Tampilkan di aplikasi

Buku Salemba Empat hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Asuhan Keperawatan Spesialistik Klien dengan Kanker Kolorektal

1 Pembaca
Rp 94.900 26%
Rp 70.000
Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku Asuhan Keperawatan Spesialistik Klien dengan Kanker Kolorektal berisi materi yang lengkap dan komprehensif tentang asuhan keperawatan dalam merawat pasien kanker kolorektal. Satu bab di dalamnya khusus membahas satu gambaran kasus klien kanker kolorektal, mulai dari pengkajian, intervensi, hingga evaluasi tindakan keperawatan. Yoga untuk mengatasi kelelahan (fatigue) klien kanker juga dibahas dalam buku ini sebagai salah satu penerapan Evidenced Based Practice in Nursing. Buku ini dapat menjadi panduan perawat, terutama perawat onkologi maupun mahasiswa keperawatan, termasuk mahasiswa S-2 spesialis onkologi dalam merawat pasien.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Noverita Irmayati / Sri Yona / Agung Waluyo / Edianto

Penerbit: Salemba Empat
ISBN: 9786026450890
Terbit: Agustus 2022 , 142 Halaman










Ikhtisar

Buku Asuhan Keperawatan Spesialistik Klien dengan Kanker Kolorektal berisi materi yang lengkap dan komprehensif tentang asuhan keperawatan dalam merawat pasien kanker kolorektal. Satu bab di dalamnya khusus membahas satu gambaran kasus klien kanker kolorektal, mulai dari pengkajian, intervensi, hingga evaluasi tindakan keperawatan. Yoga untuk mengatasi kelelahan (fatigue) klien kanker juga dibahas dalam buku ini sebagai salah satu penerapan Evidenced Based Practice in Nursing. Buku ini dapat menjadi panduan perawat, terutama perawat onkologi maupun mahasiswa keperawatan, termasuk mahasiswa S-2 spesialis onkologi dalam merawat pasien.

Pendahuluan / Prolog

Asuhan Keperawatan Spesialistik Klien dengan Kanker Kolorektal, Tata Laksana dalam Mengimbangi Peningkatan Kasus Kanker
Jumlah penderita kanker di Indonesia selalu meningkat. Peningkatan angka kejadian kanker di Indonesia membuat kebutuhan terhadap pelayanan asuhan keperawatan pasien kanker ikut meningkat. Permasalahan kesehatan yang dialami oleh pasien kanker juga semakin kompleks. Kanker kolorektal sendiri adalah kanker yang tumbuh di usus besar (kolon) atau di bagian paling bawah usus besar yang terhubung ke anus (rektum).

Terkait peningkatan jumlah penderita kanker di Indonesia, pengetahuan dan keahlian perawat perlu ditingkatkan, khususnya mengenai ilmu onkologi. Oleh karena itu, sebagai tenaga kesehatan yang merawat pasien dan berada paling dekat dengan pasien, perawat perlu meningkatkan tingkat pengetahuan maupun keahlian dalam merawat pasien kanker. Buku ini berisi materi yang lengkap dan komprehensif tentang asuhan keperawatan dalam merawat pasien kanker kolorektal.


Penulis

Noverita Irmayati - Penulis merupakan perawat di RSUD Bumi Sebalo Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Setelah menamatkan pendidikan Ners di Universitas Pembangunan Nasional tahun 2009, penulis kemudian mendapatkan beasiswa dari PPSDM Kementerian Kesehatan RI dan menyelesaikan kuliah S-2 Keperawatan di Universitas Indonesia tahun 2019. Beliau pernah mendapatkan grant penelitian dari Universitas Indonesia. Selain itu, beliau juga mempublikasi artikel di jurnal bertaraf internasional terindeks Scopus dan Jurnal Nasional. Beliau aktif di organisasi PPNI dan saat ini sebagai Sekretaris DPD PPNI Kabupeten Bengkayang.
Sri Yona - Penulis merupakan dosen Keperawatan Medikal Bedah Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI). Penulis memperoleh gelar sarjana keperawatan dari Fakultas Ilmu Keperawatan UI tahun 1999, kemudian mendapatkan beasiswa dari AusAid dan menyelesaikan kuliah S-2 Keperawatan di College of Nursing and Health Sciences Flinders University, Flinders, Australia tahun 2005. Penulis menyelesaikan pendidikan Doctor of Philosophy in Nursing Science di College of Nursing University of Chicago at Illinois, Chicago Amerika Serikat, tahun 2014. Penulis telah melakukan berbagai penelitian mengenai HIV, perempuan dengan IDU, dan kesehatan reproduksi remaja. Penulis telah mempublikasikan beberapa artikel di jurnal bertaraf internasional terindeks Scopus. Penulis merupakan anggota Association of Nurses in AIDS Care.
Agung Waluyo - Penulis merupakan dosen senior di Departemen Keperawatan Medikal Bedah Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK-UI) dan bidang penelitiannya adalah HIV & AIDS, Onkologi dan Paliatif. Penulis menjabat menjadi Ketua Kolegium Keperawatan Onkologi sejak tahun 2017 hingga sekarang. Telah banyak publikasi ilmiah, baik nasional dan internasional yang telah dihasilkan, di mana sebagian publikasi mengenai kanker dan paliatif.
Edianto - Merupakan perawat di RSUP H. Adam Malik Medan, Sumatera Utara. Menyelesaikan pendidikan D-3 Keperawatan di FK Universitas Sumatera Utara pada tahun 2003, kemudian melanjutkan pendidikan Sarjana Keperawatan dan Ners di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sumatera Utara Medan pada tahun 2012. Beliau kemudian mendapatkan beasiswa dari PPSDM Kementerian Kesehatan RI dan menyelesaikan kuliah S-2 Keperawatan dan Ners Spesialis Keperawatan Medikal Bedah di Universitas Indonesia Tahun 2019. Pernah mendapatkan grant penelitian dari Universitas Indonesia. Selain itu, beliau juga mempublikasi artikel di jurnal bertaraf internasional terindeks Scopus dan Jurnal Nasional terindeks SINTA. Beliau aktif menjadi staf pengajar pada program studi Ilmu Keperawatan di beberapa perguruan tinggi swasta di Medan. Selain itu penulis juga aktif sebagai anggota Komite Keperawatan RSUP H. Adam Malik Medan sebagai subkomite mutu. Saat ini menjabat sebagai Manajer Pelayanan Pasien pada pelayanan onkologi dan sebagai Ketua Kelompok Fungsional Keperawatan Medikal Bedah.

Daftar Isi

Sampul
Tentang Penulis
Prakata
Daftar Isi
Bab 1: Konsep Dasar Kanker Kolorektal
     1.1. Definisi Kanker Kolorektal
     1.2. Epidemiologi Kanker Kolon
     1.3. Faktor Risiko Kanker Kolorektal
     1.4. Patofisiologi Kanker Kolorektal
     1.5. Pemeriksaan Diagnostik Kanker Kolorektal
Bab 2: Penatalaksanaan
     2.1. Pembedahan (Operasi)
     2.2. Terapi Radiasi
     2.3. Kemoterapi
     2.4. Targeted Therapy
Bab 3: Manifestasi Klinis Penyakit Kanker Kolorektal dan Penatalaksanaannya
     3.1. Nyeri pada Klien Kanker
     3.2. Nyeri pada Klien Kanker Kolorektal
     3.3. Masalah Nutrisi pada Klien Kanker Kolorektal
     3.4. Metode Pemberian Nutrisi
Bab 4: Aspek Psikososial pada Pasien Kanker Kolorektal
     4.1. Reaksi Psikologis Saat Menerima Informasi Diagnosis Kanker
     4.2. Prinsip Dasar Penyampaian Informasi kepada Klien Kanker
     4.3. Pendekatan yang Tepat Berbicara dengan Anggota Keluarga
     4.4. Gangguan Kejiwaan yang Membutuhkan Dokter Psikiater
     4.5. Keterampilan Komunikasi
     4.6. Kesimpulan
Bab 5: Konsep Teori Adaptasi Roy dalam Asuhan Keperawatan Pasien dengan Kanker Kolorektal
     5.1. Pengkajian Menggunakan Teori Roy pada Kasus Kanker Kolorektal
     5.2. Diagnosis Keperawatan pada Klien Kanker Kolorektal
     5.3. Intervensi Keperawatan
     5.4. Evaluasi Keperawatan
Bab 6: Studi Kasus Asuhan Keperawatan Pasien dengan Kanker Kolorektal
     6.1. Pendahuluan
     6.2. Gambaran Kasus
     6.3. Pengkajian
     6.4. Diagnosis Keperawatan
     6.5. Intervensi Keperawatan
     6.6. Evaluasi Keperawatan
Bab 7: Evidenced Based Practice in Nursing (EBPN) Penerapan Yoga untuk Mengatasi Fatigue
     7.1. Pendahuluan
     7.2. Yoga
     7.3. Akupresur
Bab 8: Peran Perawat Onkologi
Bab 9: Kesimpulan dan Saran
Daftar Pustaka
Indeks