Tampilkan di aplikasi

Baru setengah orang dewasa mengakses internet

Majalah Peluang - Edisi 156
8 Maret 2023

Majalah Peluang - Edisi 156

Penduduk Indonesia tergolong paling aktif berinternet ria. Mereka bisa online enam jam sehari.

Peluang
Penduduk Indonesia tergolong paling aktif berinternet ria. Mereka bisa online enam jam sehari. Hanya saja, jika dielaborasi, angka itu tak menyebar rata. Di sana ada ketimpangan akses yang belum menyempit. Memang ada percepatan adopsi layanan berkemampuan internet selama pandemi Covid-19, dan itu ikut mendorong pertumbuhan ekonomi digital.

Dalam laporan bertajuk "Beyond Unicorn: Memanfaatkan Teknologi Digital untuk Inklusi di Indonesia", Bank Dunia menyebut kesenjangan konektivitas dasar tetap menjadi rintangan utama di Indonesia.

Hampir setengah dari populasi orang dewasa masih belum memiliki akses ke teknologi digital. Secara bersamaan, kesenjangan konektivitas perkotaan dan pedesaan belum menyempit.

Proporsi orang dewasa Indonesia yang mengakses internet meningkat dari 13 persen pada 2011 menjadi 51 persen pada 2019. Selain itu, 62 persen orang dewasa Indonesia di daerah perkotaan terhubung ke internet dibandingkan dengan 36 persen di daerah pedesaan. Pada 2011, angka masing-masingnya 20 persen dan 6 persen.

Penduduk Indonesia di 10 persen teratas dari distribusi pendapatan lima kali lebih terhubung daripada mereka yang berada di 10 persen terbawah.

"Pada saat yang sama, pemerintah perlu mengatasi tantangan terkait regulasi dan lingkungan bisnis agar perusahaan dapat berinovasi dan bersaing secara efektif," kata Satu Kahkonen, Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan TimorLeste.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI