Tips membuka ECM Honda CB150 Verza, enggak bakal terbalik

Tabloid Motor Plus - Edisi 993
15 Maret 2018

Tabloid Motor Plus - Edisi 993

“Pada ECM CB150 Verza berbeda sama sekali. / Foto : gt

Motor Plus
Pada new model keluaran Honda yakni CB150 Verza, Honda melakukan perubahan pada desain ECM. “Pada ECM CB150 Verza berbeda sama sekali. Sebelumnya Verza lama menggunakan versi 5, sedangkan CB150 Verza menggunakan versi 5.5. Bentuknya pun sekarang berbeda dan jauh lebih kecil,” ucap Endro Sutarno selaku Technical Service Training Instructor PT. Astra Honda Motor (PT. AHM).

Sekilas, bentuknya seperti RAM laptop. Meski pembacaannya ada dua bagian, yaitu atas dan bawah, pemasangan ECM ini didesain tidak bisa terbalik. Bentuk yang berbeda juga berbeda cara membukanya lho. Endro yang murah senyum ini memberi tutorial terkait cara membuka ECM dengan benar.

ECM CB150 Verza letaknya sama seperti Verza terdahulu yakni disebelah kiri dan tertutup cover body. Buka baut cover body dan copot, maka terlihat ECM yang berada di belakang kapasitor. “Agar membuka ECM makin mudah, kapasitor lepas saja dari dudukannya,” sarannya.

Angkat dudukan ECM dan untuk melepasnya tarik knop pengunci yang berada di samping keluar sampai terlihat ECM sedikit keluar. Selain sebagai tanda ECM siap dikeluarkan, sobat juga lebih mudah untuk menarik ECM keluar.

Namun, akan lebih baik membukanya tarik kearah bawah. Hal ini bukan tanpa sebab, karena bila ada kotoran, maka kotoran tersebut tidak masuk ke pin di dudukan ECM. Cara memasangnya pun mudah loh bro, cukup masukkan ECM dan knop pengunci akan masuk setengah, nah tinggal tekan lagi knop penguncinya sampai terdengar bunyi ‘tekk’. Terakhir tempatkan ECM didudukannya seperti semula.

Tabloid Motor Plus dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI