Tampilkan di aplikasi

DMC respon banjir Katingan

Majalah Swara Cinta - Edisi 126
13 Desember 2021

Majalah Swara Cinta - Edisi 126

Banjir Katingan

Swara Cinta
Potensi hujan terus menerus membuat Kalimantan Tengah terendam banjir. Tim Disaster Managament Center (DMC) Dompet Dhuafa turun bantu warga terdampak. Dalam laman Tim Reaksi dan Analisis Kebencanaan Pusat Sains dan Teknologi Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (TReAK PSTA – LAPAN), telah memprakirakan adanya potensi hujan yang menerus di wilayah Kalimantan.

“Potensi hujan deras tepatnya di Kalimantan Timur dan Tengah, telah diprediksi oleh Satellite-based Disaster Early Warning System (SADEWA) LAPAN. Karena adanya pembentukan pusat-pusat konveksi yang dipicu oleh anomali sirkulasi angin di Kalimantan,” pungkas Erma Yulihastin selaku Peneliti Klimatologi TReAK PSTA – LAPAN (6/9/2021).

“Penguatan angin dari selatan mengalami pembelokan ke arah timur laut di sekitar bagian barat Sumatera dan bertemu dengan angin dari selatan di wilayah Kalimantan, memicu terbentuknya pusat konveksi di Kalimantan,” tambahnya.

Erma menuturkan suplai kelembapan yang tinggi juga terkonsentrasi di Kalimantan karena adanya penjalaran gelombang Kelvin dari barat, yang bertemu dengan Rossby dari timur. Hal tersebut berkontribusi terhadap peningkatan intensitas curah hujan di Kalimantan sehingga menyebabkan banjir.
Majalah Swara Cinta di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI