta selesai pada tahun 2019. Untuk saat ini penulis aktif mengajar dengan mata kuliah Statistika Pendidikan, Pembelajaran Matematika SD, Pendidikan Matematika 1 dan Matematika di UPBJJ Universitas terbuka Jakarta Pokjar Cilamaya. Dan Dosen Mata kuliah Biologi Terapan dan Ekonomi Pertanian Di Kampus Politeknik Agroindustri Subang, serta Sebagai ASN guru Matematika di SMPN 4 Ciasem.


Abdul Rukyat - Ketertarikan penulis terhadap matematika terlihat saat duduk dibangku sekolah menengah pertama. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Sekolah Tinggi keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) KUSUMA NEGARA 2006. dengan memilih Jurusan Program Pendidikan Matematika dan berhasil lulus dengan baik. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan ke Studi S2 pada tahun 2011 di UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI JAKARTA (2011) dengan Program Pendidikan MIPA. Hingga akhirnya penulis meniti karirnya dibidang pendidikan, menjadi dosen di STKIP KUSUMA NEGARA JAKARTA mulai tahun 2014 sampai dengan sekarang

Penulis sebelum menjadi dosen pada tahun 2008 mengajar di SMA Assafiiyah cilangkap Jakarta timur, dan mengabdi di SMP Al-Qalam Jakarta timur. Dan cukup lama mengajar di bimbel Bintang Pelajar Rawamangun Jakarta timur.


Fitri Yati - Lahir tanggal 12 agustus 1972 dikota Bukittinggi, Sumatera Barat. Anak terakhir dari 9 bersaudara. Ayah, Munir Pono, berasal dari Balingka, IV Koto, Agam dan Ibu, Asiah, berasal dari Batu Taba, Ampek Angkek, Agam. Memiliki Seorang putri bernama Naila Sausan binti Hendrik. Riwayat pendidikan penulis adalah Pendidikan TK Kutilang 1 Bukittinggi, SD Inpres Simpang Tarok, SMP Negeri 6 Bukittinggi, SMA TDR PEMUDA Bukittinggi, Akademi Refraksi Optisi GAPOPIN, Universitas Indonesia Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas IndraPrasta Fakultas Matematika dan IPA Prodi Matematika, Universitas IndraPrasta PGRI Fakultas Pascasarjana Matematika dan IPA. Penulis pernah bekerja di beberpa Optik sebagai tenaga teknik Refraksi Optisi, pernah pula mendirikan optik, grosir suka cadang jam dan usaha refil tinta komputer. Tahun 2013 penulis aktif sebagai guru relwan di Madrasah Ibtidaiyah Asasul Islam, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, penulis pun pernah menjadi staf dosen di Akademi Refraksi Optisi GAPOPIN Jakarta sampai September 2020 dan kini aktif menjadi staf dosen di Akademi Refrakasi Optisi Kartika Indra Persada Jakarta.


Lusiani - Penulis kelahiran Cilacap ini adalah dosen program studi Teknika di Akademi Maritim Nusantara sejak tahun 2015 hingga saat ini.

Muslim yang senang bermain dengan angka ini menyelesaikan pendidikan formal Sarjana Pendidikan Fisika di Universitas Negeri Yogyakarta pada Tahun 2011 dan Magister Pendidikan Sains di Universitas Negeri Yogyakarta pada Tahun 2013.

Penulis memiliki keahlian di bidang fisika dan ilmu sains lainnya. Penulis tertarik dengan ilmu sains sejak duduk di bangku Sekolah Menegah Atas hingga saat ini. Beberapa penelitian yang telah dipublikasikan yakni selingkup dengan bidang fisika serta pendidikan fisika. Penulis juga tertarik menulis beberapa buku bidang fisika, maupun selingkup pendidikan lainnya. Penulis juga aktif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat seputar penerapan aplikasi media pembelajaran baik daring maupun luring sesuai bidang yakni fisika dan pendidikan fisika. Kolaborasi antara pendidikan fisika yang diterapkan di bidang kemaritiman dan bidang lainnya menjadi fokus utama pengembangan ilmu dalam tahap adaptasi ilmiah.


Dinar Riaddin - Lahir di Ambon pada tanggal 9 September 1986 dari pasangan seorang ayah La Inu dan seorang ibu Wa Untu. Menempuh jenjang pendidikan dasar di SDN Buku Kabupaten Wakatobi (Tahun 1994-2000) dan sekolah menengah pertama di SMPN 1 Wangi-Wangi (Tahun 2000-2003). Adapun jenjang SMA ditempuh di SMAN 1 Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi (Tahun 2003-2006). Melanjutkan jenjang studi S1 pada Program Studi Pendidikan matematika IAIN Ambon (Tahun 2006-2011). Adapun pendidikan S2 ditempuh pada program studi pendidikan matematika Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, dan lulus S2 dengan judul tesis” Pengembangan multimedia interaktif berbasis teori Van Hiele pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTsN Model Makassar.”

Hingga kini penulis adalah dosen tetap pada prodi pendidikan matematika IAIN Ambon. Beberapa Mata kuliah yang diampu diantaranya adalah Kalkulus lanjut, Pembelajaran matematika Berbasis ICT, Pemrograman Komputer, Teori Bilangan dan lain-lain.


Jan Setiawan - Penulis lahir di Jakarta pada tahun 1980. Saat ini penulis adalah staf Peneliti Ahli Madya pada Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Penulis menyelesaikan studi S1 di prodi Fisika Institut Pertanian Bogor pada tahun 2003. Studi S2 di prodi Ilmu Bahan-bahan Universitas Indonesia diselesaikan oleh Penulis pada tahun 2010. Tahun 2015, Penulis menyelesaikan studi S3 di prodi Ilmu Bahan-bahan Universitas Indonesia. Bidang kepakaran penelitian Penulis adalah teknik material. Selain berkarir sebagai peneliti Penulis juga aktif menjadi pengajar pada Program Studi Teknik Elektro - Universitas Pamulang. Penulis juga aktif menjadi editor untuk jurnal ilmiah nasional dan mitra bestari untuk jurnal ilmiah baik nasional maupun internasional. Penulis mulai berkecimpung dalam penulisan buku untuk bidang MIPA dan keteknikan semenjak tahun 2020.


Editor

Suci Haryanti - Anak kelima dari pasangan Alm Hamdani dan Manih, pada kelahiran 28 Juni 1982. Istri dari Irsad Maulana dan Ibu dari Rakha Ibnu Maulana, Nafisah Airis Maulana. Wanita yang berprofesi sebagai pendidik menamatkan jenjang Pasca Sarjana (S2) dalam bidang Pendidikan Matematika di Universitas Indraprasta, saat ini sedang berkonsentrasi pada Teknologi Pendidikan mengambil gelar Doctor (S3) di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Dosen di ARO KIP, STIAPI Jakarta dan Tutor pada Universitas Terbuka Jakarta serta guru IPA pada SMP Boarding Cahaya Quran. Ketua pada organisasi sosial ’Optometri Berbagi.’

Menulis buatnya adalah Passion yang kini telah menjadi candu, dengan menerbitkan buku solo “Enjoy Matematika dengan Defragmentasi” sebuah novel cantik nan menggugah “Seperti Senja Menanti Pagi” buku “Statistika Untuk Penelitian jilid 1 dengan Aplikasi SPSS” dan buku monograf "Gaya Belajar Kognitif & Struktur Berpikir (Defragmentasi) Pada Matematika,” bukan hanya itu, ia juga menulis puluhan buku antologi baik fiksi atau pun non fiksi (book chapter) dan aktif pada komunitas menulis fiksi “Kabar Ezrin dan Row Publishing”. Telah mengeditori 60 lebih buku yang merupakan editor tetap bersertifikasi BNSP dan termasuk dalam Tim Internal di bidang kerjasama Penerbit Media Sains Indonesia. Aktif dalam menulis dan menerbitkan artikel di jurnal nasional maupun internasional.

Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1. Definisi dan Klasifikasi Statistika
     Definisi Statistika
     Klasifikasi Statistika
     Manfaat Statistika
Bab 2. Pengumpulan Data
     Pengertian Data
     Kegunaan dan Karakteristik Data
     Pengertian Pengumpulan Data
     Jenis-Jenis Data
     Teknik Pengumpulan Data
Bab 3. Populasi dan Sampel
     Populasi
     Sampel
Bab 4. Penyajian Data
     Pengertian Penyajian Data
     Diagram
     Ogive
Bab 5. Distribusi Frekuensi
     Tabel Distributif Frekuensi
     Pengertian Pengumpulan Data
Bab 6. Ukuran Pemusatan Data
     Ukuran Pemusatan Data
     Rerata (Mean)
     Median
     Modus
     Kuartil
     Desil
Bab 7. Ukuran Penyebaran Data(Dispersi)
     Pengertian Ukuran Penyebaran Data
     Ukuran Penyebaran Data Tunggal
     Ukuran Penyebaran Data Kelompok
Bab 8. Standar Deviasi
     Standar Deviasi Sampel
     Standar Deviasi Populasi
Bab 9. Pengukuran Kemencengan dan Keruncingan
     Ukuran Kemencengan (Skewness)
     Ukuran Keruncingan (Kurtosis)
     Soal Latihan
Bab 10.  Angka Indeks Statistika
     Pengantar Angka Indeks
     Penyusunan Angka Indeks
     Penerapan Angka Indeks
Cover Belakang