Tampilkan di aplikasi

8 manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh

Majalah Rotasi Magazine - Edisi 225
30 November 2023

Majalah Rotasi Magazine - Edisi 225

Kunyit

Rotasi Magazine
Kunyit dikenal sebagai bumbu dapur. Meski begitu, manfaat kunyit tak hanya untuk melezatkan masakan, tetapi juga baik untuk kesehatan, seperti mencegah kanker dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Selain itu, masih ada banyak manfaat kunyit untuk kesehatan. Selain sebagai bahan masakan, kunyit juga telah digunakan sejak lama dalam pengobatan tradisional. Hal ini karena kandungan kurkumin yang terdapat pada rimpang kunyit. Selain memberi warna pada kunyit, kurkumin juga diduga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Nutrisi Kunyit
Di dalam 100 gram kunyit, terkandung beragam nutrisi berikut ini:
- 10 gram protein
- 168 miligram kalsium
- 208 miligram magnesium
- 299 miligram fosfor
- 2 gram kalium
- 1 miligram vitamin C
- 55 miligram zat besi

Selain beberapa nutrisi di atas, kunyit juga mengandung senyawa yang bersifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Beragam Manfaat Kunyit bagi Kesehatan
Berkat kandungan nutrisi yang telah disebutkan di atas, kunyit memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan, seperti:

1. Mengurangi nyeri pada penderita osteoarthritis Osteoarthritis adalah penyakit yang menyebabkan sendi menjadi nyeri, kaku, dan kehilangan kelenturannya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ekstrak kunyit dapat digunakan sebagai obat rematik alami dengan cara mengurangi rasa nyeri, karena kunyit memiliki efek yang sebanding dengan ibuprofen dalam mengatasi osteoarthritis.
Majalah Rotasi Magazine di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI