Tampilkan di aplikasi

Kaya jadi youtuber, jalan pintas bermodal konten receh

Tabloid NOVA - Edisi 1624
5 April 2019

Tabloid NOVA - Edisi 1624

Ria Ricis, youtuber perempuan pertama di Asia Tenggara dengan subscribers 11 juta.

NOVA
Menjadi youtuber kian menggiurkan. Tak perlu membayar tapi bisa mendatangkan rupiah bermiliar-miliar. Bahkan mendadak bisa lebih ngetop ketimbang artis terkenal sekalipun. Tapi, awas! Jangan pernah jadikan itu sebagai profesi utama. Ria Ricis bukan penyanyi, Atta Halilintar juga bukan bintang film. Tapi, saat ini kedua “orang biasa” ini punya pengikut lebih banyak ketimbang artis.

Ari Lasso (46) yang sudah malang melintang di dunia musik hampir 30 tahun saja begitu girang saat followers-nya di Instagram menembus angka sejuta. Sementara Atta Halilintar (24) asli bukan penyanyi sepertinya santai saja punya pengikut yang 5 kali lebih banyak daripada Ari. Pun kanal Youtube-nya yang punya 13 juta pelanggan.

Atau, Ria Ricis yang “pelanggan” kanal Youtubenya mencapai sekitar 11 juta bahkan jauh mengungguli The Princess Syahrini yang “hanya” punya sekitar 500.000 subscribers! Atau Chandra Liow, yang sudah jatuh bangun 11 tahun mengelola channel Youtube-nya, dan memiliki 2 juta pengikut saat ini. Sebagai youtuber teratas di Indonesia, Ria dan Atta bukan hanya ngetop tapi juga dalam waktu singkat bisa meraup penghasilan hingga miliaran rupiah.

Sudah begini, wajar jika sebagian artis pun “cemburu” pada dua orang itu. Hingga beberapa mulai aktif bikin kanal dan mengunggah video di Youtube. Dan berhasilkah mereka menyaingi Ria-Atta di medsos berbasis video itu? Jika pun ada bolehlah disebut pasangan Paula Verhoeven dan Baim Wong, salah satunya. Pasangan ini sukses menjadi “orang gila” lewat akun Youtube mereka: Bapau. Dan menjadi youtuber pun kontan menjadi idaman banyak orang. Bahkan tak sedikit yang berniat menjadi youtuber sebagai profesi.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI