Tampilkan di aplikasi

Desa terapung di dunia

Majalah Womens Obsession - Edisi 01/2019
28 Januari 2019

Majalah Womens Obsession - Edisi 01/2019

Uros, Peru / Foto : Istimewa

Womens Obsession
Tinggal di wilayah perkotaan atau pedesaan mungkin menjadi satu hal yang lazim kita lihat. Kota ataupun pedesaan hanya menjadi satu dari sedikit pilihan yang diambil. Namun, di dunia ini tempat tinggal bukan hanya terdapat di daratan saja. Salah satunya adalah tinggal di desa terapung. Tidak hanya Desa Ayapo, Jayapura yang mempunyai desa terapung, beberapa wilayah di beberapa negara lain juga memilikinya. Terbiasa tinggal di sana secara turun-temurun, berikut beberapa desa terapung yang unik di dunia.

Uros, Peru. Tidak hanya menjadi desa terapung, suku Uros bahkan membuat pulaunya sendiri. Terbuat dari tumbuhan alang-alang kering yang disatukan, suku ini tinggal di Danau Titicaca, Peru. Selain menjadi bahan utama pembuatan desa terapung, alang-alang tersebut juga bisa digunakan untuk pengobatan masyarakat setempat. Meski tinggal di desa terapung, masyarakat suku Uros menyediakan layanan pendidikan bagi warganya. Ada juga panel surya yang dipasang di rumah-rumah untuk membantu menjalankan peralatan elektronik seperti televisi.

Ha Long Bay, Vietnam. Masuk dalam daftar warisan dunia UNESCO, Ha Long Bay terletak di Provinsi Quang Ninh, Vietnam, dan berada di wilayah Teluk Tonkin. Desa ini memiliki luas 1553 km persegi, termasuk 1960-2000 pulau yang sebagian besar adalah batu kapur. Ha Long dalam bahasa lokal sendiri memiliki arti naga turun. Sebagian besar penduduk memilih nelayan sebagai pekerjaan mereka. Sementara, sebagian lagi bekerja di sektor pariwisata, seperti pemandu wisata atau pendayung perahu turis. Terdapat beberapa desa di sana, seperti Cua Van, Ba Hang, Cong Tau dan Vong Vieng. Untuk bisa sampai di Ha Long Bay, pengunjung harus menempuh tiga jam perjalanan darat dan laut dari Hanoi.
Majalah Womens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI