Tampilkan di aplikasi

Lebih luas dengan cermin

Tabloid Rumah - Edisi 363
21 Februari 2017

Tabloid Rumah - Edisi 363

Cermin sudah menjadi trik jitu untuk menyiasati ruang mungil. Tapi jangan asal letak. Penempatan yang tepat juga dibutuhkan supaya ruang mungil terasa lebih luas. / Foto : Jou Endhy Pesuarissa

Rumah
Menata ruang mungil memang butuh trik tersendiri supaya terasa nyaman. Cara paling praktis dan banyak digunakan, tentu dengan memasang cermin. Benda pemantul ini akan menciptakan ilusi seolah ruangan dua kali lebih luas dari ukuran aslinya.

Namun, penempatan cermin di ruang mungil tidak selamanya berhasil memberikan kesan luas. Butuh trik tersendiri untuk menempatkan cermin di ruang mungil. Ini dia beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika menempatkan cermin di ruang mungil.

Cermin bisa dipasang di dinding rumah maupun pada pintu lemari.

Di sini Anda perlu mempertimbangkan berapa ukuran ruang yang Anda miliki untuk memperkirakan ukuran cermin yang tepat. Karena bila cermin terlalu kecil, ilusi kesan luas tidak akan berhasil.

Sebaliknya, bila cermin terlalu besar justru akan mengganggu aktivitas karena tidak sedap dipandang. Cermin untuk memperluas ruang idealnya cukup berukuran tiga per empat dari luas bidang dinding.

OTEMPAT MEMASANG Tempat pemasangan juga perlu diperhatikan. Sebaiknya pasang cermin di seberang jendela supaya cahaya dari luar terpantul ke dalam. Kesan luas tentu makin terasa kalau ruangan mendapat cahaya yang cukup.

Sebaiknya cukup letakkan cermin di salah satu sisi dinding ruangan.

Bila terlalu banyak meletakkan cermin , maka kesan luas tidak akan didapat. Seimbangkan juga dengan warna dinding yang dipantulkan cermin. Anda bisa memakai cat berwarna lembut dan hindari penggunaan wallpaper bermotif ramai pada dinding.

OCERMIN PANEL Kendala yang paling sering terjadi saat hendak memasang cermin adalah ukuran cermin yang terlalu besar. Ruangan mungil tentu memiliki area yang terbatas sehingga menyulitkan pemasangan cermin. Mau tak mau ukuran cermin juga harus disiasati sesuai dengan ukuran pintu dan ruang.
Tabloid Rumah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI