Tampilkan di aplikasi

Mengenal filosofi warna dalam desain

Majalah Print Media - Edisi 105
7 Maret 2022

Majalah Print Media - Edisi 105

warna

Print Media
Setelah pada edisi lalu, penulis menuliskan tentang teori warna dalam desain. Pada edisi kali ini, masih berhubungan dengan warna yakni Filosofi Warna Dalam Desain.

Seorang desainer grafis wajib me ngetahui dan memahami filosofi warna, karena warna tidak hanya sekedar unsur yang membangun karya grafis.

Warna juga menjadi faktor utama yang menentukan keindahan sebuah karya desain grafis dan warna juga memiliki pengaruh psikologis pada diri sese orang.

Dalam sebuah penelitian terungkap bahwa keputusan yang diambil dalam membeli sesuatu, 85%nya dipengaruhi oleh warna, karena warna dapat membangkitkan keinginan terpendam dalam diri seseorang.

Fungsi Warna dalam Desain Grafis Sebelum mengenal lebih dalam tentang filosofi warna, kita lebih dulu harus mengerti fungsi warna dalam desain grafis. Berikut beberapa fungsi warna yang perlu untuk diketahui: Fungsi Alamiah Saat pertama kali melihat sebuah warna, secara alamiah otak akan memproses dan membandingkan, benda-benda apa saja yang warnanya serupa dengan warna yang baru dilihat.

Artinya, warna-warna dari benda yang dilihat dalam kehidupan sehari-hari tanpa sadar telah tertanam kuat dan mempengaruhi pikiran serta mencipta kan sifat objek secara nyata, misalnya: warna biru untuk langit dan laut, hijau untuk tumbuhan dan sebagainya.

Fungsi Psikologis Segala sesuatu yang ada di sekitar termasuk warna berkaitan dengan psikologi manusia. Bahkan, menurut hasil penelitian warna dapat dikaitkan dengan kejiwaan seseorang. Sehingga dengan warna kepribadian dan karakter seseorang akan dapat diketahui dengan cepat dan tepat. Misalnya seseorang yang berkarakter introvert cenderung menyukai warna-warna cerah.
Majalah Print Media di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI