Tampilkan di aplikasi

KUR dan asuransi untuk petani dataran tinggi

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3962
12 Oktober 2022

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3962

Workshop ‘Mensiasati Krisis Pangan Global dengan Meminimalisir Risiko Produksi Pangan Melalui Pembiayaan Pertanian’, di Jakarta, Rabu (5/10).

Sinar Tani
Peran The Development of Integrated Farming System in Upland Area (Upland) Kementerian Pertanian dalam menghadapi krisis pangan global khususnya bagi petani dataran tinggi terus ditingkatkan. Salah satunya dengan mendorong fasilitasi pembiayaan pertanian (KUR) dan perlindungan petani (Asuransi).

Seperti diketahui Kementerian Pertanian sejak beberapa tahun terakhir melaksanakan berbagai program. Diantaranya The Development of Integrated Farming System in Upland Area (UPLAND). Upland adalah program kerjasama antara Indonesia dengan IFAD (International Fund for Agricultural Development).

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, lewat Upland, ribuan petani yang melaksanakan aktivitas pertaniannya di dataran tinggi sangat terbantu. Fokus dari kegiatan Upland ini adalah pengembangan pertanian yang komprehensif dari onfarm sampai dengan off-farm berdasarkan value chain.

“Value chain ini bertujuan meningkatkan produktivitas pertanian dan pendapatan petani di daerah dataran tinggi. Caranya melalui pengembangan infrastruktur lahan dan air, pengembangan sistem agribisnis dan penguatan sistem kelembagaan,” ujar SYL dalam sambutannya tertulis saat workshop ‘Mensiasati Krisis Pangan Global dengan Meminimalisir Risiko Produksi Pangan Melalui Pembiayaan Pertanian’, di Jakarta, Rabu (5/10).
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI