Tampilkan di aplikasi

Komunitas Djokjakarta 1945, merawat kembali ingatan kita

Majalah MYMAGZ - Edisi 10/2018
5 November 2018

Majalah MYMAGZ - Edisi 10/2018

Komunitas Djokjakarta 1945 mengajak kita merawat ingatan untuk peristiwa-peristiwa bersejarah tersebut.

MYMAGZ
Kemerdekaan Indonesia yang kita rasakan sekarang merupakan hasil dari perjuangan dari para leluhur bangsa. Komunitas Djokjakarta 1945 mengajak kita merawat ingatan untuk peristiwaperistiwa bersejarah tersebut. Komunitas yang diprakarsai oleh Eko Isdianto ini bergerak dalam hal edukasi sejarah melalui beberapa program menarik. Salah satu programnya adalah kegiatan teatrikal untuk memperingati hari bersejarah Indonesia.

Berawal dari pertemuan para anggota yang gemar dengan hal-hal bertema perjuangan serta militer, akhirnya Komunitas Djokjakarta 1945 lahir pada tanggal 24 November 2013. Komunitas Djokjakarta 1945 memiliki kurang lebih 120 anggota dan telah memiliki kerjasama dengan beberapa institusi dalam menyelenggarakan beberapa program komunitas.

Program-program tersebut diantaranya workshop dan teatrikal yang dilakukan ke sekolah-sekolah, kegiatan merti musem dan monumen, seminar dan bedah buku, serta kegiatan teatrikal yang merupakan program tertua dari komunitas ini. Workshop dan teatrikal merupakan program yang baru dijalankan pada tahun ini.

Workshop ini memberi pemahaman mengenai sejarah terlebih dahulu sebelum murid kemudian dibagi untuk melakukan lomba teatrikal dan menggambar dari hasil workshop. Program merti museum dan monument merupakan kegiatan perawatan dari lokasi-lokasi bersejarah. Salah satu museum yang pernah menjadi lokasi program ini merupakan museum Dirgantara Mandala Jogja.
Majalah MYMAGZ di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI