Tampilkan di aplikasi

Buku Penamuda Media hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Pengantar Manajemen Usaha

1 Pembaca
Rp 55.000 15%
Rp 46.530

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 139.590 13%
Rp 40.326 /orang
Rp 120.978

5 Pembaca
Rp 232.650 20%
Rp 37.224 /orang
Rp 186.120

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Dalam dunia usaha banyak masalah yang datang silih berganti, belum lagi iklim usaha yang sering berubah drastis dan semakin menantang. Para pengusaha yang berkecimpung dalam dunia usaha harus paham medan, pandai mencari jalan keluar, atau win-win solution agar tetap eksis.

Namun kadang pengusaha belum siap dalam menghadapi masalah, memilah apalagi mencari jalan keluar atas masalah yang dihadapi, untuk itu perlu rasanya dalam berusaha paham tata kelola manajemen usaha.

Buku Pengantar Manajemen Usaha ini hadir untuk menjadi bahan bacaan dan pedoman menggeluti dunia usaha.

Dalam buku ini dimuat beberapa hal mendasar mengenai manajemen usaha, mulai dari manajemen usaha, tata kelola dan Skema keuangan perusahaan yang sehat, bagaimana UMKM agar bisa meningkat di era digital, dan Distribusi Barang dibahas secara detail dengan bahasa yang sangat ringan

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Alamsyah Agit / Gilang Kharisma Putra / Fanniya Dyah Prameswari / I Putu Dharmawan Suryagita Susila Putra / Umi Hani / Mahfud Nugroho / Fitria Yuni Astuti / Nurul Aziz Pratiwi / Rahmat Aji Nuryakin / Dyah Purwaningrum
Editor: Fisal Hidayat

Penerbit: Penamuda Media
ISBN: 978623097285
Terbit: Januari 2024 , 192 Halaman










Ikhtisar

Dalam dunia usaha banyak masalah yang datang silih berganti, belum lagi iklim usaha yang sering berubah drastis dan semakin menantang. Para pengusaha yang berkecimpung dalam dunia usaha harus paham medan, pandai mencari jalan keluar, atau win-win solution agar tetap eksis.

Namun kadang pengusaha belum siap dalam menghadapi masalah, memilah apalagi mencari jalan keluar atas masalah yang dihadapi, untuk itu perlu rasanya dalam berusaha paham tata kelola manajemen usaha.

Buku Pengantar Manajemen Usaha ini hadir untuk menjadi bahan bacaan dan pedoman menggeluti dunia usaha.

Dalam buku ini dimuat beberapa hal mendasar mengenai manajemen usaha, mulai dari manajemen usaha, tata kelola dan Skema keuangan perusahaan yang sehat, bagaimana UMKM agar bisa meningkat di era digital, dan Distribusi Barang dibahas secara detail dengan bahasa yang sangat ringan

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Kami ucapkan penuh rasa syukur pada Allah karena atas izin dan Karunia-Nya, buku PENGANTAR MANAJEMEN USAHA bisa terbit dan hadir di tengah pembaca.

Penulisan Buku PENGANTAR MANAJEMEN USAHA dilakukan dalam rangka untuk menjawab tantangan semakin berkembangnya inovasi dalam usaha bisnis, namun minimnya informasi atau panduan yang komperhensif dalam meningkatkan tata kelola manajemen usaha yang baik. Buku ini dapat menambah pengetahuan masyarakat maupun dalam kalangan akademisi.

Dalam buku ini terdapat 11 Bab Pembahasan tentang Manajemen Usaha, di antaranya membahas; Dasar Manajemen Keuangan, Badan Usaha Perusahaan, Pasar Keuangan, Jenis Rasio Keuangan, Perencanaan Keuangan, Analisis Break Even Point, Manajemen Kas dan Aset Perusahaan, Manajemen Modal Kerja, Pengelolaan UMKM, Strategi UMKM era digital, Distribusi Barang.

Kami sadar sepenuhnya bahwa buku yang ada di tangan pembaca saat ini masih banyak kekurangan. Maka dari itu kami sangat mengharapkan saran untuk perbaikan buku ini di masa yang akan datang. Dan tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses penerbitan buku ini. Semoga buku ini dapat membawa manfaat serta pengaruh yang baik bagi para pembaca.

Penulis

Alamsyah Agit - Alamsyah Agit, SE., M.Si. Penulis memiliki ketertarikan dalam bidang ekonomi, didorong oleh orang tua penulis merupakan seorang wirausaha, dari sini ketertarikan penulis akan dunia bisnis dan ekonomi mulai tumbuh. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dan berhasil menyelesaikan studi S1 di prodi Ekonomi Pembangunan Universitas Muhammadiyah Parepare pada tahun 2018.

Kemudian, penulis menyelesaikan studi S2 di prodi Ilmu Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia Penulis memiliki keahlian di bidang ekonomi pembangunan terutama dalam sub bidang perencanaan pembangunan. Untuk memberikan kontribusi secara ilmiah penulis berkarir sebagai dosen, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi. Selain bidang ekonomi pembangunan, penulis juga berkolaborasi dengan dosen dan peneliti lain dalam bidang ekonomi dan bisnis serta social sciences, namun bidang yang sangat diminati oleh penulis adalah bidang ekonomi industri. Walaupun baru memulai penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.

Email Penulis: alamsyahagit@gmail.com
Gilang Kharisma Putra - Gilang Kharisma Putra, lahir di Kabupaten Blora 16 Maret 1994, menamatkan program Sarjana Manajemen pada 2018 dari Universitas Semarang, serta program Magister Manajemen pada 2020 dari almamater yang sama yaitu Universitas Semarang. Saat ini aktif sebagai dosen program studi Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Selamat Sri dengan mengampu mata kuliah seperti: metodologi penelitian, seminar manajemen, statistika 1, statistika 2, kewirausahaan, manajemen operasional 1, manajemen operasional 2 dll. Selain mengajar, juga merupakan kepala Gugus Penjaminan Mutu Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Selamat Sri. Pada Semester Genap tahun tahun ajar 2022-2023 terpilih menjadi salah satu Dosen Pendamping Lapangan Kampus Mengajar batch 5, program nasional bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka dibawah naungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Fanniya Dyah Prameswari - Fanniya Dyah Prameswari lahir di Semarang pada tanggal 15 Juni 1992. Ia melanjutkan ke bangku perkuliahan dengan mengambil pendidikan S1 Akuntansi di Universitas Diponegoro Semarang dan lulus pada tahun 2014. Selanjutnya ia melanjutkan untuk kuliah program Pendidikan Profesi Akuntansi di Universitas Diponegoro Semarang. Selama melanjutkan kuliah profesinya, ia juga bekerja pada sebuah perusahaan media di kota Semarang. Selesai mengenyam bangku kuliah pendidikan profesi akuntansi, ia melanjutkan pendidikan S1-Manajemen di STIE Widya Manggala dan S2- Magister Manajemen di Universitas Diponegoro dengan konsentrasi manajemen keuangan. Saat ini ia bekerja sebagai dosen program studi Manajemen di Universitas Widya Husada Semarang.
I Putu Dharmawan Suryagita Susila Putra - Penulis menempuh Pendidikan pendidikan S1 Manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, dan menempuh pendidikan S2 Magister Manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Saat ini penulis berprofesi menjadi dosen di prodi Kewirausahaan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tabanan, yang beralamat di Jl. Wagimin No.8, Kediri, Kecamatan. Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali.
Umi Hani - Menyelesaikan D-1 Akuntansi perpajakan di STEKOM Semarang, S1Fakultas Sayariah jurusan Ahwal Al Syahsiyah si UIN Walisongo Semarang. S2 pada program Magister Manajemen di SETIPARI Semarang. Saat ini sebagai dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Selamat Sri (UNIS). Penulis juga memiliki latar belakang pengalaman kerja sebagai penyuluh agama Non-PNS, pengelola dan kabag keuangan di Yayasan Wakaf Selamat Rahayu Kendal Jawa Tengah.
Mahfud Nugroho - Anak pertama dari tiga bersaudara. Mengambil studi S1 Ekonomi Syariah di UIN Abdurahman Wahid Pekalongan dan S2 Manajemen di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Pernah memiliki pengalaman kerja sebagai penyiar radio di stasiun radio swasta yaitu di MFM Batang dan POPFM Pekalongan selama kurang lebih enam tahun. Pernah mengajar sebagai Dosen di Akademi Seni dan Desain Indonesia Surakarta (ASDI), staff administrasi HRD dan Investasi di Dana Pensiun PT Antam, Staff Inventory di PT Nawakara PLTU Batang dan saat ini mengajar sebagai Dosen di Universitas Selamat Sri.

Menyukai beberapa hobi seperti olahraga, menyanyi, traveling dan adventure. Selain mengajar juga aktif sebagai voice over talent dan content creator.
Fitria Yuni Astuti - Menempuh Pendidikan S1 pada program studi Manajemen di Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Pendidikan S-2 pada program magister Manajemen di Universitas Diponegoro Semarang. Saat ini penulis berprofesi sebagai Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis di Universitas Selamat Sri (UNISS).Penulis juga aktif sebagai reviewer dalam sebuah jurnal nasional.Penulis melakukan riset dibidang Manajemen, Enterpreuneurship dan Finance.
Nurul Aziz Pratiwi - Lulus Pendidikan Sarjana Manajemen di STIE Ekuitas Bandung pada tahun 2012, lulus Magister Manajemen Universitas Widyatama Bandung pada tahun 2020 dengan konsentrasi Manajemen Operasional. Saat ini sebagai dosen tetap di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Maju (UIMA) Jakarta dan juga menjadi Tutor di Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka (UT). Aktif menjadi anggota Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia cabang Jawa Barat. Sebelumnya pernah bekerja di perbankan tahun 2017 dan menjadi staf pada perusahaan brand sepatu Nike di Jawa Barat hingga tahun 2020.
Rahmat Aji Nuryakin - Penulis adalah seorang Dosen Tetap Prodi Perbankan Syari’ah di STAI Pelita Nusa Kab. Bandung Barat. Selain mengajar penulis masih aktif bekerja disalah satu Perusahaan Swasta yang bergerak dibidang Rotogravure di Cikarang Barat Kab. Bekasi Provinsi Jawa Barat. Serta masih aktif sebagai Tutor Tuton Di Universitas Terbuka, Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen.

Menulis dalam salah satu bab dalam buku ini, berjudul “Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Era Digital”, merupakan tulisan pertama penulis dalam menulis buku, sebelumnya ada beberapa jurnal ilmiah yang telah dipublikasikan, salah satunya berjudul “Sertifikasi Halal Industri pada Produksi Barang Gunaan Kemasan (Packaging) di PT.

Indonesia Toppan Printing” (2023), yang dimana penulis meneliti ditempat penulis bekerja di Perusahaan Swasta.

Walaupun latar belakang pendidikan penulis merupakan seorang Sarjana dan Magister bidang Manajemen Pemasaran tetapi penulis sangat tertarik dengan cabang ekonomi lainnya terutama tentang Ekonomi Syari’ah yang dimana penulis mengajar di salah satu kampus yang memiliki prodi Perbankan Syari’ah yang dituntut untuk mendalami tentang Manajemen Keuangan Syari’ah sehingga penulis tak henti untuk terus belajar lagi untuk menambah Khazanah Keilmuan tentang Perekonomian Islam.
Dyah Purwaningrum - Dyah Purwaningrum S.E.,M.M Penulis lahir di kota Semarang Provinsi Jawa Tengan .menyelesaikan pendidikan Sarjana Ekonomi Jurusan Manajemen di Universitas 17 Agustus 1945 Pada Tahun 1993, pada tahun 2012 menyelesaikan pendidikan Strata dua Magister Manajemen di Universitas 17 Agustus 1945. Mulai menjadi dosen tahun 2012 di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Widya Husada Semarang (sekarang Universitas Widya Husada Semarang ) dan Kepala Bidang Keuangan (1997 -2010). Ka.Humas STIKES Widya Husada Semarang (2010-2015). Wakil ketua III STIKES Bidang Kemahasiswaan (tahun 2015-2020)Tahun 2020- sekarang menjadi Dosen dan Ka.Prodi Manajemen Program Sarjana Universitas Widya Husada Semarang.

Daftar Isi

Cover Depan
Halaman Balik Judul
Kolovon
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1 Dasar-Dasar Manajemen Keuangan
     A. Gambaran Umum Manajemen Keuangan
     B. Ruang Lingkup manajemen Keuangan
     C. Financial Decision
     D. Investment Decision
     E. Devidend Policy
     F. Capital Decision
     G. Masalah-Masalah dalam Manajemen Keuangan
Bab 2 Badan Usaha Perusahaan
     A. Pengertian Badan Usaha
     B. Bentuk-Bentuk Badan Usaha
     C. Penggabungan Badan Usaha
Bab 3 Pasar Keuangan
     A. Pasar Uang
     B. Pasar Obligasi
     C. Pasar Modal
Bab 4 Jenis Rasio Keuangan
     A. Pengertian Rasio Keuangan
     B. Tujuan dan Manfaat Rasio Keuangan
     C. Keunggulan dan Keterbatasan Rasio Keuangan
     D. Jenis Rasio Keuangan
Bab 5 Perencanaan Keuangan
     A. Pengertian Perencanaan Keuangan
     B. Arus Kas Perusahaan
     C. Analisis Sumber dan Penggunaan Dana
     D. Perencanaan Keuangan dan Perencanaan Strategis
     E. Fungsi Perencanaan Keuangan
     F. Langkah-Langkah Dalam Membuat Perencanaan Bisnis
     G. Tujuan Perencanaan Keuangan Perusahaan
     H. Aspek-Aspek Dalam Perencanaan Keuangan
Bab 6 Analisis Break Even Point (BEP)
     A. Biaya Variabel
     B. Biaya Tetap
     C. Break Even Point (BEP)
Bab 7 Manajemen Kas dan Aset Perusahaan
     A. Pengertian Kas
     B. Aliran Kas
     C. Faktor yang Mempengaruhi Besarnya Persediaan Kas
     D. Motif Penahanan Kas
     E. Tujuan Manajemen Kas
     F. Model-Model Manajemen Kas
     H. Jenis-Jenis Aset Perusahaan
     I. Optimalisasi Aset
     J. Menghitung Aset
Bab 8 Manajamen Modal Kerja
     A. Terminologi Modal Kerja
     B. Pengertian Manajemen Modal Kerja
     C. Tujuan Manajemen Modal Kerja
     D. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Aktiva Lancar
     E. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Utang Lancar
     F. Pengelolaan Modal Kerja
     G. Menentukan Kebutuhan Modal Kerja
     H. Memonitor Modal Kerja
Bab 9 Pengelolaan UMKM
     A. Pengertian UMKM
     B. Kreteria UMKM
     C. Pengelolaan UMKM
     D. Pengelolaan Bisnis SKala UMKM
     E. Prinsip dan Tujuan Pemberdayaan UMKM
     F. Upaya Pengembangan UMKM
Bab 10 Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Di Era Digital
     A. Pengertian Strategi Pengembangan Usaha
     B. Tips dan Trik dalam Menjalankan Strategi Pengembangan Usaha
Bab 11 Distribusi Barang
     A. Pengertian DIstribusi
     B. Bentuk Saluran DIstribusi
     C. Tujuan Saluran DIstributor Distribusi
     D. Fungsi dan Tugas Pokok Distribusi
     E. Faktor Pengaruh Kegiatan Distribusi
     F. Faktor-Faktor Distribusi yang Dipertimbangan
     G. Strategi Distribusi
     H. Konflik Saluran DIstribusi
     I. Evaluasi Saluran DIstribusi
Daftar Pustaka
Tentang Penulis
Cover Belakang