Tampilkan di aplikasi

Tingkatkan literasi agar tak salah persepsi

Majalah Swara Cinta - Edisi 126
13 Desember 2021

Majalah Swara Cinta - Edisi 126

Semua Bisa Wakaf

Swara Cinta
Mengajak orang semangat berwakaf tentu harus diawali dengan meningkatkan literasi dan edukasi tentang wakaf itu sendiri. Dalam pengamatan Bobby P Manulang, GM Wakaf Dompet Dhuafa, literasi wakaf yang rendah dapat menghasilkan 3 mindset kontra produktif terhadap wakaf.

Pertama, masyarakat masih mengidentikkan ibadah wakaf itu sebagai ibadahnya kalangan orang kaya saja. Kedua, masyarakat melazimkan wakaf itu bisa ditunaikan dengan bilangan-bilangan besar saja. Sehingga dalam konteks donasi bilangan kecil, tidak dilazimkan sebagai wakaf, padahal sejatinya hal tersebut tidak ada masalah. Ketiga, wakaf tidak perlu ditunaikan segera. Padahal menyegarakan wakaf berarti mempercepat penyebaran manfaat.

Tiga Mindset inilah ditenggarai yang memicu salah persepsi dan rendahnya partisipasi masyarakat dalam berwakaf," ujar Robby. Terkait dengan upaya peningkatan literasi dan edukasi wakaf, belum lama ini Dompet Dhuafa mengajak masyarakat untuk peduli berwakaf dengan menggelar aksi canvasing Wake-Up Wakaf di sekitar stasiun Lebak Bulus dan Halte Pondok Pinang, awal Oktober 2021 lalu.
Majalah Swara Cinta di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI