Tampilkan di aplikasi

Buku Pustaka Rumah C1nta hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Ibu Sehat No “Postpartum Blues”

1 Pembaca
Rp 70.000 15%
Rp 59.500

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 178.500 13%
Rp 51.567 /orang
Rp 154.700

5 Pembaca
Rp 297.500 20%
Rp 47.600 /orang
Rp 238.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku ini berisi mengenai masa nifas, postpartum blues, dan afirmasi positif. Pada masa pandemi Covid-19, postpartum blues meningkat, sehingga salah satu cara menangani postpartum blues menggunakan afirmasi positif. Salah satu bentuk afirmasi positif adalah komunikasi antara pikiran sadar dan pikiran bawah sadar menggunakan pernyataan-pernyataan positif terhadap diri sendiri. Buku ini sesuai untuk menangani ibu yang sedang mengalami postpartum blues agar bisa menerima dirinya sendiri. Diharapkan dengan membaca buku ini para ibu nifas yang mengalami postpartum blues dapat meningkatkan kesejahteraan diri, kesehatan jiwa, dan raganya selama menjalani masa nifas.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Fauzul Munah / Sri Sumarni / Suryati Kumorowulan

Penerbit: Pustaka Rumah C1nta
QRSBN: 9786234320831
Terbit: Januari 2023 , 66 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Buku ini berisi mengenai masa nifas, postpartum blues, dan afirmasi positif. Pada masa pandemi Covid-19, postpartum blues meningkat, sehingga salah satu cara menangani postpartum blues menggunakan afirmasi positif. Salah satu bentuk afirmasi positif adalah komunikasi antara pikiran sadar dan pikiran bawah sadar menggunakan pernyataan-pernyataan positif terhadap diri sendiri. Buku ini sesuai untuk menangani ibu yang sedang mengalami postpartum blues agar bisa menerima dirinya sendiri. Diharapkan dengan membaca buku ini para ibu nifas yang mengalami postpartum blues dapat meningkatkan kesejahteraan diri, kesehatan jiwa, dan raganya selama menjalani masa nifas.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur selalu kita panjatkan kehadirat Allah Swt., sehingga buku tentang “Ibu Pintar No Postpartum Blues” ini dapat terselesaikan. Buku ini dapat digunakan bagi mahasiswa kebidanan maupun masyarakat umum dalam melakukan deteksi dini pada ibu postpartum blues agar mendapat informasi mengenai cara menangani postpartum blues pada masa pandemi Covid-19 ini.

Kajian yang diungkap pada buku ini mencakup beberapa hal antara lain; ibu nifas, postpartum blues, stres, perceived social support, dan afirmsi positif. Diharapkan dengan membaca buku ini para ibu nifas yang mengalami postpartum blues dapat meningkatkan kesejahteraan diri, kesehatan jiwa, dan raganya selama menjalani masa nifas. Semoga buku ini dapat menambah wawasan para ibu postpartum blues. Penulis menyadari bahwa penyusunan buku ini masih jauh dari sempurna, karena pengalaman dan pengetahuan penulis yang terbatas. Oleh karena itu, saran dan kritik dari semua pihak sangat diharapkan demi perbaikan buku di masa mendatang.

Penulis

Fauzul Munah - Fauzul Munah, S.Tr.Keb, M.Tr.Keb merupakan mahasiswa Program Studi Magister Terapan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Semarang. Lahir di Demak pada 7 April 1997. Ia lulus Sarjana Terapan Kebidanan dari Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Semarang pada 2020. Kemudian pada tahun yang sama, ia melanjutkan kuliahnya di Program Magister Terapan Jurusan Kebidanan di Poltekkes Kemenkes Semarang hingga saat ini. Sejak menjadi mahasiswa, ia sudah ikut dalam berbagai organisasi kampus, salah satunya dalah Himpunan Mahasiswa Pasca Sarjana Poltekkes Kemenkes Semarang 2021. Ia juga aktif dalam membantu penelitian dosen, penelitian kreativitas mahasiswa, dan penelitian pengembangan masyarakat.
Sri Sumarni - Dr. Sri Sumarni, M.Mid adalah dosen di Program Studi Kebidanan Poltekkes Kemenkes Semarang. Lahir di Sragen, 29 Juli 1973. Ia lulus Diploma dari Akademi Keperawatan Depkes Semarang Bidang Ilmu Keperawatan Semarang pada 1994. Kemudian pada 1996, beliau memperoleh Akta mengajar di UNS Surakarta bidang ilmu FIP pada 1996-1997. Kemudian ia melanjutkan studinya pada jurusan Kebidanan di Graduate Diploma dan S-2 di Graduate Diploma of Midwifery, Master of Midwifery Australian Catholic University, Melbourne, Victoria, Australia pada 2000-2004. Kemudian ia melanjutkan pendidikan S-3 di Universitas Diponegoro jurusan Doktor Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, lulus pada 2020. Sejak 2013, ia sudah mengajar di Poltekkes Kemenkes Semarang di Jurusan Kebidanan. Saat ini ia menjabat sebagai Kaprodi Program Studi Pasca Sarjana Kebidanan Poltekkes Kemenkes Semarang. Ia juga aktif di bidang penelitian, ia mulai memilih kebidanan sebagai salah satu objek penelitiannya. Hingga saat ini, sejumlah publikasi telah dihasilkan dari hasil penelitian dengan objek bidang kebidanan. Publikasi tersebut meliputi berbagai judul artikel ilmiah yang dipublikasi pada jurnal ilmiah internasional terindeks dan bereputasi, jurnal ilmiah internasional terindeks, jurnal ilmiah terakreditasi, dan prosiding internasional bereputasi.
Suryati Kumorowulan - Dr. dr. Suryati Kumorowulan, M. BioTech. lahir di Sleman, 18 Agustus 1970. Menempuh pendidikan S-1 Kedokteran pada 1994, S-2 Bioteknologi pada 2009 dan S-3 Biomedis pada 2015 Universitas Gajah Mada. Pengalaman bekerja dan jabatan menjadi dosen di Poltekkes Kemenkes Semarang pada 2017 sampai sekarang. Bekerja sebagai Kepala Peneliti di Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Magelang pada 2017 sampai sekarang. Pernah mengikuti kegiatan menjadi Tim Editor Jurnal Ilmiah terakreditasi Shinta 2, Media Gizi Mikro Indonesia pada 2014-2021. Berbagai penelitian dan publikasi artikel ilmiah telah ia lakukan hingga menjadi pemakalah seminar (oral presentation).

Daftar Isi

Sampul Depan
Halaman Sampul
Hak Cipta
Perpustakaan Nasional RI. Data Katalog dalam Terbitan (KDT)
Penerbit Pustaka Rumah C1nta
Kata Pengantar
Daftar Isi
Pokok Bahasan I Konsep Dasar Masa Nifas
     A. Pengertian Masa Nifas
     B. Tahapan Masa Nifas
     C. Perubahan pada Masa Nifas
     D. Kebijakan Program Nasional Masa Nifas
Pokok Bahasan II Postpartum Blues
     A. Pengertian Postpartum Blues
     B. Gejala Postpartum Blues
     C. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Postpartum Blues
     D. Dampak Postpartum Blues
     E. Cara Mencegah Postpartum Blues
Pokok Bahasan III Pandemi Covid-19
     A. Pengertian Pandemi Covid-19
     B. Tanda dan Gejala Covid-19
     C. Upaya Pencegahan Umum Ibu Nifas
Pokok Bahasan IV Konsep Dasar Stres
     A. Pengertian Stres
     B. Jenis Stres
     C. Gejala Stres
Pokok Bahasan V Konsep Dasar Perceived Social Support
     A. Pengertian Perceived Social Support
     B. Sumber Dukungan Sosial
     C. Dukungan Sosial Ketika Masa Nifas
Pokok Bahasan VI Afirmasi Positif
     A. Pengertian Afirmasi
     B. Cara Kerja Afirmasi Positif
     C. Manfaat Afirmasi Positif
     D. Contoh Kalimat Afirmasi Positif
     E. Penerapan Afirmasi Positif pada Ibu Nifas
Daftar Pustaka
Profil Penulis
Sampul Belakang