Tampilkan di aplikasi

3 Komponen untuk gaet konsumen

Majalah TPLUS - Edisi 78
23 Januari 2018

Majalah TPLUS - Edisi 78

Teknologi gadget terus berkembang untuk memenuhi tuntutan pasar dan konsumen. Dalam satu dasawarsa, teknologi gadget gadget seperti smartphone dan notebook bisa sangat cepat dan membawa perubahan besar. Jika dulu kita dibuai dengan ponsel ber-keyboard QWERTY kini kita disuguhi layar sentuh besar.

TPLUS
Teknologi gadget terus berkembang untuk memenuhi tuntutan pasar dan konsumen. Dalam satu dasawarsa, teknologi gadgetgadget seperti smartphone dan notebook bisa sangat cepat dan membawa perubahan besar. Jika dulu kita dibuai dengan ponsel ber-keyboard QWERTY kini kita disuguhi layar sentuh besar.

Tentu pabrikan punya alasan dalam mengembangkan tekniologi produk mereka, mulai dari tren pasar, inovasi hingga senjata untuk mengalahkan kompetitor mereka. Jika Gadgetarian amati, perkembangan teknologi gadget saat ini berfokus pada beberapa bagian. Dan memang fokus pengembangan tersebut merupakan tuntutan pasar dan konsumen.

Fokus-fokus itu adalah RAM, kamera dan harga. Yap, jika kita simak beberapa tahun terakhir, perkembangan tiga komponen ini cukup dinamis. Lalu apa manfaat yang kita terima sebagai konsumen dari pengembangan ini? Simak ulasannya!

Random Access Memory atau yang kita kenal dengan singkatan RAM merupakan ruang memori yang khusus menampung data olah aplikasi dalam jangka pendek. Setiap kali ponsel atau komputer menjalankan fitur maupun aplikasi, RAM akan menampung data-data yang dibutuhkan untuk menjalankan keduanya.

Semakin besar ruang memori RAM, semakin banyak pula memori yang dapat ditampung dan berujung pada kecepatan kerja ponsel atau PC menjalankan fitur dan aplikasinya.

Fitur kamera memang selalu jadi idola dan beberapa tahun belakangan kembali masuk dalam fokus pengembangan vendor setelah beberapa waktu mandeg. Dulu kita masih ingat dengan kategori camera phone yang hadir dengan fitur kamera mumpuni. Hampir semua vendor punya produk dari kategori dan menjadi pendorong pendapatan mereka.

Sudah menjadi langganan jika komponen harga menjadi salah satu penentu sukses tidaknya produk yang dijual di pasaran. Serbuan produkproduk besutan vendor Tiongkok memunculkan tren harga murah yang sempat membuat beberapa vendor kelabakan dan akhirnya mengikuti tren ini.
Majalah TPLUS di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI