Tampilkan di aplikasi

Bulan anak yatim

Majalah Swara Cinta - Edisi 124
12 November 2021

Majalah Swara Cinta - Edisi 124

Anak yatim ketika mendapat bantuan oleh Dompet Dhuafa.

Swara Cinta
Pengalaman berdasarkan data yang dihimpun Kemensos melalui Satgas Penanganan Covid-19 per 20 Juli 2021, ada 11.045 anak menjadi yatim, piatu, bahkan yatim piatu. Dari data yang sama, tercatat 350.000 anak terpapar dan 777 anak meninggal dunia akibat Covid-19.

“Sejauh ini data akurat by name by address terkait anak yatim, piatu dan yatim piatu yang orangtuanya Arus Utama meninggal karena terpapar Covid-19 masih dalam proses pengumpulan oleh tim kami di lapangan,” kata Menteri Sosial Tri Rismaharini seperti dikutip dari laman resmi Kemensos, Jumat (6/8/2021).

Sementara itu, dari amatan tim IDEAS, negara maju saat ini terlihat tengah mengalami ageing population atau golongan usia tua jumlahnya lebih banyak dalam piramida penduduk. Sedangkan di Negara berkembang seperti Indonesia, jumlah penduduk usia produktif lebih banyak.

Kabar tak sedapnya, kasus kematian di Indonesia semasa wabah ini justru didominasi oleh penduduk dari usia produktif yakni 12.87% untuk golongan umur 31-45 tahun dan 36,81% untuk kategori usia 46-59 tahun. Angka ini bukanlah sekedar hitungan statistik semata karena kehilangan penduduk usia produktif dalam jangka panjang akan menyebabkan dampak lanjutan pandemi atau yang sering disebut dengan secondary loss.
Majalah Swara Cinta di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI